Axel F

20 Februari 2024 07:21

Iklan

Iklan

Axel F

20 Februari 2024 07:21

Pertanyaan

1. Berikan dua contoh penerapan konsep interaksi kompetisi dalam komunitas di bidang pertanian !

1.      Berikan dua contoh penerapan konsep interaksi kompetisi dalam komunitas di bidang pertanian !


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kazi S

26 Februari 2024 04:21

Jawaban terverifikasi

<p>Dalam bidang pertanian, konsep interaksi kompetisi antara spesies dapat diamati dan diterapkan dalam beberapa situasi. Berikut adalah dua contoh penerapan konsep interaksi kompetisi dalam komunitas pertanian:</p><p><strong>Kompetisi Tanaman Gulma:</strong> Tanaman gulma adalah tanaman liar yang tumbuh di antara tanaman budidaya dan bersaing dengan tanaman budidaya untuk mendapatkan sumber daya seperti air, nutrisi, dan cahaya matahari. Dalam kasus ini, kompetisi antara tanaman budidaya dan gulma dapat mempengaruhi hasil panen dan kesehatan tanaman. Penerapan praktik pengendalian gulma seperti penggunaan herbisida, pengendalian mekanis, atau penanaman varietas tanaman yang lebih tahan terhadap gulma dapat membantu mengurangi kompetisi dan meningkatkan produktivitas pertanian.</p><p><strong>Kompetisi Antara Mikroorganisme Tanah:</strong> Di dalam tanah, terdapat berbagai jenis mikroorganisme yang bersaing untuk sumber daya seperti nutrisi dan ruang hidup. Kompetisi antara mikroorganisme tanah dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem tanah dan ketersediaan nutrisi bagi tanaman. Misalnya, bakteri tanah bersaing dengan jamur mikoriza arbuskular untuk berkolonisasi akar tanaman dan membentuk simbiosis mutualisme. Penerapan praktik pertanian organik, penggunaan pupuk hijau, dan rotasi tanaman dapat membantu meningkatkan keragaman mikroorganisme tanah dan meminimalkan kompetisi yang merugikan bagi tanaman budidaya.</p>

Dalam bidang pertanian, konsep interaksi kompetisi antara spesies dapat diamati dan diterapkan dalam beberapa situasi. Berikut adalah dua contoh penerapan konsep interaksi kompetisi dalam komunitas pertanian:

Kompetisi Tanaman Gulma: Tanaman gulma adalah tanaman liar yang tumbuh di antara tanaman budidaya dan bersaing dengan tanaman budidaya untuk mendapatkan sumber daya seperti air, nutrisi, dan cahaya matahari. Dalam kasus ini, kompetisi antara tanaman budidaya dan gulma dapat mempengaruhi hasil panen dan kesehatan tanaman. Penerapan praktik pengendalian gulma seperti penggunaan herbisida, pengendalian mekanis, atau penanaman varietas tanaman yang lebih tahan terhadap gulma dapat membantu mengurangi kompetisi dan meningkatkan produktivitas pertanian.

Kompetisi Antara Mikroorganisme Tanah: Di dalam tanah, terdapat berbagai jenis mikroorganisme yang bersaing untuk sumber daya seperti nutrisi dan ruang hidup. Kompetisi antara mikroorganisme tanah dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem tanah dan ketersediaan nutrisi bagi tanaman. Misalnya, bakteri tanah bersaing dengan jamur mikoriza arbuskular untuk berkolonisasi akar tanaman dan membentuk simbiosis mutualisme. Penerapan praktik pertanian organik, penggunaan pupuk hijau, dan rotasi tanaman dapat membantu meningkatkan keragaman mikroorganisme tanah dan meminimalkan kompetisi yang merugikan bagi tanaman budidaya.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pada masa Orde Baru, setiap tahap pembangunan disusun menurut rencana yang telah di tetapkan (Repelita). Tiap-tiap Repelita memiliki tujuannya masing-masing. Akan tetapi, pada dasarnya tujuan Repelita yaitu untuk membangun infrastruktur Indonesia. Pada Repelita I yang mulai dilaksanakan tanggal 1 April 1969 dan berakhir pada 31 Maret 1974 pelaksanaan pembangunan lebih ditekankan pada sektor pertanian. Hal ini di karenakan ….* A. tidak membutuhkan modal yang besar B. tersedianya lahan yang cukup luas C. mayoritas rakyat Indonesia bekerja di sektor agraris D.rakyat Indonesia mayoritas hidup dibawah garis kemiskinan

13

5.0

Jawaban terverifikasi