Roboguru

Yang termasuk kriteria hubungan antar kelompok adalah ....

Pertanyaan

Yang termasuk kriteria hubungan antar kelompok adalah .... 

  1. ekonomi, politik, sosial, perilaku 

  2. kebudayaan, ekonomi, politik, perilaku 

  3. fisiologis, kebudayaan, ekonomi, politik 

  4. fisiologis, politik, ekonomi, kebudayaan 

  5. fisiologis, kebudayaan, ekonomi, perilaku 

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah tentang kriteria hubungan antarkelompok.

Hubungan antar kelompok adalah interaksi sosial antara dua kelompok atau lebih. Menurut Kinloch, hubungan antarkelompok memiliki beberapa kriteria sebagai berikut :

  1. Kriteria fisiologis, didasarkan pada persamaan jenis kelamin, usia, dan ras.
  2. Kriteria kebudayaan, diikat oleh persamaan budaya, seperti kelompok etnik suku bangsa, ataupun persamaan agama.
  3. Kriteria ekonomi, dibedakan antara mereka yang memiliki kekuasaan ekonomi dan yang tidak.
  4. Kriteria perilaku, didasarkan pada cacat fisik, cacat mental, dan penyimpangan terhadap aturan masyarakat.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Sari

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Menurut Kinloch, kriteria dimensi hubungan antarkelompok antara lain didasarkan pada persamaan jenis kelamin (laki-laki dan perempuan), usia (tua-muda), dan ras. Kriteria tersebut termasuk dalam aspek...

Pembahasan Soal:

    Sebagaimana individu berinteraksi dengan individu lain, suatu kelompok pun berinteraksi atau berhubungan dengan kelompok lain. Hubungan ini akan menghasilkan kerja sama, konflik, maupun persaingan. Menurut Kinloch, hubungan antarkelompok memiliki beberapa kriteria, sebagai berikut:

  1. Kriteria fisiologis, yaitu kriteria yang didasarkan pada persamaan jenis kelamin (laki-laki dan perempuan), usia (tua-muda), dan ras.
  2. Kriteria kebudayaan. Kriteria ini mencakup kelompok yang diikat oleh persamaan kebudayaan, seperti kelompok etnik (misalnya, Batak, Minangkabau, Sunda, Ambon). Meskipun Kinloch tidak menyebutkan faktor agama, dalam banyak kasus, pengelompokkan berdasarkan agama pun dapat dimasukkan dalam kategori ini.
  3. Kriteria ekonomi. Kriteria ini dibedakan antara mereka yang memiliki kekuasaan ekonomi dan yang tidak memiliki kekuasaan ekonomi.
  4. Kriteria perilaku. Kriteria ini didasarkan pada cacat fisik, cacat mental, dan penyimpangan terhadap aturan masyarakat.

Jadi, dimensi hubungan antarkelompok yang didasarkan pada persamaan jenis kelamin (laki-laki dan perempuan), usia (tua-muda), dan ras termasuk kriteria fisiologis atau opsi A. 

0

Roboguru

Jelaskan pentingnya hubungan kekerabatan berdasarkan pekerjaan dan status sosial di dalam masyarakat pada era modern seperti sekarang!

Pembahasan Soal:

Poin soal membahas dimensi, pola, dan dinamika kelompok sosial.

Soal menanyakan tentang hubungan kekerabatan berdasarkan pekerjaan dan status sosial di dalam masyarakat pada era modern seperti sekarang. Perkembangan zaman yang semakin maju, tentu akan memberikan dampak terhadap hubungan antar individu dalam masyarakat, termasuk hubungan kekerabatan berdasarkan pekerjaan dan status sosial. Hubungan yang sebelumnya didasari karena adanya kesadaran dalam kelompok sekarang mulai beralih karena adanya kepentingan yang sama dalam kelompok masyarakat tertentu, ketika kepentingannya berbeda maka hubungan kekerabatan akan berubah. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh pekerjaan dan status sosialnya di masyarakat. 

0

Roboguru

Ada banyak kelompok sosial yang ada di Indonesia. Akibatnya dapat terjadi konflik kepentingan antarkelompok. Menurut pendapatmu, bagaimana cara menyelaraskan kepentingan-kepentingan yang beragam antar...

Pembahasan Soal:

Cara menyelaraskan kepentingan yang beragam pada kelompok sosial yang seringkali menyebabkan terjadinya konflik di Indonesia adalah dengan bersikap toleransi dan memahami masing-masing kepentingan kelompok. Setiap kelompok memiliki tujuan yang berbeda, namun cara untuk menempuh tujuan tersebut bisa saja membutuhkan kerja sama dari kelompok lain, sehingga sikap memahami dan saling memberikan ruang yang baik di masyarakat diharapkan dapat menjadi salah satu cara agar masyarakat atau kelompok yang heterogen dapat terhindar dari konflik sosial. 

0

Roboguru

Suatu masyarakat dapat dilihat bahwa para warganya walaupun mempunyai sifat-sifat individual yang berbeda, namun akan memberikan reaksi yang sama terhadap gejala-gejala tertentu. Adapun penyebab reaks...

Pembahasan Soal:

Setiap manusia akan bertindak dengan cara yang berbeda dalam situasi yang sama. Beberapa hal yang membuat seseorang cenderung berbuat sama apabila mereka memiliki kecenderungan dalam hal:

  1. Kecenderungan Peranan (Role Disposition), yaitu kecenderungan yang mengacu kepada tugas, kewajiban posisi yang dimiliki seorang individu
  2. Kecenderungan Sosiometrik (Sociometric Disposition), yaitu kecenderungan yang bertautan dengan kesukaan, kepercayaan terhadap individu lain
  3. Ekspressi (Expression Disposition), yaitu kecenderungan yang bertautan dengan ekpresi diri dengan menampilkan kebiasaaan-kebiasaan khas

Berdasarkan penjelasan diatas, maka jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Selama ini banyak berkembang denifisi tentang hubungan internasional salah satunya hubungan internasional sebagai spesialisasi yang mengintegrasikan cabang-cabang pengetahuan lain yang mempelajari seg...

Pembahasan Soal:

Poin soal menjelaskan bahwa hubungan internasional merupakan integrasi cabang-cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang segi-segi internasional dari hidup manusia. Poin yang ditanyakan berkaitan dengan tokoh yang mengemukakan pendapat tersebut.

Menurut Drs.R.Soeprapto, hubungan internasional adalah sebagai spesialisasi yang mengintegritaskan cabang-cabang pengetahuan lain yang mempelajari segi-segi internasional kehidupan sosial umat manusia. Berdasarkan uraian diatas, maka jawaban yang tepat adalah Drs. R. Soeprapto.

undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved