Roboguru

Pertanyaan

Bacalah teks berikut!


Lidah Buaya

    Lidah buaya adalah satu dari sepuluh tipe tanaman terlaris di dunia yang memiliki potensi untuk bisa dikembangkan sebagai tanaman obat dan juga bahan baku industri. Tanaman ini sering dijadikan tanaman hias. Lidah buaya banyak ditemukan di daerah beriklim tropis dan biasanya tumbuh pada tanah yang subur. Di seluruh dunia terdapat lebih dari 350 jenis tanaman lidah buaya, mulai dari yang beracun sampai yang bernilai ekonomis. Namun, Aloe vera yang banyak dibudidayakan di Indonesia. 

    Lidah buaya dapat tumbuh dengan tinggi bervariasi, mencapai 20 cm - 1 m, tergantung jenis yang ditanam. Jika penanamannya tepat dan memperhatikan berbagai nutrisi yang dibutuhkan, tidak menutup kemungkinan tingginya dapat mencapai tinggi 30 cm ke atas. Lidah buaya mempunyai akar serabut dengan batang yang sangat pendek atau bahkan tidak terlihat karena tertutup oleh daun. Daunnya berwarna hijau segar, tebal, berbintik putih pada perrnukaannya, serta memiliki duri lemas di bagian pinggirnya. Bentuk daunnya seperti pedang, ujungnya lancip, sedangkan bagian bawah permukaan daun lebih besar dan cembung. Tanaman ini tahan pada kekeringan karena di dalam daun banyak tersimpan cadangan air yang bisa digunakan pada saat kekurangan air. Di dalam daunnya terdapat jeli bening dengan tekstur kenyal yang berfungsi sebagai cadangan air pada musim kemarau. Jeli ini adalah bagian yang paling sering dimanfaatkan dari bagian tubuh lidah buaya.

    Untuk perawatan lidah buaya, hal yang dapat dilakukan adalah meletakkannya di tempat yang mudah terkena hujan. Dengan demikian, lidah buaya mempunyai asupan air yang cukup, sehingga tubuhnya tetap segar. Jika tanaman ini dibudidayakan pada musim kemarau, ada baiknya agar disiram setiap pagi dan sore. Hal ini bertujuan untuk menghindari kekeringan pada daun akibat panas matahari berlebih dan untuk menjaga kesuburan daun. Meskipun tanaman lidah buaya dapat bertahan hidup di tempat kering, tidak ada salahnya untuk tetap memperhatikan asupan air bagi lidah buaya. Selain itu, nutrisi bagi lidah buaya juga harus diperhatikan. Setidaknya berikan pupuk organik pada lidah buaya setiap sebulan sekali untuk menghasilkan daun yang lebih panjang. Usahakan berikan pupuk alami, seperti kotoran sapi atau kotoran kambing. Alasan pemberian pupuk organik adalah karena harganya jauh lebih murah dibandingkan pupuk anorganik. Namun, keduanya memiliki dampak yang hampir sama terhadap pertumbuhan lidah buaya.

    Lidah buaya tidak hanya dapat digunakan sebagai tanaman penghias pekarangan rumah, tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai kosmetik alami, seperti penyubur rambut dan pembersih wajah. Jeli lidah buaya dapat dioleskan pada permukaan rambut sebelum keramas sebagai penambah nutrisi bagi rambut agar tetap terjaga kesuburannya. Jeli lidah buaya juga bisa dijadikan masker alami bagi wanita karier yang tidak sempat merawat wajah di salon. Jeli lidah buaya hanya perlu dioleskan pada permukaan wajah selama beberapa menit, kemudian basuh dengan air hangat. Jika rutin dilakukan, perawatan kosmetik alami menggunakan tanaman ini akan memberikan hasil yang diharapkan. Di samping dapat digunakan sebagai kosmetik alami, lidah buaya juga bermanfaat sebagai obat herbal untuk menyembuhkan luka ringan. Dalam pemakaian untuk perawatan kulit, lidah buaya dapat melembapkan wajah, menghilangkan jerawat pada wajah, serta menghapus bekas luka.

Sumber: http://www.berbagaireviews.com/2017/11/contoh-teks-laporan-hasil-observasi.html, dengan penyesuaianundefined 

Yang termasuk ke dalam struktur deskripsi bagian dalam teks tersebut adalah...undefined 

  1. paragraf pertamaundefined 

  2. paragraf kedua dan ketigaundefined 

  3. paragraf ketiga dan keempatundefined 

  4. paragraf kedua dan keempatundefined 

  5. paragraf keempatundefined 

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan B.undefined 

Pembahasan

Deskripsi bagian dalam teks laporan hasil observasi merupakan bagian yang berisi gambaran tentang konsep yang dilaporkan secara rinci. Yang termasuk ke dalam struktur deskripsi bagian dalam teks tersebut adalah paragraf kedua dan ketiga, karena berisi pengembangan dari paragraf satu yang merupakan definisi umum teks laporan hasil observasi. Paragraf kedua menjelaskan pertumbuhan serta anatomi tanaman lidah buaya, sedangkan paragraf ketiga menjelaskan perawatan tanaman lidah buaya.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan B.undefined 

385

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Tanggapan yang tepat untuk penggalan laporan tersebut adalah ….

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia