Tissa Y

14 Oktober 2022 14:47

Iklan

Iklan

Tissa Y

14 Oktober 2022 14:47

Pertanyaan

1. Bacalah kutipan berikut untuk menjawab soal nomor 1-2. Dari perempatan tadi, kami berkoar-koar tentang apa saja. Giliran ceritaku didengar, aku menyatakan kekagumanku soal hormat-menghormat di kalangan bapak-bapak tentara. Mereka ketika berpapasan, yang satu tegap menghormat, yang lain dari depan sigap membalas. Wah, keren habis dan berwibawa. Sambil bercerita, aku coba menggambarkan contohnya seperti apa. Teman-temanku berdecak kagum dengan ceritaku, terlebih merasakan bagaimana caraku memberi hormat. "Kalian tahu tidak, ketika yang pangkat muda bertemu dengan atasannya, di mana dan kapan saja: dia cepat mengambil sikap sempurna sambil menyentakkan tangan kanan ke atas menyentuh pelipis. "Nih, seperti ini, ciiaaat!" tanganku gesit melakukan serangkaian gerak hormat kanan. "Nah, seperti itu! Gagah, bukan?" "Haaa!" temanku memekik tertahan. Aku terkejut sekali. "Hei, tadi kamu tidak lihat Fajar?" suaranya berdecak. "Lihat apa?" sergah temanku dari belakang. "Tentara itu, yang tadi naik motor cepat melintasi kita ke belakang. Tahu apa yang barusan dia lakukan?" aku jadi deg-degan. "Heh, dia membalas penghormatanmu tadi!" "Apa?" wajahku pucat. lsi yang dibicarakan dalam kutipan teks anekdot tersebut adalah ... A. Kebiasaan yang sudah berlaku di kalangan tentara untuk saling memberi hmmat jika mereka berpapasan di mana pun berada. B. Fajar yang bercerita kepada kawan-kawannya tentang kebiasaan tentara yang lebih rendah pangkatnya akan memberi hormat kepada atasannya jika berpapasan di jalan. C. Tingkah Fajar yang lucu saat memberikan contoh cara memberikan hormat seorang tentara kepada atasannya saat berpapasan. D. Kawan-kawan Fajar yang terkesan akan kebiasaan seorang tentara yang menghormati atasannya jika bertemu di jalan dengan memberi hormat. E. Seorang tentara yang membalas hormat Fajar saat dia bercerita kepada teman-temannya tentang kebiasaan tentara yang memberi hormat kepada atasannya jika berpapasan.


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Fauzia

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

08 Desember 2022 07:55

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah E. Seorang tentara yang membalas hormat Fajar saat dia bercerita kepada teman-temannya tentang kebiasaan tentara yang memberi hormat kepada atasannya jika berpapasan.</p><p>&nbsp;</p><p>Menurut KBBI, teks anekdot adalah sebuah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya berisi mengenai orang penting atau orang terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya (kejadian nyata).</p><p>&nbsp;</p><p>Isi yang dibicarakan dalam kutipan teks anekdot pada soal adalah Fajar yang menceritakan mengenai kebiasaan tentara berpangkat rendah yang memberikan hormat kepada atasannya jika bertemu di mana dan kapan saja, sambil diperagakan oleh Fajar dan seorang tentara yang membalas penghormatannya itu.</p><p>&nbsp;</p><p>Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E. Seorang tentara yang membalas hormat Fajar saat dia bercerita kepada teman-temannya tentang kebiasaan tentara yang memberi hormat kepada atasannya jika berpapasan.</p>

Jawaban yang benar adalah E. Seorang tentara yang membalas hormat Fajar saat dia bercerita kepada teman-temannya tentang kebiasaan tentara yang memberi hormat kepada atasannya jika berpapasan.

 

Menurut KBBI, teks anekdot adalah sebuah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya berisi mengenai orang penting atau orang terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya (kejadian nyata).

 

Isi yang dibicarakan dalam kutipan teks anekdot pada soal adalah Fajar yang menceritakan mengenai kebiasaan tentara berpangkat rendah yang memberikan hormat kepada atasannya jika bertemu di mana dan kapan saja, sambil diperagakan oleh Fajar dan seorang tentara yang membalas penghormatannya itu.

 

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E. Seorang tentara yang membalas hormat Fajar saat dia bercerita kepada teman-temannya tentang kebiasaan tentara yang memberi hormat kepada atasannya jika berpapasan.


Iklan

Iklan

Asmira A

26 Februari 2024 06:36

Antonim sigap


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

91

5.0

Jawaban terverifikasi