Nandika F

06 Februari 2024 10:24

Iklan

Iklan

Nandika F

06 Februari 2024 10:24

Pertanyaan

1. Pernyataan tentang Pemilu 1999 berikut yang benar adalah .... a. diikuti 112 partai politik b. dilaksanakan pada masa pemerintahan Abdurrahman Wahid c. berdasarkan Tap. MPR. No. VII/MPR/1998 d. dilaksanakan tanggal 7 juni 1999 e. PDI Perjuangan menempati posisi pertama 2. Dampak dari dicabutnya SIUPP (Surat Izin Usaha Penerbitan Pers) oleh Presiden Habibie adalah .... a. banyak partai yang bermunculan b. otonomi daerah c. pembebasan tahanan politik d. banyak bermunculan di media masa e. dihapusnya dwifungsi ABRI 3. Berikut termasuk agenda reformasi yang dituntut para mahasiswa tahun 1998 adalah .... a. amendemen UUD 1945 b. batasan masa jabatan Presiden c. turunkan harga d. percepat pelaksanaan pemilu e. hidupkan dwifungsi ABRI 4. Pemilu 2004 berlangsung dua tahap disebabkan oleh .... a. terjadi gangguan disintegrasi b. adanya bencana alam di Aceh c. krisis kepemimpinan d. demonstrasi di Gedung MPR/DPR e. belum ada calon presiden yang mendapatkan suara lebih dari 50% 5. Penyebab utama munculnya gerakan reformasi di Indonesia adalah .... a. kekuasaan Soeharto terlalu lama b. banyaknya terjadinya KKN c. ketidakmampuan pemerintah mengatasi krisis ekonomi d. belum bisa mengatasi demonstrasi e. tidak adanya iklim kebebasan berpolitik


27

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Erwin A

Community

07 Februari 2024 03:20

Jawaban terverifikasi

<p><strong>1,Pernyataan yang benar tentang Pemilu 1999 adalah:</strong></p><p><strong>d. dilaksanakan tanggal 7 Juni 1999.</strong></p><p><strong>Penjelasan:</strong></p><ul><li><strong>a. diikuti 112 partai politik:</strong> Ini tidak benar. Jumlah partai politik yang mengikuti Pemilu 1999 adalah 48 partai.</li><li><strong>b. dilaksanakan pada masa pemerintahan Abdurrahman Wahid:</strong> Ini tidak benar. Pemilu 1999 dilaksanakan pada masa pemerintahan B.J. Habibie. Abdurrahman Wahid baru terpilih sebagai presiden pada Sidang Umum MPR hasil Pemilu 1999.</li><li><strong>c. berdasarkan Tap. MPR. No. VII/MPR/1998:</strong> Ini benar. Tap. MPR. No. VII/MPR/1998 tentang Penyelenggaraan Pemilu Umum dan Sidang Umum MPR merupakan dasar hukum penyelenggaraan Pemilu 1999.</li><li><strong>e. PDI Perjuangan menempati posisi pertama:</strong> Ini tidak benar. Partai Golkar menempati posisi pertama dengan perolehan suara 23,74%. PDI Perjuangan menempati posisi kedua dengan perolehan suara 33,74%.</li></ul><p><strong>Kesimpulan:</strong></p><p>Berdasarkan penjelasan di atas, pernyataan yang benar tentang Pemilu 1999 adalah <strong>dilaksanakan tanggal 7 Juni 1999</strong>.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>bertanya satu satu soal kak</strong></p>

1,Pernyataan yang benar tentang Pemilu 1999 adalah:

d. dilaksanakan tanggal 7 Juni 1999.

Penjelasan:

  • a. diikuti 112 partai politik: Ini tidak benar. Jumlah partai politik yang mengikuti Pemilu 1999 adalah 48 partai.
  • b. dilaksanakan pada masa pemerintahan Abdurrahman Wahid: Ini tidak benar. Pemilu 1999 dilaksanakan pada masa pemerintahan B.J. Habibie. Abdurrahman Wahid baru terpilih sebagai presiden pada Sidang Umum MPR hasil Pemilu 1999.
  • c. berdasarkan Tap. MPR. No. VII/MPR/1998: Ini benar. Tap. MPR. No. VII/MPR/1998 tentang Penyelenggaraan Pemilu Umum dan Sidang Umum MPR merupakan dasar hukum penyelenggaraan Pemilu 1999.
  • e. PDI Perjuangan menempati posisi pertama: Ini tidak benar. Partai Golkar menempati posisi pertama dengan perolehan suara 23,74%. PDI Perjuangan menempati posisi kedua dengan perolehan suara 33,74%.

Kesimpulan:

Berdasarkan penjelasan di atas, pernyataan yang benar tentang Pemilu 1999 adalah dilaksanakan tanggal 7 Juni 1999.

 

bertanya satu satu soal kak


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

17 Februari 2024 07:30

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Pernyataan tentang Pemilu 1999:</strong></p><ul><li>Pilihan yang benar adalah c. berdasarkan Tap. MPR. No. VII/MPR/1998. Pemilu 1999 dilaksanakan berdasarkan Tap. MPR No. VII/MPR/1998 (Keputusan MPR No. VII/MPR/1998) yang menetapkan jadwal pemilihan umum pada tahun 1999.</li></ul><p><strong>Dampak dari dicabutnya SIUPP:</strong></p><ul><li>Pilihan yang benar adalah a. banyak partai yang bermunculan. Setelah dicabutnya SIUPP oleh Presiden Habibie, pembatasan terhadap pendirian partai politik dilepas, sehingga banyak partai politik bermunculan di Indonesia.</li></ul><p><strong>Agenda reformasi yang dituntut para mahasiswa tahun 1998:</strong></p><ul><li>Pilihan yang benar adalah a. amendemen UUD 1945. Salah satu tuntutan mahasiswa pada tahun 1998 adalah melakukan amendemen (perubahan) terhadap Undang-Undang Dasar 1945 untuk mewujudkan reformasi politik.</li></ul><p><strong>Pemilu 2004 berlangsung dua tahap:</strong></p><ul><li>Pilihan yang benar adalah e. belum ada calon presiden yang mendapatkan suara lebih dari 50%. Pemilu 2004 berlangsung dua tahap karena pada tahap pertama belum ada calon presiden yang mendapatkan suara lebih dari 50%, sehingga dilakukan pemungutan suara ulang (putaran kedua) antara dua calon dengan suara terbanyak.</li></ul><p><strong>Penyebab utama munculnya gerakan reformasi di Indonesia:</strong></p><ul><li>Pilihan yang benar adalah a. kekuasaan Soeharto terlalu lama. Salah satu penyebab utama munculnya gerakan reformasi adalah kekuasaan Soeharto yang berlangsung terlalu lama, lebih dari tiga dekade, sehingga menimbulkan ketidakpuasan di kalangan masyarakat terhadap pemerintahan otoriter.</li></ul>

Pernyataan tentang Pemilu 1999:

  • Pilihan yang benar adalah c. berdasarkan Tap. MPR. No. VII/MPR/1998. Pemilu 1999 dilaksanakan berdasarkan Tap. MPR No. VII/MPR/1998 (Keputusan MPR No. VII/MPR/1998) yang menetapkan jadwal pemilihan umum pada tahun 1999.

Dampak dari dicabutnya SIUPP:

  • Pilihan yang benar adalah a. banyak partai yang bermunculan. Setelah dicabutnya SIUPP oleh Presiden Habibie, pembatasan terhadap pendirian partai politik dilepas, sehingga banyak partai politik bermunculan di Indonesia.

Agenda reformasi yang dituntut para mahasiswa tahun 1998:

  • Pilihan yang benar adalah a. amendemen UUD 1945. Salah satu tuntutan mahasiswa pada tahun 1998 adalah melakukan amendemen (perubahan) terhadap Undang-Undang Dasar 1945 untuk mewujudkan reformasi politik.

Pemilu 2004 berlangsung dua tahap:

  • Pilihan yang benar adalah e. belum ada calon presiden yang mendapatkan suara lebih dari 50%. Pemilu 2004 berlangsung dua tahap karena pada tahap pertama belum ada calon presiden yang mendapatkan suara lebih dari 50%, sehingga dilakukan pemungutan suara ulang (putaran kedua) antara dua calon dengan suara terbanyak.

Penyebab utama munculnya gerakan reformasi di Indonesia:

  • Pilihan yang benar adalah a. kekuasaan Soeharto terlalu lama. Salah satu penyebab utama munculnya gerakan reformasi adalah kekuasaan Soeharto yang berlangsung terlalu lama, lebih dari tiga dekade, sehingga menimbulkan ketidakpuasan di kalangan masyarakat terhadap pemerintahan otoriter.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

tokoh yang mewakili kelompok muda yang mendesak agar pasangan Ir. Soekarno - Hatta secepatnya memproklamasikan kemerdekaan adalah... a. Sukarni Kartodiwirjo b. Frans Sumarto Mendur c. S. Suhud d. Burhanuddin Mohammad Diah e. Sayuti Melik

14

0.0

Jawaban terverifikasi