Iklan

Iklan

Pertanyaan

Zona selatan Jawa Barat memiliki morfologi berbukit-bukit dengan lereng yang terjal sehingga sangat berpotensi sebagai daerah rawan longsor. Prinsip geografi untuk memahami fenomena tersebut yaitu ....

Zona selatan Jawa Barat memiliki morfologi berbukit-bukit dengan lereng yang terjal sehingga sangat berpotensi sebagai daerah rawan longsor.

Prinsip geografi untuk memahami fenomena tersebut yaitu ....

  1. Prinsip morfologi

  2. Prinsip interelasi

  3. Prinsip deskripsi

  4. Prinsip korologi

  5. Prinsip distribusi

Iklan

E. Anggraeni

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Prinsip geografi untuk memahami fenomena zona selatan Jawa Barat memiliki morfologi berbukit-bukit dengan lereng yang terjal sehingga sangat berpotensi sebagai daerah rawan longsor yaitu prinsip interelasi. Terdapat keterkaitan antara morfologi berbukit-bukit dengan lereng yang terjal pada zona selatan Jawa Barat dengan potensinya sebagai daerah rawan longsor. Hal ini disebabkan karena longsoran lebih rawan terjadi pada daerah yang terjal dibandingkan dengan daerah yang landai. Prinsip interelasi (keterkaitan) digunakan untuk menelaah hubungan yang saling terkait antara gejala yang satu dengan gejala geografi yang lain dalam suatu ruang. Tujuan prinsip ini juga berfungsi untukmenguraikan hubungan yang ada di dalam ruangan tersebut antara satu gejala dengan gejala yang lainnya. Adanya hubungan yang saling terkait menyebabkan dibutuhkannya prinsip keterkaitan atau sebab-akibat ini. Interelasi juga dapat terjadi antara alam dengan alam, manusia dengan manusia, maupun alam dengan manusia.

Prinsip geografi untuk memahami fenomena zona selatan Jawa Barat memiliki morfologi berbukit-bukit dengan lereng yang terjal sehingga sangat berpotensi sebagai daerah rawan longsor yaitu prinsip interelasi.

Terdapat keterkaitan antara morfologi berbukit-bukit dengan lereng yang terjal pada zona selatan Jawa Barat dengan potensinya sebagai daerah rawan longsor. Hal ini disebabkan karena longsoran lebih rawan terjadi pada daerah yang terjal dibandingkan dengan daerah yang landai.

Prinsip interelasi (keterkaitan) digunakan untuk menelaah hubungan yang saling terkait antara gejala yang satu dengan gejala geografi yang lain dalam suatu ruang. Tujuan prinsip ini juga berfungsi untuk menguraikan hubungan yang ada di dalam ruangan tersebut antara satu gejala dengan gejala yang lainnya. Adanya hubungan yang saling terkait menyebabkan dibutuhkannya prinsip keterkaitan atau sebab-akibat ini. Interelasi juga dapat terjadi antara alam dengan alam, manusia dengan manusia, maupun alam dengan manusia.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

15

Norma

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sepanjang pantai selatan Jawa berada pada zona tumbukan lempeng Eurasia dan Indo-Australia. Kondisi tersebut menyebabkan wilayah di sekitar pantai selatan Jawa rawan tsunami. Prinsip geografi yang dig...

8

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia