Sya S

03 Februari 2024 14:18

Iklan

Iklan

Sya S

03 Februari 2024 14:18

Pertanyaan

1. Apa yang melatarbelakangi lahirnya budaya nasional? 2. Sebutkan dasar hukum budaya nasional dalam UUD 1945


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

13 Februari 2024 05:09

Jawaban terverifikasi

<p>1. Latar Belakang Lahirnya Budaya Nasional: Budaya nasional muncul sebagai hasil dari upaya membangun identitas bersama dan persatuan di tengah keragaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Latar belakang lahirnya budaya nasional terkait erat dengan proses perjuangan kemerdekaan Indonesia dan usaha untuk membentuk satu identitas nasional yang kuat, meskipun negeri ini memiliki berbagai suku, bahasa, dan tradisi. Budaya nasional bertujuan untuk menjadi dasar persatuan bangsa Indonesia dengan mengakui dan menghargai keberagaman, sehingga dapat menciptakan rasa kebangsaan yang bersama-sama dihormati.</p><p>2. Dasar Hukum Budaya Nasional dalam UUD 1945: Dasar hukum untuk budaya nasional terdapat dalam Pembukaan UUD 1945, Pasal 32 UUD 1945, dan Pasal 33 UUD 1945. Dalam Pembukaan UUD 1945, terdapat tujuan nasional yang menghormati hak asasi manusia dan melindungi kebudayaan nasional. Pasal 32 UUD 1945 menyatakan bahwa perekonomian nasional diselenggarakan sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan. Sementara itu, Pasal 33 UUD 1945 menegaskan prinsip ekonomi kerakyatan yang dijalankan dengan semangat gotong royong.</p><p><br>&nbsp;</p>

1. Latar Belakang Lahirnya Budaya Nasional: Budaya nasional muncul sebagai hasil dari upaya membangun identitas bersama dan persatuan di tengah keragaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Latar belakang lahirnya budaya nasional terkait erat dengan proses perjuangan kemerdekaan Indonesia dan usaha untuk membentuk satu identitas nasional yang kuat, meskipun negeri ini memiliki berbagai suku, bahasa, dan tradisi. Budaya nasional bertujuan untuk menjadi dasar persatuan bangsa Indonesia dengan mengakui dan menghargai keberagaman, sehingga dapat menciptakan rasa kebangsaan yang bersama-sama dihormati.

2. Dasar Hukum Budaya Nasional dalam UUD 1945: Dasar hukum untuk budaya nasional terdapat dalam Pembukaan UUD 1945, Pasal 32 UUD 1945, dan Pasal 33 UUD 1945. Dalam Pembukaan UUD 1945, terdapat tujuan nasional yang menghormati hak asasi manusia dan melindungi kebudayaan nasional. Pasal 32 UUD 1945 menyatakan bahwa perekonomian nasional diselenggarakan sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan. Sementara itu, Pasal 33 UUD 1945 menegaskan prinsip ekonomi kerakyatan yang dijalankan dengan semangat gotong royong.


 


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

14 Februari 2024 13:38

Jawaban terverifikasi

Untuk menjawab pertanyaan pertama, latar belakang lahirnya budaya nasional adalah sebagai hasil dari interaksi antara berbagai budaya lokal yang ada di Indonesia dan juga pengaruh budaya asing. Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan keragaman budaya, dan budaya nasional ini terbentuk dari keseluruhan budaya lokal yang berkembang dalam kehidupan masyarakat Indonesia serta hasil serapan budaya asing atau budaya global. Kebudayaan nasional adalah kebudayaan yang diambil dari kebudayaan lokal sedangkan kebudayaan daerah atau lokal adalah segala kebudayaan yang hidup dalam diri masyarakat Indonesia yang mencerminkan keunikan dari masing-masing suku. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kebudayaan nasional dibentuk dari kebudayaan lokal masyarakat Indonesia. Untuk pertanyaan kedua, dasar hukum budaya nasional dalam UUD 1945 dapat ditemukan dalam Pasal 32 ayat (1) yang berbunyi: "Negara menghargai dan memajukan kebudayaan nasional Indonesia". Pasal ini menegaskan bahwa negara memiliki peran penting dalam melestarikan dan memajukan budaya nasional. Kesimpulan: 1. Latar belakang lahirnya budaya nasional adalah sebagai hasil dari interaksi antara berbagai budaya lokal yang ada di Indonesia dan juga pengaruh budaya asing. 2. Dasar hukum budaya nasional dalam UUD 1945 dapat ditemukan dalam Pasal 32 ayat (1). Semoga penjelasan ini membantu Anda πŸ™‚


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1. Yang kita ketahui, Kesultanan Banten bukanlah penghasil rempah asli, akan tetapi mengapa Kesultanan Banten dijadikan jalur perdagangan rempah pada masa Kerajaan Islam? Dan daerah mana saja penunjang rempah ke Kesultanan Banten? 2. Pada masa Kesultanan Makassar juga sama bukan penghasil rempah tapi mengapa Kesultanan Makassar menjadi jalur penting perdagangan rempah? 3. Jenis rempah apa saja yang dihasilkan oleh Kesultanan Banten dan Kesultanan Makassar?

23

0.0

Jawaban terverifikasi