Roboguru

Yang termasuk ke dalam struktur argumentasi dalam teks eksposisi tersebut adalah ....

Pertanyaan

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 s.d. 5!


Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia

    Sistem pendidikan Indonesia dewasa ini mengalami suatu perubahan yang sangat signifikan. Perubahan tersebut berkaitan dengan kurikulum yang digunakan dalam dunia pendidikan Indonesia. Kurikulum 2006 yang sejak lama dipakai dan diganti dengan kurikulum 2013. Walaupun tidak semua sekolah menggunakan kurikulum tersebut, kurikulum ini tetap berjalan sebagaimana mestinya.

    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam beberapa kesempatan menjelaskan bahwa kurikulum 2013 diprioritaskan pada sekolah-sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah berstandar internasional. Syarat keterjangkauan distribusi buku juga menjadi syarat terhadap sekolah pelaksana kurikulum 2013.

    Kemendikbud juga menerangkan bahwa kurikulum 2013 ini fokus pada pembangunan sikap, pengetahuan, keterampilan, karakter yang berlandaskan pada pendekatan ilmiah atau scientific approach. Selain itu, kurikulum 2013 juga menitikberatkan pada hubungan antara pembelajaran dan rasa syukur pada pemberian Tuhan Yang Maha Esa kepada manusia selaku pengelola alam sekitar. Khususnya mengacu pada pembelajaran yang dimulai dengan mengamati, menanya, menalar, dan mencoba atau mencipta.

    Musliar Kasim selaku Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan beranggapan bahwa kurikulum 2013 lebih menonjolkan praktik daripada hafalan. Selama ini peserta didik  banyak dibebani hafalan yang justru dirasa kurang meningkatkan kreativitas. Melalui kurikulum 2013 ini, pemerintah ingin menghasilkan anak bangsa Indonesia yang produktif, kreatif, dan afektif. Dalam kurikulum 2013, setiap peserta didik dibentuk agar memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Meutia Hatta, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, mengungkapkan bahwa kurikulum 2013 ini bertujuan untuk membentuk karakter generasi berkualitas, cinta tanah air dan bangsanya. Selain itu, kurikulum 2013 juga menitikberatkan peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar sehingga generasi mendatang tetap mempunyai jati diri bangsa Indonesia dan berkualitas.

    Namun, ternyata banyak juga masyarakat yang menolak berlakunya kurikulum 2013 ini. Perubahan kurikulum ini dianggap sangat mendadak dan dipaksakan. Bahkan, ada yang beranggapan kurikulum ini kurang fokus karena menggabungkan dua mata pelajaran yang memiliki substansi pokok yang berbeda. Meskipun mata pelajaran yang akan diajarkan dibuat lebih sederhana tingkat pengetahuan dan pemahaman yang dimiliki peserta didik akan semakin berkurang. Hal ini disebabkan mata pelajaran tersebut tidak dipelajari secara utuh, tetapi secara terpisah-pisah sehingga akan membuat peserta didik menjadi bingung.undefined  


Sumber: http://www.materikelas.com/teks-eksposisi-pengertian-struktur-unsur-kebahasaan-dan-contoh-teks-eksposisi singkat-ekonomi-dan-pendidikan/, dengan penyesuaian

Yang termasuk ke dalam struktur argumentasi dalam teks eksposisi tersebut adalah ....space  

  1. paragraf pertamaundefined  

  2. paragraf kedua dan ketigaundefined  

  3. paragraf kedua, ketiga, dan keempatundefined  

  4. paragraf ketiga dan keempatundefined  

  5. paragraf kelimaundefined  

Pembahasan Video:

Pembahasan:

Teks eksposisi adalah teks yang digunakan untuk menyampaikan pendapat tentang suatu permasalahan dengan menyajikan argumen atau pendukung berupa bukti, contoh, dan alasan yang logis.

Salah satu struktur teks eksposisi adalah argumentasi. Bagian ini berisi penjelasan secara lebih mendalam tentang pernyataan tesis (pendapat) yang diyakini kebenarannya melalui pengungkapan fakta-fakta sebagai penjelasan argumen penulis. Argumentasi dapat berupa alasan logis, data hasil temuan, fakta-fakta, bahkan pernyataan para ahli.

Gagasan utama teks:

  • Paragraf 2: Penjelasan pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bahwa kurikulum 2013 diprioritaskan pada sekolah-sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah berstandar internasional.
  • Paragraf 3: Keterangan pihak Kemendikbud bahwa kurikulum 2013 berfokus pada pembangunan sikap, pengetahuan, keterampilan, karakter yang berlandaskan pada pendekatan ilmiah atau scientific approach.
  • Paragraf 4: Penjelasan Musliar Kasim selaku Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang beranggapan bahwa kurikulum 2013 lebih menonjolkan praktik daripada hafalan.

Ketiga paragraf tersebut merupakan penjelasan argumen yang berupa alasan logis dan pendapat para ahli. 

Yang termasuk ke dalam struktur argumentasi dalam teks eksposisi tersebut adalah paragraf kedua, ketiga, dan keempat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space  

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Dari data kepolisian dan rumah sakit diperkirakan terdapat 70% s.d. 75% kasus penyalahgunaan narkoba terjadi pada kelompok remaja. Sebanyak 82% berasal dari tingkat ekonomi mengengah ke atas dan 18% d...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved