Sasa S

12 Januari 2024 09:16

Iklan

Sasa S

12 Januari 2024 09:16

Pertanyaan

1. Jika panjang dan lebar taman diperbesar masing-masing ditambah 2 meter, berapa panjang dan lebar taman yang baru? 2. Berapa perbandingan panjang taman sebelum dan sesudah diperbesar? (Nyatakan dalam bentuk paling sederhana) 3. Berapa perbandingan lebar taman sebelum dan sesudah diperbesar? (Nyatakan dalam bentuk paling sederhana) 4. Dengan memperhatikan perbandingan panjang dan perbandingan lebar antara ukuran taman mula-mula dengan ukuran taman setelah diperbesar, bagaimana pendapatmu bila dikaitkan dengan kesebangunan? Berilah alasannya! Tolong bantu jawab yang benar ya, Kak ๐Ÿ™๐Ÿป

1. Jika panjang dan lebar taman diperbesar masing-masing ditambah 2 meter, berapa panjang dan lebar taman yang baru? 

2. Berapa perbandingan panjang taman sebelum dan sesudah diperbesar? (Nyatakan dalam bentuk paling sederhana)

3. Berapa perbandingan lebar taman sebelum dan sesudah diperbesar? (Nyatakan dalam bentuk paling sederhana)

4. Dengan memperhatikan perbandingan panjang dan perbandingan lebar antara ukuran taman mula-mula dengan ukuran taman setelah diperbesar, bagaimana pendapatmu bila dikaitkan dengan kesebangunan? Berilah alasannya!

Tolong bantu jawab yang benar ya, Kak ๐Ÿ™๐Ÿป

alt

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

21

:

49

:

39

Klaim

9

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

N. A

Community

12 Januari 2024 11:19

Jawaban terverifikasi

<p>Panjang dan lebar taman yang baru secara berturut-turut adalah <strong>17 m, dan 14 m</strong>.</p><p>Penjelasan:</p><p>Misalkan p<sub>1</sub> adalah panjang sebelum ditambah dan p<sub>2</sub> adalah panjang setelah ditambah. Begitupun dengan l<sub>1</sub> dan l<sub>2</sub>. Maka:</p><p>p<sub>2</sub> = p<sub>1</sub> + 2</p><p>l<sub>2</sub> = l<sub>1</sub> + 2</p><p>&nbsp;</p><p>p<sub>2</sub> = 15 + 2</p><p><strong>p<sub>2</sub> = 17</strong></p><p>l<sub>2</sub> = 12 + 2</p><p><strong>l<sub>2</sub> = 14</strong></p><p><strong>Sehingga, panjang taman tersebut setelah diperluas adalah <u>17 meter</u>, sedangkan lebar taman tersebut setelah diperluas adalah <u>14 meter</u>.</strong></p><p>&nbsp;</p><p>Perbandingan panjang taman sebelum dan sesudah diperbesar dalam bentuk sederhana adalah 15:17.</p><p>Penjelasan:</p><p>p<sub>1</sub>/p<sub>2 </sub>= 15/17.</p><p>Karena 17 sendiri sudah bilangan prima, maka 15/17 tidak bisa disederhanakan lagi.</p><p>S<strong>ehingga perbandingan sederhananya adalah <u>15:17</u></strong>.</p><p>&nbsp;</p><p>Perbandingan lebar taman sebelum dan sesudah diperbesar dalam bentuk sederhana adalah 6:7.</p><p>Penjelasan:</p><p>l<sub>1</sub>/l<sub>2 </sub>= 12/14.</p><p>12/14 masih bisa disederhanakan menjadi 6/7.</p><p>S<strong>ehingga perbandingan sederhananya adalah <u>6:7</u></strong>.</p><p>&nbsp;</p><p>Bila dikaitkan perbandingannya dengan kesebangunan, <strong>taman sebelum diperbesar tidak sebangun dengan taman yang setelah diperbesar.</strong></p><p>&nbsp;</p><p><strong>Penjelasan:</strong></p><p>Ini karena dua bangun datar dikatakan sebangun jika <strong>semua</strong> panjang sisi yang bersesuaian mempunyai perbandingan yang sama dengan panjang sisi bersesuaian di bangun datar lainnya.</p><p>Karena perbandingan panjang adalah 15:17 sementara perbandingan lebar adalah 6:7, artinya perbandingan panjang sisi yang bersesuaiannya beda, mengakibatkannya tidak bisa dibilang sebangun.</p><p>Jika ingin membuat persegi panjang sebangun, kalikan panjang dan lebar dengan skala yang sama, bukan ditambah/dikurangi dengan angka yang sama. Kecuali untuk persegi karena panjang dan lebarnya sama, maka perbandingan panjang dan lebarnya juga sama setelah ditambah/dikurangi nilai yang sama.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Panjang dan lebar taman yang baru secara berturut-turut adalah 17 m, dan 14 m.

Penjelasan:

Misalkan p1 adalah panjang sebelum ditambah dan p2 adalah panjang setelah ditambah. Begitupun dengan l1 dan l2. Maka:

p2 = p1 + 2

l2 = l1 + 2

 

p2 = 15 + 2

p2 = 17

l2 = 12 + 2

l2 = 14

Sehingga, panjang taman tersebut setelah diperluas adalah 17 meter, sedangkan lebar taman tersebut setelah diperluas adalah 14 meter.

 

Perbandingan panjang taman sebelum dan sesudah diperbesar dalam bentuk sederhana adalah 15:17.

Penjelasan:

p1/p2 = 15/17.

Karena 17 sendiri sudah bilangan prima, maka 15/17 tidak bisa disederhanakan lagi.

Sehingga perbandingan sederhananya adalah 15:17.

 

Perbandingan lebar taman sebelum dan sesudah diperbesar dalam bentuk sederhana adalah 6:7.

Penjelasan:

l1/l2 = 12/14.

12/14 masih bisa disederhanakan menjadi 6/7.

Sehingga perbandingan sederhananya adalah 6:7.

 

Bila dikaitkan perbandingannya dengan kesebangunan, taman sebelum diperbesar tidak sebangun dengan taman yang setelah diperbesar.

 

Penjelasan:

Ini karena dua bangun datar dikatakan sebangun jika semua panjang sisi yang bersesuaian mempunyai perbandingan yang sama dengan panjang sisi bersesuaian di bangun datar lainnya.

Karena perbandingan panjang adalah 15:17 sementara perbandingan lebar adalah 6:7, artinya perbandingan panjang sisi yang bersesuaiannya beda, mengakibatkannya tidak bisa dibilang sebangun.

Jika ingin membuat persegi panjang sebangun, kalikan panjang dan lebar dengan skala yang sama, bukan ditambah/dikurangi dengan angka yang sama. Kecuali untuk persegi karena panjang dan lebarnya sama, maka perbandingan panjang dan lebarnya juga sama setelah ditambah/dikurangi nilai yang sama.

 

 

 

 


Iklan

KawaiNime A

13 Januari 2024 04:57

<p>Jika panjang taman diperbesar sebesar 2 meter, maka panjang taman yang baru adalah panjang taman semula ditambah 2 meter. Jika lebar taman diperbesar sebesar 2 meter, maka lebar taman yang baru adalah lebar taman semula ditambah 2 meter.</p><p>Perbandingan panjang taman sebelum dan sesudah diperbesar adalah panjang taman sesudah diperbesar dibagi dengan panjang taman sebelum diperbesar. Perbandingan ini dapat disederhanakan jika diperlukan.</p><p>Perbandingan lebar taman sebelum dan sesudah diperbesar adalah lebar taman sesudah diperbesar dibagi dengan lebar taman sebelum diperbesar. Perbandingan ini dapat disederhanakan jika diperlukan.</p><p>Jika perbandingan panjang dan lebar taman sebelum dan setelah diperbesar adalah sama, maka dapat dikatakan bahwa taman tersebut mempertahankan kesebangunan. Kesebangunan adalah sifat dimana bentuk-bentuk yang memiliki perbandingan yang sama tetapi ukurannya berbeda. Dalam hal ini, taman tersebut tetap mempertahankan proporsi antara panjang dan lebar meskipun ukurannya berubah.</p>

Jika panjang taman diperbesar sebesar 2 meter, maka panjang taman yang baru adalah panjang taman semula ditambah 2 meter. Jika lebar taman diperbesar sebesar 2 meter, maka lebar taman yang baru adalah lebar taman semula ditambah 2 meter.

Perbandingan panjang taman sebelum dan sesudah diperbesar adalah panjang taman sesudah diperbesar dibagi dengan panjang taman sebelum diperbesar. Perbandingan ini dapat disederhanakan jika diperlukan.

Perbandingan lebar taman sebelum dan sesudah diperbesar adalah lebar taman sesudah diperbesar dibagi dengan lebar taman sebelum diperbesar. Perbandingan ini dapat disederhanakan jika diperlukan.

Jika perbandingan panjang dan lebar taman sebelum dan setelah diperbesar adalah sama, maka dapat dikatakan bahwa taman tersebut mempertahankan kesebangunan. Kesebangunan adalah sifat dimana bentuk-bentuk yang memiliki perbandingan yang sama tetapi ukurannya berbeda. Dalam hal ini, taman tersebut tetap mempertahankan proporsi antara panjang dan lebar meskipun ukurannya berubah.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan