Simon B

11 Juli 2022 13:28

Iklan

Iklan

Simon B

11 Juli 2022 13:28

Pertanyaan

(1) Membangun Indonesia secara berkelanjutan bukan perkara mudah dan murah. (2) Untuk meningkatkan pendapatan negara dari pajak, perluasan basis pajak menjadi krusial. (3) Pemerintah perlu melakukan cara-cara kreatif melalui pendekatan perilaku manusia atau berbagai bentuk insentif. (4) Erikson Wijaya, aparatur sipil negara (ASN) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan, mengambil andil dalam mencari /fresh money/ bagi negara dari Pajak Pertam bahan Nilai (PPN). (5) Melalui inovasi C6-UP-PPN-PTS yang digagasnya, ia berhasil mengidentifikasi nilai Pungut Tidak Setor/PPN-PTS yang diselamatkan untuk kas negara di wilayah Kanwil DJP Sumsel Babel. (6) "lnovasi dibuat untuk merumuskan perhitungan potensi konkret penerimaan negara dari PPN yang telah dipungut Pengusaha Kena Pajak, tetapi tidak disetorkan ke kas negara dengan melakukan pendekatan verifikasi," ujarnya. (7) Pada tahun 2018, di Kantor Wilayah DJP Sumatra Selatan dan Bangka Belitung, Erikson Wijaya menemukan 21.655 transaksi yang mengandung PPN yang belum disetorkan ke negara oleh pemungut PPN dengan nilai Rp117.158.443 .445,00. (8) Tidak hanya nilai kerugian negara menjadi lebih valid untuk ditindaklanjuti, akan teta pi penerimaan negara dari sektor perpajakan pun bertambah menjadi Rp6.247.533 .859,00 pada tahun 2018. (9) Selain itu, inovasi ini telah mendorong terjadinya peningkatan kepatuhan Wajib Pajak yang tercermin melalui pembetulan SPT masa PPN dan PPnBM. ( 10) Maka dari itu, Erikson berpandangan bahwa inovasi ini merupakan sebuah langkah strategis. (11) Jika dilakukan secara serempak dalam skala nasional, akan memberikan dampak yang begitu baik terhadap kinerja institusi DJP khususnya, maupun negara pada umumnya. Sumber: Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, 15 Januari 2021 dengan beberapa penyesuaian. 58. Pernyataan berikut ini yang tidak berhubungan dengan isi teks adalah ... (A) Perluasan basis pajak menjadi penting untuk meningkatkan pendapatan negara melalui penerimaan pajak. (B) Melalui inovasi C6-UP-PPN-PTS, nilai kerugian negara yang dapat diselamatkan menjadi lebih valid untuk ditindaklanjuti lebih jauh. (C) Penerimaan negara dari sektor perpajakan bertambah menjadi Rp6.247.533.859,00 pada tahun 2018 dengan adanya inovasi C6-U P-PPN-PTS. (D) Penerapan inovasi C6-U P-PPN-PTS terhadap kinerja institusi wilayah Kanwil DJP Sumsel Babel hanya dapat dirasakan dampak positifnya setelah diterapkan serentak dalam skala nasional. (E) Erikson Wijaya menciptakan inovasi C6-UP-PPNPTS untuk mengidentifikasi nilai Pungut Tidak Setor/PPN-PTS yang diselamatkan untuk kas negara di wilayah Kanwil DJP Sumsel Babel.


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

W. Ega

07 September 2022 01:30

Jawaban terverifikasi

Jawabannya adalah D. Pada opsi jawaban A berhubungan dengan isi teks. Hal ini dapat kita lihat pada paragraf pertama kalimat kedua. Pada opsi jawaban B berhubungan dengan isi teks. Hal ini dapat kita buktikan pada kalimat ke-6 dan kalimat ke-7. Pada opsi jawaban C berhubungan dengan isi teks. Hal ini dapat dilihat pada kalimat ke-8. Pada opsi jawaban E berhubungan dengan isi teks yaitu pada kalimat ke-5. Sehingga hanya opsi jawaban D yang tidak berhubungan dengan isi teks. Jadi, jawabannya adalah D.


Iklan

Iklan

W. Primaestri

07 September 2022 02:39

<p>Jawabannya adalah (D) “Penerapan inovasi C6-U P-PPN-PTS terhadap kinerja institusi wilayah Kanwil DJP Sumsel Babel hanya dapat dirasakan dampak positifnya setelah diterapkan serentak dalam skala nasional.”</p><p>&nbsp;</p><p>Untuk mencari makna sebuah kalimat, maka pembaca harus memahami isi dan konteks dari kalimat tersebut. Sebuah kata dapat berbeda arti dalam konteks yang berbeda. Sama halnya dengan mencari hubungan dari sebuah kalimat atau pendapat dengan teks. Dua kalimat dapat berhubungan jika mereka bermakna sama.</p><p>&nbsp;</p><p>Soal diatas mengharapkan kita untuk mencari hubungan dari opsi dengan teks, sehingga kitab isa menganalisi terlebih dulu:</p><ol><li>Opsi (A) memiliki hubungan dengan kalimat (1) dan (2). Opsi (A) merupakan makna inti dari kalimat (1) dan (2).</li><li>Opsi (B) memiliki hubungan dengan kalimat (5) sampai (8). Opsi (B) merupakan makna inti dari kalimat (5), (6), (7) dan (8).</li><li>Opsi (C) memiliki hubungan dengan kalimat (7) dan (8). Opsi (C) merupakan makna inti dari kalimat (7) dan (8).</li><li>Opsi (D) memiliki hubungan dengan kalimat (5) sampai (11). Namun terdapat keberbedaan makna antara Opsi dengan Teks. Inti dari Opsi (D) adalah inovasi C6-U P-PPN-PTS hanya akan memperlihatkan dampak positif kepada Kanwil DJP Sumsel Babel ketika sudah diterapkan secara nasional, namun kalimat (7) dan (8) sudah memperlihatkan bahwa dampak positif sudah bisa terlihat, bahkan sebelum penerapan skala nasional. Kalimat (11) mengatakan bahwa jika C6-U P-PPN-PTS diterapkan secara nasional, maka akan memberikan dampak positif. Bagaimana ini bisa yakin? Karena sudah pernah diterapkan di Kanwil DJP Sumsel Babel. Sehingga, Opsi (D) dengan kalimat (5) sampai (11) tidak bisa dihubungkan karena memiliki makna yang berbeda,</li><li>Opsi (E) memiliki hubungan dengan kalimat (4) sampai (8). Opsi (E) merupakan makna inti dari kalimat (4) sampai (8).</li></ol><p>&nbsp;</p><p>Sehingga, pernyataan berikut ini yang tidak berhubungan dengan isi teks adalah Opsi (D)</p><p>&nbsp;</p>

Jawabannya adalah (D) “Penerapan inovasi C6-U P-PPN-PTS terhadap kinerja institusi wilayah Kanwil DJP Sumsel Babel hanya dapat dirasakan dampak positifnya setelah diterapkan serentak dalam skala nasional.”

 

Untuk mencari makna sebuah kalimat, maka pembaca harus memahami isi dan konteks dari kalimat tersebut. Sebuah kata dapat berbeda arti dalam konteks yang berbeda. Sama halnya dengan mencari hubungan dari sebuah kalimat atau pendapat dengan teks. Dua kalimat dapat berhubungan jika mereka bermakna sama.

 

Soal diatas mengharapkan kita untuk mencari hubungan dari opsi dengan teks, sehingga kitab isa menganalisi terlebih dulu:

  1. Opsi (A) memiliki hubungan dengan kalimat (1) dan (2). Opsi (A) merupakan makna inti dari kalimat (1) dan (2).
  2. Opsi (B) memiliki hubungan dengan kalimat (5) sampai (8). Opsi (B) merupakan makna inti dari kalimat (5), (6), (7) dan (8).
  3. Opsi (C) memiliki hubungan dengan kalimat (7) dan (8). Opsi (C) merupakan makna inti dari kalimat (7) dan (8).
  4. Opsi (D) memiliki hubungan dengan kalimat (5) sampai (11). Namun terdapat keberbedaan makna antara Opsi dengan Teks. Inti dari Opsi (D) adalah inovasi C6-U P-PPN-PTS hanya akan memperlihatkan dampak positif kepada Kanwil DJP Sumsel Babel ketika sudah diterapkan secara nasional, namun kalimat (7) dan (8) sudah memperlihatkan bahwa dampak positif sudah bisa terlihat, bahkan sebelum penerapan skala nasional. Kalimat (11) mengatakan bahwa jika C6-U P-PPN-PTS diterapkan secara nasional, maka akan memberikan dampak positif. Bagaimana ini bisa yakin? Karena sudah pernah diterapkan di Kanwil DJP Sumsel Babel. Sehingga, Opsi (D) dengan kalimat (5) sampai (11) tidak bisa dihubungkan karena memiliki makna yang berbeda,
  5. Opsi (E) memiliki hubungan dengan kalimat (4) sampai (8). Opsi (E) merupakan makna inti dari kalimat (4) sampai (8).

 

Sehingga, pernyataan berikut ini yang tidak berhubungan dengan isi teks adalah Opsi (D)

 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Angin 13)putting beliung merupakan angin yang terjadi secara tiba-tiba, bersifat 14)local, dan hanya berlangsung 15)banyak menit. Angin ini muncul d isebabkan karena perubahan tekanan udara yang sangat derastis 16)di atmosfer akibat dari kenaikan suhu yang tiba-tiba di suatu daerah sehingga mendorong pergerakan udara, dengan kecepatan yang dapat 17)memporakporandakan daerah yang dilewati. Angin ini secara umum terjadi di daerah rendah, dibalik perbukitan, seperti di banyak daerah di 18)lndonesia. Hal ini dapat dipahami karena wilayah Indonesia merupakan perlintasan pusat 19)zona deperesi tropis yang dapat memungkinkan terjadinya pengembusan angin kencang sekitar 15 menit dengan kecepatan 20)60-90 kmjam dan intensitas hujan sangat tinggi melebihi 1 50 mm/hari. 17. A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI B. memporak-porandakan C. Mem-porakporandakan D. _memporakporandakan_ E. meporakporanda-kan (catatan: kata bertanda _..._ ditulis cetak miring)

34

0.0

Jawaban terverifikasi

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 11-14. Lebih dari 90% anggota DPR Rl periode 2009-2014 yang saat ini duduk di kursi parlemen maju lagi di Pileg 2014. Peneliti senior Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus menegaskan,jika dilihat dari kinerja, 90% dari mereka yang mencalonkan kembali itu tidak layak dipilih rakyat. Lucius menggambarkan rekam jejak mereka sebagai para pelaku perbuatan tercela seperti korupsi, menonton video porno, kerap membolos, dan tidak produktif. Jika dilihat dari fungsi pokok DPR Rl pun, yakni legislasi, anggaran, dan pengawasan, menurut Lucius, target mereka meleset jauh. "Kalaupun mau mencalonkan lagi, semua motivasinya hanya mencari kerja, kekuasaan, dan keuntungan. Mereka tidak peduli rekam jejak kegagalan mereka sepanjang periode jabatan. lni bukan cuma karena faktor kepentingan, melainkan memang karena mereka tidak punya kapasitas," ungkap Lucius, kemarin. Menurut dia, masyarakat harus disadarkan akan rendahnya kompetensi yang dimiliki anggota DPR saat ini. Ia berharap, masyarakat tidak lagi terpancing oleh rayuan politik uang di Pemilu 2014. Peneliti Indonesia Budget Center (IBC) Roy Salam mengatakan alokasi anggaran selama lima tahun masa jabatan DPR menimbulkan harapan mereka mampu menjalankan fungsi pengawasan, penganggaran, dan · legislasi dengan baik. "Namun, nyatanya, DPR tidak berprestasi. Fungsi pengawasan, penganggaran, apalagi legislasi gagal dijalankan. Direktur Advokasi Pusat Studi Hukum dan Kebijakan, Ronald Rofi Andri, menambahkan legislasi yang dibahas dan disepakati di DPR kerap bermasalah sehingga banyak UU yang diuji materi dan dikabulkan Mahkamah Konstitus i. Ketua Badan Kehormatan DPR, Trimedya Panjaitan, mengakui seperti itulah kualitas DPR hasil Pemilu 2009. Ketua Badan Legislasi DPR, Ignatius Mulyono, juga mengakui target legislasi DPR tidak bisa dicapai. Jika dapat diringkas berikut rapor merah kinerja DPR selama 5 tahun : (1) Dalam kurun waktu lima tahun, DPR telah menghabiskan anggaran hingga Rp. 11,8 triliun, Rp. 2 triliun di antaranya untuk legislasi (2) Dari 2009 hingga 2014 DPR baru menuntaskan 48 RUU, yaitu: (Tabel) (3) Fungsi pengawasan, penganggaran, dan legislasi tidak berjalan dengan baik (4) Banyak anggota dewan sering membolos dan mangkir dalam rapat. (5) Banyak anggota dewan tertidur pulas saat rapat paripurna (6) Banyak anggota dewan terlibat kasus korupsi atau menerima suap 13. Apakah simpulan dari teks di atas? A. Raper merah kinerja DPR menggambarkan kegagalan fungsinya sebagai lembaga legislatif negara selama 5 tahun j abatan. B. Raper merah kinerja DPR menggambarkan rekam jejak mereka sebagai lembaga legislatif negara selama 5 tahun jabatan. C. DPR sebagai lembaga legislatif negara gagal menjalankan fungsinya selama 5 tahun jabatan D. DPR sebagai lembaga legislatif negara gagal mencapai target kinerja selama 5 tahun jabatan E. Selama 5 tahun jabatan DPR tidak menunjukkan mampu menjalankan fungsi pengawasan, penganggaran, dan legislasi dengan baik.

18

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

(1) Karena udara di luar ruangan yang tidak sehat itu, sebagian orang lebih memilih untuk tinggal dan menghabiskan waktunya dalam ruangan. (2) Namun, ternyata kualitas udara di dalam ruangan pun tidaksepenuhnya baik dan bebas dari polusi. (3) Studi dari Environmental Protection Agency (EPA) membuktikan, level polutan di dalam ruangan 2-5 kali lebih tinggi dari polutan di luar ruangan, terkadang bisa 100 kali lebih tinggi. (4) Penyebab utama masalah kualitas udara di dalam rumah adalah sumber polutan yang melepas gas atau partikel ke udara. (5) Beberapa contoh sumber polutan yakni, asap rokok, material bangunan, hingga perabot rumah tangga. (6) Berangkat dari situ, masyarakat yang hidup di kota besar seperti Jakarta membutuhkan sistem ventilasi agar terjadi pertukaran antara udara dalam ruangan dan udara luar ruangan. (7) Sayangnya, lubang tempat pertukaran udara itu pun bisa menjadi pintu masuk polusi dari luar ruangan. (8) Karena itu, kegiatan bersepeda di pagi hari sangat membantu untuk mengurangi stres dan risiko penyakit jantung. (9) Penggunaan kipas angin atau penjernih udara dapat menjadi solusi jangka pendek untuk menjaga kualitas udara di ruangan. (10) Pilihan lainnya adalah tinggal di ruangan atau rumah dengan memiliki sistem sirkulasi udara baik. Sumber: www.lifestyle.kompas.com 32. Ide pokok dalam paragraf pertama adalah … (A) Udara di luar ruangan tidak sehat. (B) Sebagian orang memilih tinggal di dalam ruangan. (C) Kualitas udara di dalam ruangan tidak sepenuhnya bebas dari polusi. (D) Level polutan di dalam ruangan 2-5 kali lebih tinggi dari polutan di luar ruangan. (E) level polutan di dalam ruangan 100 kali lebih tinggi dari polutan di luar ruangan.

7

0.0

Jawaban terverifikasi

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 35 sampai dengan 40. Pertimbangkan apakah kata atau kalimat pada setiap nomor *bercetak tebal* TIDAK PERLU DIPERBAIKI (A) atau diganti dengan pilihan lain yang tersedia (B, C, D, atau E). Program transmigrasi di Indonesia merupakan program perpindahan penduduk yang terbesar di dunia. Transmigrasi dilakukan sebagai salah satu upaya (35) *menanggulanggi* peningkatan masalah kependudukan dan lingkungan hidup di Indonesia yang terjadi terutama di Pulau Jawa dan sekelilingnya. Perpindahan dilakukan dari Jawa, Bali, dan Lombok ke (36) *Pulau-Pulau* lain di Indonesia yang berpenduduk lebih sedikit serta memiliki kondisi lingkungan yang lebih baik. Bersamaan dengan upaya ini dilakukan pula pendekatan keluarga berencana dan intensifikasi pertanian besar-besaran di seluruh Indonesia. Perpindahan penduduk ini terjadi melalui (37) *2* jalur. Pertama, melalui program pemerintah koloni Belanda dan setelah Indonesia merdeka melalui program (38) *suka rela* dan diselenggarakan pemerintah Indonesia. Antara tahun 1905 dan 1987 tercatat paling tidak 2,5 juta jiwa telah mengajukan diri untuk mengikuti program transmigrasi. Golongan yang kedua adalah perpindahan penduduk yang dilakukan secara (39) *spontan* tanpa bantuan pemerintah. Diperkirakan jumlah golongan yang kedua ini pada daerah-daerah tertentu dapat mencapai dua .atau tiga kali lipat jumlah (40) *transmlgrasi* peserta program pemerintah. Diadaptasi dari: Melestarkan Alam lndonesia. 37. Level 2 A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI B. dua C. II D. ke-2 E. kedua

18

5.0

Jawaban terverifikasi