Roboguru

Zaman Arkeozoikum sekitar 2500 juta tahun lalu masih belum stabil artinya....

Pertanyaan

Zaman Arkeozoikum sekitar 2500 juta tahun lalu masih belum stabil artinya....

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Bumi ini mengalami perkembangan zaman mulai dari zaman purba hingga zaman modern seperti sekarang ini, kita hidup di abad 2000 tentu saja memiliki perbedaan kehidupan yang sangat signifikan dengan mereka yang hidup di zaman purba. Zaman Arkaekum sebagai awal peradaban manusia ada atau bisa kita sebut dengan zaman purba sehingga inilah zaman yang paling tua.Dilihat dari usiannya sekitar 2500tahun dan dari awal bumi ini terbentuk,pada zaman inilah kerak bumi terbentuk mulai dari pendinginan tepi bumi atau balon bumi.Karena pada zaman ini kerak bumi akan terbentuk maka sering terjadi gempa lempeng tektonik yang menyebabkan kulit bumi masih belum stabil.Zaman ini dihuni oleh hewan-hewan yang bisa hidup dengan hawa yang api yang panas karena mereka hidup disekitar mata air panas yang masih dekat dengan inti bumi. Pendinginan yang terjadi ditepian balon bumi yang tidak merata menyebabkan pembentukan kerak bumi dan lempeng tektonik juga tidak merata menyebabkan adanya gempa bumi.Itulah kenapa pada zaman arkaekum ini pergeseran kulit bumi lebih sering terjadi dan belum stabil.

Dengan demikian, Zaman Arkeozoikum adalah zaman tertua dan diperkirakan berumur sekitar 2500 juta tahun yang lalu. Pada zaman ini keadaan bumi belum stabil, kondisi bumi dan udara masih sangat panas, kulit bumi masih dalam proses pembentukan. Dalam keadaan seperti ini, maka tanda-tanda kehidupan masih belum muncul sehingga tidak akan ada makhluk hidup yang mampu bertahan hidup.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Periodisasi/pembabakan zaman praaksara berdasarkan geologis, dibedakan menjadi 4 yaitu:

Pembahasan Soal:

Periodisasi sejarah secara geologis merupakan fase-fase perubahan zaman dari kurun waktu tertentu berdasarkan perubahan geologi. Sejarah perkembangan bumi secara geologis terbagi menjadi empat periode, yaitu zaman Arkaikum, Palaeozoikum, Mesozoikum, dan Neozoikum atau Kenozoikum.space

Dengan demikian, periodisasi/pembabakan zaman praaksara berdasarkan geologis, dibedakan menjadi 4 yaitu: zaman Arkaikum, Palaeozoikum, Mesozoikum, dan Neozoikum atau Kenozoikum.space

0

Roboguru

Periodisasi sejarah perkembangan bumi secara geologis dibagi menjadi 4 zaman yaitu....

Pembahasan Soal:

Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan, berdasarkan komposisinya, struktur, sejarah, sifat-sifatnya, dan juga proses pembentukannya, dan orang yang memelajari dan mendalami ilmu geologi disebut geologI. Berdasarkan geologi, zaman praaksara dibagi menjadi 4, ada zaman tertua (Arkaekum), zaman primer atau zaman hidup tua (Paleozoikum), zaman sekunder atau zaman hidup pertengahan (Mesozoikum), serta zaman hidup baru (Neozoikum).

  1. Arkaekum, Zaman ini merupakan zaman tertua, kira-kira berlangsung selama 2.500 juta tahun. Pada saat itu, kulit bumi masih panas alhasil, pada zaman ini belum ada kehidupan.
  2. Paleozoikum, di zaman ini kehidupan mulai muncul. Zaman primer atau zaman hidup tua ini berlangsung sekitar 340 juta tahun. Pada saat itu, makhluk hidup yang muncul seperti mikroorganisme, ikan, amfibi, reptil, dan juga binatang-binatang lain yang tidak bertulang punggung.
  3. Mesozoikum, Zaman ini kira-kira berlangsung selama 140 juta tahun. Pada zaman pertengahan ini, jenis reptil mencapai tingkat yang terbesar, sehingga pada zaman ini sering disebut juga dengan zaman reptil. Setelah berakhirnya zaman ini, maka muncul kehidupan yang lain, yaitu jenis burung dan binatang menyusui. Namun, tingkat populasinya masih sangat rendah.
  4. Neozoikum, zaman yang ke 4 ini sering disebut juga zaman hidup baru. Zaman ini dapat dibedakan menjadi dua zaman, yaitu zaman Tersier dan Quarter. 


Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah Arkaekum, Paleozoikum, Mesozoikum, Neozoikum. 

0

Roboguru

Zaman keadaan belum adanya kehidupan karena kondisi bumi yang masih sangat panas disebut ...

Pembahasan Soal:

Pembabakan dalam Masa Prasejarah, salah satunya adalah berdasasrkan geologi. Geologi merupakan ilmu yang mempelajari secara keseluruhan berdasarkan komposisinya, strukturnya, sifat, sejarah dan proses pembentukan bumi.
Masa Prasejarah yang didasarkan pada proses pembentukan bumi dikenal dalam empat masa, yaitu :

  • arkaekum, yakni merupakan pembabakan zaman tertua berlangsung sekitar 2.500 juta tahun lalu dan masih belum ada kehidupan sebab kulit bumi masih panas,
  • paleozoikum, merupakan zaman primer atau zaman hidup tua ini berlangsung sekitar 340 juta tahun. Pada masa ini telah ada kehidupan mahluk organisme, ikan dan binatang lain yang tidak bertulang punggung belakang,
  • mesozoikum, merupakan zaman sekunder atau zaman hidup pertengahan yang berlangsung 140 juta tahun. Kehidupan pada masa ini banyak bermunculan reptil raksasa sehingga sering disebut zaman reptil, dan
  • neozoikum, merupakan zaman hidup baru yang dalam pembabakannya terbagi lagi ke zaman tersier dan kuarter yang berlangsung 60 juta tahun. Pada masa ini terutama di awal, muncul kehidupan primata, hewan-hewan menyusui dan manusia purba di masa Dilluvum dan manusia modern di masa Alluvium. 

Dengan demikian, masa yang belum ada kehidupan adalah masa Arkaekum.

0

Roboguru

Zaman tertua yang ada di bumi secara geologis yaitu ...

Pembahasan Soal:

Zaman Arkeozoikum. merupakan masa awal pembentukan bumi, sekitar 2.500 juta tahun yang lalu.  Keadaan bumi masih labil dan belum ada makhluk yang hidup pada masa ini sebab suhu bumi amat panas. Rotasi bumi pada saat ini lebih cepat yakni kurang lebih 6 jam dalam sehari. Periode ini mulai terbentuk kerak bumi akibat pendinginan. 

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Salah satu ciri zaman Arkaekum adalah ….

Pembahasan Soal:

Zaman Arkaekum berlangsung sekitar 2.500 juta tahun yang lalu. Kulit bumi masih sangat panas, karena bumi pada saat itu masih dalam proses pembentukannya. Pada masa itu, di permukaan bumi muncul lava, asap dan gas. Jadi pada zaman ini belum ada tanda-tanda kehidupan karena tidak ada makhluk hidup satupun yang memungkinkan bisa tinggal di lingkungan tersebut. Dengan begitu, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

2

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved