Pertanyaan

Yuan mulai menginjak usia remaja. Ia mengikuti jejak kakaknya sebagai seorang paskibraka. Ia juga telah memenangi berbagai perlombaan baris-berbaris di tingkat daerah. Sosialisasi tersebut menunjukkan Yuan mampu mengambil peran orang lain dan menentukan sikap yang lebih luas sehingga menjadi individu mandiri. Kondisi ini menempatkan sosialisasi Yuan berada pada tahap ....

Yuan mulai menginjak usia remaja. Ia mengikuti jejak kakaknya sebagai seorang paskibraka. Ia juga telah memenangi berbagai perlombaan baris-berbaris di tingkat daerah. Sosialisasi tersebut menunjukkan Yuan mampu mengambil peran orang lain dan menentukan sikap yang lebih luas sehingga menjadi individu mandiri. Kondisi ini menempatkan sosialisasi Yuan berada pada tahap .... 

  1. play stage 

  2. game stage 

  3. significant others 

  4. preparatory stage

  5. generalized others 

R. Rgfreelanceseratusempattujuh

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Generalized others , yakni terdiri dari harapan-harapan masyarakat atas diri seseorang yang tertuang dalam bentuk norma masyarakat.dalam tahap ini, seseorang mampu berinteraksi dengan orang lain dalam masyarakat karena telah memahami perannya dan peran orang lain. Generalized others membantu seseorang memahami perspektif orang lain dan bagaimana aturan di dalam masyarakat bekerja. Di dalam tahap ini seseorang juga belajar untuk mampu mengambil peran orang lain dan menentukan sikap yang lebih luas sehingga menjadi individu mandiri. Selain itu, individu juga telah memahami peranya di dalam kehidupan bermasyarkat. Tahap sosialisasi lainnya menurut George H. Mead : Tahap Persiapan ( prepatory stage ) . Tahap ini dialami sejak manusia dilahirkan yaitu saat seorang anak mempersiapkan diri untuk mengenal dunia sosialnya, dan memperoleh pemahaman tentang diri sendiri. Play stage . Pada tahap ini, seorang anak belajar beberapa peran yang dilihatnya di lingkungan sekitarnya. Pada tahap ini seorang anak mulai meniru peran yang dijalankan oleh orang tuanya. Game stage , Pada tahap ini seorang anak mulai menyadari objek permainan. Mereka juga menyadari bahwa setiap pemain dalam tim adalah bagian dari jaringan aturan yang ditentukan oleh permainan . Pada tahap ini terjadi ketika anak mulai berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang teroganisir seperti kegiatan sekolah dan olahraga beregu.

Generalized others, yakni terdiri dari harapan-harapan masyarakat atas diri seseorang yang tertuang dalam bentuk norma masyarakat.dalam tahap ini, seseorang mampu berinteraksi dengan orang lain dalam masyarakat karena telah memahami perannya dan peran orang lain. Generalized others membantu seseorang memahami perspektif orang lain dan bagaimana aturan di dalam masyarakat bekerja.  Di dalam tahap ini seseorang juga belajar untuk mampu mengambil peran orang lain dan menentukan sikap yang lebih luas sehingga menjadi individu mandiri. Selain itu, individu juga telah memahami peranya di dalam kehidupan bermasyarkat.

 

Tahap sosialisasi lainnya menurut George H. Mead :

  1. Tahap Persiapan (prepatory stage). Tahap ini dialami sejak manusia dilahirkan yaitu saat seorang anak mempersiapkan diri untuk mengenal dunia sosialnya, dan memperoleh pemahaman tentang diri sendiri.
  2. Play stage. Pada tahap ini, seorang anak belajar beberapa peran yang dilihatnya di lingkungan sekitarnya. Pada tahap ini seorang anak mulai meniru peran yang dijalankan oleh orang tuanya.
  3. Game stage, Pada tahap ini seorang anak mulai menyadari objek permainan. Mereka juga menyadari bahwa setiap pemain dalam tim adalah bagian dari jaringan aturan yang ditentukan oleh permainan. Pada tahap ini terjadi ketika anak mulai berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang teroganisir seperti kegiatan sekolah dan olahraga beregu.

1rb+

5.0 (3 rating)

Andri Fizal

Makasih ❤️

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada tahap generalized other , individu telah dapat berbaur dengan masyarakat luas sebagai bagian yang diakui keberadaannya oleh masyarakat itu sendiri. Agen sosialisasi yang kurang memiliki peran pad...

646

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia