Eloise B

27 Juni 2022 06:23

Iklan

Iklan

Eloise B

27 Juni 2022 06:23

Pertanyaan

(1) Di Indonesia, praksis kecurangan selama Ujian Nasional (UN) telah berlangsung lama dan menjadi cara bertindak umum di kalangan pendidik dan siswa. (2) Situasi ini tidak begitu saja. (3) Ada proses ( ... ) mengawalinya. (4) ( . . . ). (5) Pada saat ulangan harian di kelas, kegiatan mencontek sudah menjadi cara bertindak umum dikalangan siswa. (6) Siswa sendiri menjadi saksi bahwa kegiatan contek-mencontek merupakan sesuatu yang wajar. (7) Bahkan, karena sudah menjadi sebuah kebiasaan, sehingga tidak dirasakan lagi ada yang tidak beres dalam kegiatan mencontek ini. (8) Dalam tingkat lebih tinggi, misalnya dalam tingkat sekolah, demi tujuan praktis menai kkan mutu sekolah, kecurangan itu telah terlembaga melalui pembentukan panitia khusus sebagai tim sukses UN. (9) Tugas tim sukses tidak lain adalah mengusahakan agar tingkat kelulusan UN naik melalui berbagai macam cara. (10) Di tingkat sekolah misalnya, yang sering terjadi adalah pengawas gabungan antarsekolah sudah tahu sama tahu untuk membiarkan siswa mencontek selama UN atau lebih parah pengawas memberikan jawaban kepada siswa selama UN berlangsung. ( 11) Di beberapa sekolah, agar tidak terlalu mencolok, mereka membiarkan para siswa keluar satu per satu ke kamar kecil selama ujian berlangsung sebab di kamar kecil sudah ada kunci jawaban soal ujian. (12) Bahkan, di beberapa sekolah, pengawas membiarkan anak keluar kelas satu per satu pergi ke ruang guru untuk mendapatkan jawaban atas soal ujian. (13) Tentu saja, beberapa guru yang masih memiliki hati nurani merasa terpojok dengan situasi ini. (14) Bahkan, ada yang lebih vulgar, seorang guru membacakan jawaban ujian di depan kelas dan disaksikan oleh pengawas gabungan antarsekolah. (15) Siswa tinggal menyalin. (16) Kecurangan dan ketidak jujuran menjadi cara bertindak umum dalam lingkungan pendidikan. Diadaptasi dari: Pendidikan Karakter di Zaman Keblinger. Berikut ini yang dapat menggantikan kalimat (15) tetapi tidak mengubah pola kalimat dan makna kalimat tersebut adalah .... A. Siswa menyalin kunci jawaban itu. B. Semua siswa hanya menyalin. C. Siswa kemudian menyalinnya. D. Semua siswa menyalin bersama-sama. E. Siswa kemudian tinggal menyalin kunci jawaban tersebut.


24

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Rizky

05 Juli 2022 11:21

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang tepat adalah B. Yuk kita simak penjelasannya. Sebuah kalimat, agar dapat mempunyai makna, diharuskan mempunyai pola. Pola kalimat dalam bahasa Indonesia terdiri atas subjek (S), predikat (P), objek (O), keterangan (Ket.), dan pelengkap (Pel.). Berikut keterangan masing-masing fungsi dalam kalimat. (1) Subjek adalah pelaku yang disebutkan dalam klausa melakukan tindakan atau aktivitas tertentu. Subjek biasanya diisi oleh kata benda (nomina) atau kata yang telah melalui proses nominalisasi. (2) Predikat adalah tidakan atau kegiatan yang dilakukan oleh subjek. Predikat biasanya diisi oleh kata kerja ataupun kata sifat. (3) Objek adalah hal yang dikenai tindakan oleh subjek. Objek biasanya diisi oleh kata benda atau kata yang dibendakan. (4) Keterangan adalah informasi tambahan terkait bagaimana, di mana, dan kapan suatu pekerjaan di dalam predikat dilakukan oleh subjek. (5) Pelengkap adalah unsur yang hampir sama dengan objek, tetapi tidak dapat diubah menjadi subjek jika dalam kalimat pasif. Kalimat (5) yang berbunyi "Siswa tinggal menyalin" memiliki pola sebagai berikut: - siswa (subjek) - tinggal menyalin (predikat. Kalimat tersebut hanya terdiri atas dua fungsi, yaitu subjek dan predikat. Kalimat yang dapat menggantikan juga harus memiliki pola yang sama. Kalimat yang memiliki pola yang sama adalah "Semua siswa (subjek) hanya menyalin (predikat)". Jadi, jawaban yang tepat adalah B.


Iklan

Iklan

22 November 2023 01:11

Mengapa Matias akankari memberikan julukan barang lux


22 November 2023 01:45

Apa kesulitan utama Matias akankari di jakarta


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

690

5.0

Jawaban terverifikasi