Roboguru

Zaman logam dibagi menjadi 3 yaitu....

Pertanyaan

Zaman logam dibagi menjadi 3 yaitu....

Pembahasan Soal:

Zaman logam disebut juga masa perunggu dan besi atau masa perundagian. Pada zaman ini, manusia telah menetap dan mulai mengenal pembagian kerja berdasarkan keahlian tertentu. Oleh karena itu, kehidupan masyarakat pada zaman ini telah mengenal adanya pembagian status berdasarkan jumlah kekayaan yang dimiliki. Manusia pada zaman ini juga telah mengenal peralatan yang terbuat dari logam tertentu yang mudah didapat seperti perunggu dan besi.  Zaman Logam, dalam Ilmu Arkeologi dibagi menjadi 3 zaman, yaitu.

  1. Zaman Tembaga, merupakan zaman yang menjadi awal manusia mengenal logam dimana pada zaman ini manusia menggunakan tembaga sebagai bahan dasar untuk membuat peralatan.
  2. Zaman Perunggu, merupakan zaman dimana manusia membuat peralatan dari perunggu. Di Indonesia sendiri, ditemukan peninggalan – peninggalan sejarah dari zaman perunggu seperti candrasa, kapak corong, nekara, moko, bejana perunggu dan arca perunggu.
  3. Zaman Besi, merupakan zaman dimana manusia telah mampu membuat peralatan dari besi yang lebih sempurna daripada tembaga ataupun perunggu. Dengan cara, meleburkan besi dari bijihnya lalu menuangkan cairan besi tersebut ke dalam cetakan. Adapun hasil peninggalan dari zaman besi yang sudah ditemukan di Indonesia antara lain mata kapak, mata sabit, mata pisau, mata pedang, cangkul, dan sebagainya.

Akan tetapi, untuk pembagian zaman menurut Ilmu Arkeologi khususnya di Indonesia tidak mengalami Zaman Tembaga. Para ahli mengatakan bahwa Indonesia tidak terpengaruh dengan zaman tembaga serta tidak pula mengalaminya karena hingga sampai saat ini, belum ada ditemukan peninggalan – peninggalan sejarah dari zaman tembaga di Indonesia. Hanya negara – negara diluar Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam dan Kamboja saja yang terpengaruh dengan zaman ini. Sehingga, di Indonesia langsung mengalami Zaman Perunggu dan Zaman Besi.

Dengan demikian, zaman Logam terbagi menjadi 3 zaman yaitu zaman Tembaga, zaman Perunggu dan zaman Besi.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Mardiana

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Periodisasi secara arkeologis dibagi menjadi zaman....dan....

Pembahasan Soal:

Periodisasi merupakan pembabakan atau pengelompokan waktu berdasarkan zaman. Periodisasi dalam sejarah bertujuan untuk mempermudah pemahaman terhadap suatu peristiwa sejarah, berdasarkan hasil kebudayaan, periodisasi sejarah Indonesia masa Praaksara dibagi menjadi zaman batu dan zaman logam.
 

Pada Zaman Batu, manusia praaksara menggunakan alat kebudayaan yang berasal dari batu. Dengan kemampuan yang terbatas, manusia purba pada zaman ini memanfaatkan batu untuk membuat alat pemotong, alat penetak, alat serpih yang menunjang kehidupan mereka. Zaman Batu masih dibagi kembali menjadi 3 zaman yaitu, Zaman Paleolithikum, Mesolithikum dan Neolithikum.
Zaman Logam merupakan sebuah periode di mana manusia purba telah mampu memproduksi dan menggunakan alat-alat kebudayaan dari logam. Pada zaman logam, manusia purba telah hidup menetap dan membentuk perkampungan. Di Indonesia, zaman logam dibagi menjadi 2 yaitu, Zaman Perunggu dan Zaman Besi.


Berdasarkan penjelasan di atas maka jawaban yang tepat adalah Zaman Batu dan Zaman Logam.
 

0

Roboguru

Perhatikan zaman berikut ini! Zaman besi Zaman tembaga Zaman perunggu Zaman nekara Dari pembabakan zaman logam di atas, zaman logam yang ditemukan di Indonesia di antaranya adalah ….

Pembahasan Soal:

Zaman logam di Indonesia terbagi ke dalam dua zaman, yakni zaman besi dan zaman perunggu. Di Indonesia tidak mengalami zaman tembaga karena hingga saat ini berdasarkan beberapa bukti yang ditemukan, peninggalan berupa peralatan yang berasal dari tembaga belum ditemukan di Indonesia. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Istilah yang tepat bila mengkaji mengenai kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan adalah....

Pembahasan Soal:

Pra-aksara adalah masa sebelum manusia mengenal bentuk tulisan. Pra-aksara berasal dari gabungan kata, yaitu pra dan aksara. Pra artinya sebelum dan aksara berarti tulisan. Masa pra-aksara disebut juga dengan masa nirleka. Masa praaksara merupakan sebuah periode sejarah yang berisi peradaban manusia yang tidak memiliki sistem bahasa tertulis atau tulisan. Cara mengetahui kehidupan masyarakat praaksara di Indonesia adalah dengan mempelajari fosil dan artefak yang ditinggalkan masyarakat praaksara. Hal ini karena masyarakat praaksara belum mengenal sistem tulis menulis. Sedangkan prasejarah berarti ‘pra’ yaitu sebelum dan ‘sejarah’ yang berarti dalam Bahasa arab syajaratun yang bermakna pohon. Prasejarah juga diartikan sebagai masa dimana belum adanya sebuah aktivitas manusia berupa tulisan.

Dengan demikian, istilah yang tepat untuk mengkaji kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan adalah masa praaksara
 

0

Roboguru

Kebiasaan manusia pada masa berburu dan meramu tingkat lanjut bertempat tinggal di gua-gua payung. Mereka memilih gua-gua yang tidak jauh dari sumber air atau sungai yang terdapat sumber makanan (ikan...

Pembahasan Soal:

Kjokkenmoddinger yang juga dikenal sebagai sampah dapur atau tumpukan kerang adalah sebuah tempat pembuangan sampah lokal pada masa praaksara. Kjokkenmoddinger terdiri dari sampah makanan dan tumpukan cangkang moluska yang biasa dikonsumsi manusia purba.

Dengan demikian, jawabannya adalah penemuan sampah makanan dan tumpukan cangkang moluska (kjokkenmoddinger).

0

Roboguru

Pada zaman Mesolitikum, manusia mulai mengalami perubahan, yaitu manusia memasuki masa berburu dan meramu tingkat lanjut. Maksudnya adalah ….

Pembahasan Soal:

Masa Mesolitikum atau disebut juga sebagai zaman Batu Madya merupakan masa peralihan dari corak kehidupan berburu dan meramu tingkat sederhana (food gathering) menuju ke masa berburu dan meramu tingkat lanjut (semi food gathering). Semi food gathering merupakan masa peralihan dari kehidupan berburu dan meramu menuju ke kehidupan bercocok tanam. Meskipun, pada masa ini kehidupan bercocok tanam masih sangat sederhana. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved