Roboguru

Yupa merupakan salah satu sumber sejarah Kerajaan Kutai. Jelaskan tentang Yupa!

Pertanyaan

Yupa merupakan salah satu sumber sejarah Kerajaan Kutai. Jelaskan tentang Yupa!

Pembahasan Soal:

Prasasti Yupa merupakan peninggalan Kerajaan Kutai yang sangat penting. Prasasti Yupa merupakan prasasti pertama yang pernah dibuat oleh Kerajaan Kutai, sekaligus menjadi peninggalan tertua dari kerajaan Hindu tersebut. Prasasti ini menjadi bukti sejarah terkuat bahwa pernah ada kerajaan Hindu yang terletak di Kalimantan. Prasasti Yupa berbentuk seperti tiang batu yang dipakai untuk mengikat kurban hewan atau manusia yang dipersembahkan pada para Dewa. Tak hanya dijadikan alat ikat untuk persembahan, terdapat tulisan yang diukir dengan menggunakan Bahasa Sansekerta atau Huruf Pallawa. Dari ketujuh prasasti yang masih bisa dilihat hingga kini, beberapa prasasti memiliki topik pembahasan yang berbeda-beda mengenai Raja Mulawarman. Dilansir dari berbagai sumber, Prasasti Yupa berisi tentang kehidupan politik, kehidupan sosial, kehidupan berbudaya, dan kehidupan agama

Salah satu Prasasti Yupa membahas tentang kehidupan politik di Kerajaan Kutai. Pada prasasti tersebut, diceritakan bahwa Raja Mulawarman merupakan cucu dari Raja Kudungga, raja pertama Kerajaan Kutai serta putra dari Raja Aswawarman. Dituliskan bahwa Raja Mulawarman merupakan raja yang tegas, kuat, sabar, sekaligus dermawan.Masih tentang kehidupan politik, tertulis pula bahwa Kerajaan Kutai mengadakan Upacara Aswamedha, yakni upacara pelepasan kuda untuk menentukan batas wilayah Kerajaan Kutai. Upacara ini terjadi di masa pemerintahan Aswawarman.

Untuk kehidupan sosial, tercatat di Prasasti Yupa bahwa masyarakat sudah banyak yang menganut agama Hindu, sehingga pola pengaturan kerajaan kepada masyarakat sangat teratur seperti pemerintahan Kerajaan India. Dituliskan pula bahwa kehidupan sosial masyarakat sudah berkembang serta mulai menerima unsur kehidupan sosial dari India.
Prasasti Yupa dari aspek kehidupan berbudaya mencatat bahwa masyarakat sudah sangat erat dengan agama Hindu, terutama karena pengaruh kebudayaan Kerajaan Pallawa. Selain itu, Prasasti Yupa adalah hasil budaya masyarakat Kutai yang diwariskan dari budaya nenek moyang Indonesia pada jaman Megalithikum. Untuk aspek agama, tertulis di Prasasti Yupa bahwa agama Hindu sangat berkembang terutama sejak pemerintahan Raja Aswawarman. Bahkan disebutkan bahwa Raja Aswawarman diibaratkan sebagai Angsuman, yakni sebutan dewa matahari dalam agama Hindu.

Dengan demikian Prasasti Yupa merupakan peninggalan kerajaan Kutai yang penting, terdiri dari tujuh prasasti yang diukir menggunakan Bahasa Sansekerta. Prasasti Yupa berisi tentang kehidupan politik, kehidupan sosial, kehidupan berbudaya, dan kehidupan agama.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Mardiana

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 22 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kerajaan Hindu tertua di Indonesia adalah ....

0

Roboguru

Aswawarman, Mulawarman, Purnawarman, adalah tokoh-tokoh sejarah pada masa...

0

Roboguru

Jelaskan informasi yang terdapat dalam prasasti yupa sehingga prasasti tersebut dapat dikatakan bukti tertua masuknya pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia.

0

Roboguru

Prasati yupa di temukan di Kutai abad ke-5, jelaskan mengapa dengan di temukannya prasasti yupa tersebut mengakhiri masa pra-aksara di Indonesia...

0

Roboguru

Prasasti Yupa merupakan peninggalan kerajaan...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved