Risma R

11 Juni 2024 05:59

Iklan

Iklan

Risma R

11 Juni 2024 05:59

Pertanyaan

) Bagaimana cara menyajikan gagasan, pikiran, dan kreativitas dalam berbahasa dalam bentuk monolog


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

11 Juni 2024 15:59

Jawaban terverifikasi

<p>bagaimana cara kita menyajikan gagasan ide dan pokok dalam berbahasa saat pembuatan monolog??&nbsp;</p><p>seperti yang kita tahu monolog adalah</p><p>secara umum monolog adalah pembicaraan yang terjadi dalam satu arah, artinya tidak ada timbal balik antara komunikator dengan komunikan. Sebagai contoh, seorang kepala desa sedang membaca pidato di depan masyarakat desa.</p><p>Monolog adalah pidato seseorang yang mengungkapkan pikiran, perasaan, dan sudut pandangnya. Melalui ungkapan tersebut, monolog juga menggambarkan karakter pembicara. Monolog sering digunakan dalam teater , tetapi tidak terbatas pada drama.</p><p><strong>Cara Menyajkan Gagasan Pokok, pikiran, dan kreativitas dalam monolog?</strong></p><ol><li>Baca dan cermati setiap kalimat di dalam paragraf.&nbsp;</li><li>Identifikasi <strong>ide</strong> atau kata benda atau subjek yang mendominasi paragraf tersebut.&nbsp;</li><li>Tentukan 1 kalimat mana yang paling cocok menjadi kalimat <strong>utama</strong>.&nbsp;</li><li>Temukan <strong>gagasan pokok</strong> dalam kalimat <strong>utama</strong> tersebut.</li><li>Dan dengan menggunakan pencitraan serta gunakan kata kerja yang bermakna (konotasi atau denotasi)&nbsp;</li></ol><p>&nbsp;</p><p><strong>Cara membuat monolog.</strong></p><ol><li>Menyusun konsep <strong>monolog</strong>.&nbsp;</li><li>Tentukan tujuan <strong>monolog</strong>.&nbsp;</li><li>Tentukan siapa yang akan dibahas di dalam <strong>monolog</strong>.&nbsp;</li><li>Pikirkan awal, pertengahan, dan akhir <strong>monolog</strong>.&nbsp;</li><li>Carilah referensi untuk mematangkan konsep <strong>monolog</strong>.&nbsp;</li><li>Awali <strong>monolog</strong> dengan kalimat yang menarik pendengar atau penonton.</li></ol>

bagaimana cara kita menyajikan gagasan ide dan pokok dalam berbahasa saat pembuatan monolog?? 

seperti yang kita tahu monolog adalah

secara umum monolog adalah pembicaraan yang terjadi dalam satu arah, artinya tidak ada timbal balik antara komunikator dengan komunikan. Sebagai contoh, seorang kepala desa sedang membaca pidato di depan masyarakat desa.

Monolog adalah pidato seseorang yang mengungkapkan pikiran, perasaan, dan sudut pandangnya. Melalui ungkapan tersebut, monolog juga menggambarkan karakter pembicara. Monolog sering digunakan dalam teater , tetapi tidak terbatas pada drama.

Cara Menyajkan Gagasan Pokok, pikiran, dan kreativitas dalam monolog?

  1. Baca dan cermati setiap kalimat di dalam paragraf. 
  2. Identifikasi ide atau kata benda atau subjek yang mendominasi paragraf tersebut. 
  3. Tentukan 1 kalimat mana yang paling cocok menjadi kalimat utama
  4. Temukan gagasan pokok dalam kalimat utama tersebut.
  5. Dan dengan menggunakan pencitraan serta gunakan kata kerja yang bermakna (konotasi atau denotasi) 

 

Cara membuat monolog.

  1. Menyusun konsep monolog
  2. Tentukan tujuan monolog
  3. Tentukan siapa yang akan dibahas di dalam monolog
  4. Pikirkan awal, pertengahan, dan akhir monolog
  5. Carilah referensi untuk mematangkan konsep monolog
  6. Awali monolog dengan kalimat yang menarik pendengar atau penonton.

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

18 Juni 2024 04:13

Jawaban terverifikasi

<p>Menyajikan gagasan, pikiran, dan kreativitas dalam bentuk monolog bisa dilakukan dengan cara yang menarik dan efektif. Berikut adalah langkah-langkah untuk menyajikan monolog dengan baik:</p><p><strong>Penentuan Tema dan Tujuan</strong>: Tentukan tema atau topik utama dari monolog yang akan disampaikan. Pastikan tujuan dari monolog tersebut jelas, apakah untuk menghibur, menginspirasi, mengajak refleksi, atau menyampaikan informasi.</p><p><strong>Penyusunan Struktur</strong>: Bangun struktur monolog yang teratur. Monolog umumnya terdiri dari pendahuluan (introduksi), isi (pengembangan gagasan), dan kesimpulan (penutup). Pastikan ada alur yang jelas dari awal hingga akhir.</p><p><strong>Pemilihan Bahasa yang Efektif</strong>: Gunakan bahasa yang sesuai dengan tujuan monolog. Pilih kata-kata yang tepat untuk menyampaikan gagasan, pikiran, dan kreativitas dengan kuat dan jelas.</p><p><strong>Penggunaan Narasi dan Deskripsi</strong>: Gunakan narasi dan deskripsi untuk menggambarkan ide-ide atau pengalaman secara detail. Ini membantu mendalamkan pemahaman pendengar terhadap konsep yang Anda sampaikan.</p><p><strong>Intonasi dan Ekspresi</strong>: Monolog bergantung pada intonasi suara dan ekspresi wajah. Varisasikan intonasi suara sesuai dengan nada yang diinginkan, gunakan jeda untuk menekankan poin penting, dan tunjukkan ekspresi wajah yang mendukung isi monolog.</p><p><strong>Penambahan Unsur Kreatif</strong>: Untuk meningkatkan daya tarik monolog, tambahkan unsur-unsur kreatif seperti metafora, analogi, humor, atau perumpamaan yang relevan dengan tema yang dibahas.</p><p><strong>Latihan dan Persiapan</strong>: Latih monolog secara berkala untuk memastikan alur cerita dan penggunaan bahasa yang baik. Persiapkan dengan baik sebelum menyampaikan monolog di depan orang lain.</p>

Menyajikan gagasan, pikiran, dan kreativitas dalam bentuk monolog bisa dilakukan dengan cara yang menarik dan efektif. Berikut adalah langkah-langkah untuk menyajikan monolog dengan baik:

Penentuan Tema dan Tujuan: Tentukan tema atau topik utama dari monolog yang akan disampaikan. Pastikan tujuan dari monolog tersebut jelas, apakah untuk menghibur, menginspirasi, mengajak refleksi, atau menyampaikan informasi.

Penyusunan Struktur: Bangun struktur monolog yang teratur. Monolog umumnya terdiri dari pendahuluan (introduksi), isi (pengembangan gagasan), dan kesimpulan (penutup). Pastikan ada alur yang jelas dari awal hingga akhir.

Pemilihan Bahasa yang Efektif: Gunakan bahasa yang sesuai dengan tujuan monolog. Pilih kata-kata yang tepat untuk menyampaikan gagasan, pikiran, dan kreativitas dengan kuat dan jelas.

Penggunaan Narasi dan Deskripsi: Gunakan narasi dan deskripsi untuk menggambarkan ide-ide atau pengalaman secara detail. Ini membantu mendalamkan pemahaman pendengar terhadap konsep yang Anda sampaikan.

Intonasi dan Ekspresi: Monolog bergantung pada intonasi suara dan ekspresi wajah. Varisasikan intonasi suara sesuai dengan nada yang diinginkan, gunakan jeda untuk menekankan poin penting, dan tunjukkan ekspresi wajah yang mendukung isi monolog.

Penambahan Unsur Kreatif: Untuk meningkatkan daya tarik monolog, tambahkan unsur-unsur kreatif seperti metafora, analogi, humor, atau perumpamaan yang relevan dengan tema yang dibahas.

Latihan dan Persiapan: Latih monolog secara berkala untuk memastikan alur cerita dan penggunaan bahasa yang baik. Persiapkan dengan baik sebelum menyampaikan monolog di depan orang lain.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Setiap perjuangan selalu melahirkan Sejumlah pengkhianat dan para penjilat Jangan kau gusar, Hadi Setiap perjuangan selalu menghadapkan kita Pada kaum yang bimbang menghadapi gelombang Jangan kau kecewa, Hadi. Setiap perjuangan yang akan menang Selalu mendatangkan pahlawan jadi-jadian Danpara jagoan kesiangan. Memang demikianlah halnya, Hadi. Makna katagelombangpada bait kedua puisi tersebut adalah....

11

0.0

Jawaban terverifikasi