Roboguru

Yuan mulai menginjak usia remaja. Ia mengikuti jejak kakaknya sebagai seorang paskibraka. Ia juga telah memenangi berbagai perlombaan baris-berbaris di tingkat daerah. Sosialisasi tersebut menunjukkan Yuan mampu mengambil peran orang lain dan menentukan sikap yang lebih luas sehingga menjadi individu mandiri. Kondisi ini menempatkan sosialisasi Yuan berada pada tahap ....

Pertanyaan

Yuan mulai menginjak usia remaja. Ia mengikuti jejak kakaknya sebagai seorang paskibraka. Ia juga telah memenangi berbagai perlombaan baris-berbaris di tingkat daerah. Sosialisasi tersebut menunjukkan Yuan mampu mengambil peran orang lain dan menentukan sikap yang lebih luas sehingga menjadi individu mandiri. Kondisi ini menempatkan sosialisasi Yuan berada pada tahap .... 

  1. play stage 

  2. game stage 

  3. significant others 

  4. preparatory stage

  5. generalized others 

Pembahasan Soal:

Generalized others, yakni terdiri dari harapan-harapan masyarakat atas diri seseorang yang tertuang dalam bentuk norma masyarakat.dalam tahap ini, seseorang mampu berinteraksi dengan orang lain dalam masyarakat karena telah memahami perannya dan peran orang lain. Generalized others membantu seseorang memahami perspektif orang lain dan bagaimana aturan di dalam masyarakat bekerja.  Di dalam tahap ini seseorang juga belajar untuk mampu mengambil peran orang lain dan menentukan sikap yang lebih luas sehingga menjadi individu mandiri. Selain itu, individu juga telah memahami peranya di dalam kehidupan bermasyarkat.

 

Tahap sosialisasi lainnya menurut George H. Mead :

  1. Tahap Persiapan (prepatory stage). Tahap ini dialami sejak manusia dilahirkan yaitu saat seorang anak mempersiapkan diri untuk mengenal dunia sosialnya, dan memperoleh pemahaman tentang diri sendiri.
  2. Play stage. Pada tahap ini, seorang anak belajar beberapa peran yang dilihatnya di lingkungan sekitarnya. Pada tahap ini seorang anak mulai meniru peran yang dijalankan oleh orang tuanya.
  3. Game stage, Pada tahap ini seorang anak mulai menyadari objek permainan. Mereka juga menyadari bahwa setiap pemain dalam tim adalah bagian dari jaringan aturan yang ditentukan oleh permainan. Pada tahap ini terjadi ketika anak mulai berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang teroganisir seperti kegiatan sekolah dan olahraga beregu.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Rgfreelanceseratusempattujuh

Terakhir diupdate 16 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Contoh tahap perkembangan diri seseorang: Budi menjadi ketua senat mahasiswa Fakultas Hukum. Dalam usia relatif muda, Susi menjadi anggota DPRD tingkat I. Jessy mengikuti perilaku kakaknya mencor...

Pembahasan Soal:

Tahap-tahap sosialisasi salah satunya adalah generalized others, yaitu tahap sosialisasi dimana individu sudah dianggap dewasa yang ditandai dengan dapat menjalankan peran-peran yang dilakukan oleh orang lain dan mampu membedakan baik dan buruk. Selain itu generalized others ditandai dengan individu dapat menempatkan diri di masyarakat sesuai dengan status dan perannya. Berdasarkan pernyataan yang termasuk dalam tahap generalized others yaitu:

  • Budi menjadi ketua senat mahasiswa Fakultas Hukum
  • Dalam usia relatif muda, susi menjadi anggota DPRD tingkat 1
  • Dewi melanjutkan bisnis orangtuanya di bidang usaha transportasi taksi

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban adalah:

  • Jessy mengikuti perilaku kakaknya mencoret-coret tembok rumahnya merupakan tahap play stage.
  • Adinda menyanyi lagu kesukaannya dikamar tidurnya dengan suara gembira merupakan tahap play stage.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Setelah bekerja selama tiga tahun Denia telah dapat menjalankan tugasnya sebagai pegawai yang baik di salah satu bank swasta. Ia sangat menghormati atasannya serta ramah terhadap rekan kerja dan para ...

Pembahasan Soal:

Tahap-tahap sosialisasi salah satunya adalah generalized other, yaitu tahap sosialisasi di mana individu sudah dianggap dewasa yang ditandai dengan dapat menjalankan peran-peran yang dilakukan oleh orang lain dan mampu membedakan baik dan buruk. Selain itu generalized other ditandai dengan individu dapat menempatkan diri di masyarakat sesuai dengan status dan perannya. Berdasarkan soal menjelaskan bahwa setelah bekerja selama tiga tahun Denia telah dapat menjalankan tugasnya sebagai pegawai yang baik di salah satu bank swasta. Ia menghormati atasannya serta ramah terhadap rekan kerja dan para nasabah hal itu merupakan contoh bahwa Denia telah mampu menempatkan diri sesuai dengan status dan peran sehingga masuk dalam tahap generalized other.

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu :

  • Play stage, merupakan tahap meniru di mana individu mulai meniru peran-peran di sekitarnya
  • Game stage merupakan tahap siap bertindak yang ditandai dengan individu mulai mengerti peran orang lain yang diajak berinteraksi.
  • Preparatory stage merupakan tahap persiapan di mana individu dikenalkan dengan dunia sekitarnya dan mulai meniru tetapi tidak sempurna.
  • Significant other merupakan orang-orang yang berpengaruh dalam proses sosialisasi.

0

Roboguru

Pada tahap generalized other, individu telah dapat berbaur dengan masyarakat luas sebagai bagian yang diakui keberadaannya oleh masyarakat itu sendiri. Agen sosialisasi yang kurang memiliki peran pada...

Pembahasan Soal:

Tahap generalized other merupakan tahapan ketika individu sudah dapat mengambil peran sepenuhnya dalam kehidupan sosial. lndividu sudah memahami nilai dan norma serta mampu menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari. Guru merupakan agen sosialisasi yang lebih banyak memberikan pengaruh kepada anak didik yang sebagian besar belum mengalami tahap generalized other seperti guru TK, SO, dan SMP. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Kesadaran akan status dan peran orang lain sehingga seseorang mampu menempatkan diri sesuai dengan status dan peran sosialnya menunjukkan bahwa orang tersebut telah memasuki tahap sosialisasi ....

Pembahasan Soal:

Seseorang telah sadar akan status dan perannya dalam masyarakat sehingga orang tersebut mampu menempatkan diri dengan lingkungannya. Hal ini berarti orang tersebut telah berada dalam tahap sosialisasi generalized other (A). Untuk lebih jelasnya, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu sosialiasi dan bagaimana tahapan-tahapannya.

Sosialisasi dapat dijelaskan sebagai proses internalisasi nilai dan orma sosial ke dalam individu. Soerjono Soekanto mendefinisikan sosialisasi sebagai proses sosial di mana individu mendapatkan pembentukan sikap untuk berperilaku sesuai perilaku orang-orang di sekitarnya.

Sosialisasi mempunyai tahapan-tahapannya yaitu:

  • Tahap persiapan (preparatory stage)

Tahap ini merupakan tahap persiapan bagi manusia untuk mengenali diri dan lingkungan sekitarnya. Tahap ini berlangsung ketika manusia dilahirkan, yakni dengan kemampuan berpikirnya manusia mengawali proses kehidupannya dengan melakukan kegiatan meniru meskipun pada awalnya manusia tidak paham tentang apa yang ditirunya. Lingkungan keluarga sangat berperan dalam proses sosialisasi pada tahap persiapan ini.

  • Tahap bermain (play stage)

Pada tahap meniru (play stage) ini kemampuan anak dalam berempati terhadap orang lain semakin meningkat. Kesadaran anak bahwa dunia sosial terdiri dari kumpulan dari beberapa orang mulai berkembang. Pada tahap ini anak-anak mulai mampu menirukan beberapa peran orang dewasa secara relatif sempurna.

  • Tahap bertindak (game stage)

Pada tahap ini anak mulai sadar bahwa dirinya merupakan bagian dalam sistem kehidupan sosial sehingga proses peniruan semakin berkurang dan digantikan oleh permainan yang diperankan secara sadar.

Kemampuan empati anak pada tahap ini semakin berkembang sehingga anak mulai mampu bermain beregu yang penuh dengan aturan main seperti bermain sepak bola.

  • Tahap penerimaan norma kolektif (generalized other)

Tahap penerimaan norma kolektif (generalized other) merupakan suatu tahap seseorang mulai dewasa dan mulai mampu memposisikan dirinya dengan baik dalam kehidupan masyarakat luas. Pada tahap ini seseorang mulai paham terhadap posisi dirinya sendiri, keluarga, masyarakat, agama, bangsa, dan negara.

0

Roboguru

Kesadaran akan status dan peran orang lain, sehingga seseorang mampu menempatkan diri sesuai dengan status dan peran sosialnya menunjukkan bahwa orang tersebut telah memasuki tahap sosialisasi ....

Pembahasan Soal:

Generalized other merupakan tahap sosiallisasi yang ditandai dengan kesadaran akan status dan peran orang lain, sehingga mampu menempatkan diri sesuai dengan status dan peran sosialnya. Pada tahap ini seorang anak sudah dianggap dewasa karena seseorang belajar peran-peran yang ada dalam masyarakat secara lebih luas dan menjalankan peran-peran yang diharapkan masyarakat.

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:

  • Prepatory stage, merupakan tahap persiapan yang ditandai dengan individu mulai dikenalkan dengan lingkungan terdekatnya. Pada tahap ini ditandai dengan adanya proses peniruan tapi tidak sempurna. Contoh pelafalan “makan” menjadi “mam”.
  • Play stage, merupakan tahap meniru yang ditandai dengan terjadinya proses peniruan secara sempurna tetapi belum mengerti makna sepenuhnya yang ditirukan. Contohnya seorang anak yang meniru peran dokter, polisi, ataupun meniru gaya makan ayahnya.
  • Game stage, merupakan tahap di mana anak mulai menyadari obyek permainan. Mereka menyadari bahwa di dalam permainan tim terdapat peran-peran yang berbeda dan anak mulai mengetahui akan peran-peran dalam permainan itu secara lebih baik.
  • Significant other, merupakan orang-orang yang berpengaruh dalam proses sosialisasi dan umumnya dijadikan sebagai contoh berperilaku seperti keluarga.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved