Iklan

Iklan

Pertanyaan

Yuan mulai menginjak usia remaja. Ia mengikuti jejak kakaknya sebagai seorang paskibraka. Ia juga telah memenangi berbagai perlombaan baris-berbaris di tingkat daerah. Sosialisasi tersebut menunjukkan Yuan mampu mengambil peran orang lain dan menentukan sikap yang lebih luas sehingga menjadi individu mandiri. Kondisi ini menempatkan sosialisasi Yuan berada pada tahap ....

Yuan mulai menginjak usia remaja. Ia mengikuti jejak kakaknya sebagai seorang paskibraka. Ia juga telah memenangi berbagai perlombaan baris-berbaris di tingkat daerah. Sosialisasi tersebut menunjukkan Yuan mampu mengambil peran orang lain dan menentukan sikap yang lebih luas sehingga menjadi individu mandiri. Kondisi ini menempatkan sosialisasi Yuan berada pada tahap .... 

  1. play stage 

  2. game stage 

  3. significant others 

  4. preparatory stage

  5. generalized others 

Iklan

R. Rgfreelanceseratusempattujuh

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Generalized others , yakni terdiri dari harapan-harapan masyarakat atas diri seseorang yang tertuang dalam bentuk norma masyarakat.dalam tahap ini, seseorang mampu berinteraksi dengan orang lain dalam masyarakat karena telah memahami perannya dan peran orang lain. Generalized others membantu seseorang memahami perspektif orang lain dan bagaimana aturan di dalam masyarakat bekerja. Di dalam tahap ini seseorang juga belajar untuk mampu mengambil peran orang lain dan menentukan sikap yang lebih luas sehingga menjadi individu mandiri. Selain itu, individu juga telah memahami peranya di dalam kehidupan bermasyarkat. Tahap sosialisasi lainnya menurut George H. Mead : Tahap Persiapan ( prepatory stage ) . Tahap ini dialami sejak manusia dilahirkan yaitu saat seorang anak mempersiapkan diri untuk mengenal dunia sosialnya, dan memperoleh pemahaman tentang diri sendiri. Play stage . Pada tahap ini, seorang anak belajar beberapa peran yang dilihatnya di lingkungan sekitarnya. Pada tahap ini seorang anak mulai meniru peran yang dijalankan oleh orang tuanya. Game stage , Pada tahap ini seorang anak mulai menyadari objek permainan. Mereka juga menyadari bahwa setiap pemain dalam tim adalah bagian dari jaringan aturan yang ditentukan oleh permainan . Pada tahap ini terjadi ketika anak mulai berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang teroganisir seperti kegiatan sekolah dan olahraga beregu.

Generalized others, yakni terdiri dari harapan-harapan masyarakat atas diri seseorang yang tertuang dalam bentuk norma masyarakat.dalam tahap ini, seseorang mampu berinteraksi dengan orang lain dalam masyarakat karena telah memahami perannya dan peran orang lain. Generalized others membantu seseorang memahami perspektif orang lain dan bagaimana aturan di dalam masyarakat bekerja.  Di dalam tahap ini seseorang juga belajar untuk mampu mengambil peran orang lain dan menentukan sikap yang lebih luas sehingga menjadi individu mandiri. Selain itu, individu juga telah memahami peranya di dalam kehidupan bermasyarkat.

 

Tahap sosialisasi lainnya menurut George H. Mead :

  1. Tahap Persiapan (prepatory stage). Tahap ini dialami sejak manusia dilahirkan yaitu saat seorang anak mempersiapkan diri untuk mengenal dunia sosialnya, dan memperoleh pemahaman tentang diri sendiri.
  2. Play stage. Pada tahap ini, seorang anak belajar beberapa peran yang dilihatnya di lingkungan sekitarnya. Pada tahap ini seorang anak mulai meniru peran yang dijalankan oleh orang tuanya.
  3. Game stage, Pada tahap ini seorang anak mulai menyadari objek permainan. Mereka juga menyadari bahwa setiap pemain dalam tim adalah bagian dari jaringan aturan yang ditentukan oleh permainan. Pada tahap ini terjadi ketika anak mulai berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang teroganisir seperti kegiatan sekolah dan olahraga beregu.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

74

Andri Fizal

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kesadaran akan status dan peran orang lain, sehingga seseorang mampu menempatkan diri sesuai dengan status dan peran sosialnya menunjukkan bahwa orang tersebut telah memasuki tahap sosialisasi ....

4

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia