Roboguru

Zona selatan Jawa Barat memiliki morfologi berbukit-bukit dengan lereng yang terjal sehingga sangat berpotensi sebagai daerah rawan longsor. Prinsip geografi untuk memahami fenomena tersebut yaitu...

Pertanyaan

Zona selatan Jawa Barat memiliki morfologi berbukit-bukit dengan lereng yang terjal sehingga sangat berpotensi sebagai daerah rawan longsor.
Prinsip geografi untuk memahami fenomena tersebut yaitu...

  1. prinsip morfologi

  2. prinsip interelasi

  3. prinsip deskripsi

  4. prinsip korologi

  5. prinsip distribusi

Pembahasan:

Prinsip geografi dapat diartikan sebagai sebuah dasar dalam menjabarkan, mengungkapkan dan menyajikan gejala, variable, faktor serta masalah-masalah geografi dalam fenomena geosfer. Prinsip geografi terbagi menjadi 4 yakni:

  • Prinsip Deskripsi, prinsip yang penjelasannya lebih lanjut tentang fenomena tersebut secara detail disertai dengan gambar, tabel, diagram, peta.
  • Prinsip Persebaran/Distribusi, sebaran fenomena, gejala, fakta, peristiwa dipermukaan bumi. Sebaran fenomena atau gejala ada yang teratur ada yang tidak teratur. Biasanya data sebaran di sajikan dalam bentuk peta atau kalimat yang berisikan beberapa daerah sebaran.
  • Prinsip Interelasi, Bahwa fenomena atau gejala di muka bumi tidak mungkin berdiri sendiri pasti ada keterkaitan dengan fenomena lain. Baik faktor fisik dengan faktor fisik lainnya, faktor fisik dengan faktor manusia dan faktor manusia dengan faktor manusia lainnya.
  • Prinsip Korologi, Prinsip ini yang meninjau gejala, fakta dan masalah geografi dari penyebaran, interelasi dan interaksinya dalam ruang. Secara sederhana prinsip ini merupakan gabungan dari prinsip-prinsip lainnya.

Sesuai dengan penjabaran di atas, maka jawaban yang tepat adalah prinsip morfologi, yaitu bahwa gejala atau fenomena geografi terdapat di mana-mana dan tersebar di permukaan bumi. Gejala atau fenomena geografi tersebut dapat berupa fenomena fisik atau fenomena sosial yang persebarannya tidak merata di permukaan bumi. Sama halnya dengan fenomena morfologi di bagian selatan Jawa Barat yang mana berbukit-bukit dengan lereng yang terjal.

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

C. Julaika

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Terakhir diupdate 17 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Kota Bandung berada pada wilayah perbukitan dengan topografi rata-rata 500 mdpl. Konsep geografi yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah.....

0

Roboguru

Indonesia terletak di pertemuan 3 lempeng aktif sehingga wilayahnya banyak terdapat gunung api aktif. Konsep geografi yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah.....

0

Roboguru

Buatlah contoh kalimat yang menyatakan konsep morfologi !

0

Roboguru

Jelaskan pengertian konsep morfologi dan berikan contoh konsep morfologi!

1

Roboguru

Pulau Jawa bagian Utara merupakan dataran rendah yang subur, sehingga potensial sebagai daerah sentra pertanian. Uraian tersebut sesuai kajian konsep ...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved