Roboguru

Yang termasuk bahasa formal yaitu ....

Pertanyaan

Yang termasuk bahasa formal yaitu ....space 

  1. Besok aku akan datang ke acara perpisahan kelas XII di aula sekolah. Tapi aku gak bisa lama, cuman dua jam saja.space 

  2. Elu baiknya gak duduk di sisi panggung biar lebih aman.space 

  3. Pagi sekarang ane berangkat ke pesantren. Doain ane ya biar betah di sono.space 

  4. Pendidikan merupakan cara terbaik untuk mengubah masa depan. Menjadikan hidup
    menjadi berarti, bermakna, dan bermartabat.space 

  5. Banyak warga desa sebrang yang jadi korban kebakaran tempo ari.space 

Pembahasan Soal:

Ceramah adalah kegiatan menyampaikan informasi, nasihat, ataupun ajakan di depan khalayak secara lisan.

Ceramah disampaikan dengan bahasa yang formal. Bahasa formal adalah bahasa yang sesuai dengan kaidah tata bahasa.

Pernyataan yang termasuk bahasa formal yaitu pendidikan merupakan cara terbaik untuk mengubah masa depan. Menjadikan hidup menjadi berarti, bermakna, dan bermartabat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Ayu

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tulislah ringkasan isi ceramah tersebut.

Pembahasan Soal:

Ringkasan adalah penyajian kembali isi teks secara lebih singkat tanpa mengubah urutan gagasan pokok yang ada dalam teks. Teks ceramah di atas terdiri atas tiga paragraf yang memuat penjabaran mengenai sikap bersyukur sebagai cara terbaik untuk mengungkapkan rasa berkecukupan. Terdapat berbagai informasi penting terkait rasa syukur yang dapat diringkas.

Dengan demikian, berikut adalah ringkasan isi ceramah tersebut.

     Bersyukur adalah cara terbaik untuk mengungkapkan rasa berkecukupan meskipun pada kenyataannya tidak demikian. Lihatlah ke bawah atas segala hal yang telah kita raih karena orang-orang di sekitar kita bahkan tak memiliki hal seperti yang kita miliki. Sikap bersyukur bukan penghalang bagi kita untuk terus melangkah mewujudkan mimpi. Akan tetapi, hal tersebut dijadikan penyemangat agar kita tak pernah mengeluh saat melihat orang yang sudah lebih dulu berhasil atau mampu meraih lebih banyak dari kita. Mensyukuri kehilangan adalah bentuk kesyukuran yang luar biasa daripada mensyukuri hal yang telah diperoleh karena pada dasarnya bersyukur berarti menerima sepenuhnya semua hal yang didapat, baik keberhasilan atau kegagalan.space  

0

Roboguru

Perhatikan kutipan teks ceramah berikut! (1) Pemilihan kata-kata oleh masyarakat akhir-akhir ini cenderung makin menurun kesantunannya dibandingkan dengan zaman saya dahulu kanak-kanak. (2) Hal ters...

Pembahasan Soal:

Kalimat majemuk hubungan sangkalan merupakan kalimat majemuk yang digunakan untuk memberikan bantahan terhadap suatu hal, ditandai oleh kata penghubung atau konjungsi seolah, seolah-olah, seakan, dan seakan-akan. Kalimat majemuk sangkalan ditunjukkan oleh kalimat (3). Dalam kalimat tersebut terdapat lebih dari satu predikat, yaitu menyerang, menggores, dan menerima. Konjungsi yang menandai hubungan sangkalan dalam kalimat tersebut adalah seakan-akan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space

0

Roboguru

Manakah kutipan berikut ini yang merupakan kalimat perintah ....

Pembahasan Soal:

Menurut KBBI, ceramah adalah pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar, mengenai suatu hal, pengetahuan, dan sebagainya. Kegiatan ceramah dilakukan dengan berbagai tujuan, antara lain untuk siar agama, sosialisasi program, menyampaikan apresiasi, dan sebagai metode mengajar. Teks ceramah memiliki ciri kebahasaan atau fitur bahasa yang membedakannya dengan jenis teks yang lain. Salah satu ciri kebahasaan teks ceramah adalah adanya kalimat perintah atau imperatif.

Kalimat perintah atau imperatif merupakan kalimat yang digunakan untuk menyatakaan permintaan atau perintah. Kalimat ini ditandai dengan adanya tanda seru (!) atau kata-kata berupa ajakan dan larangan, seperti ayo, marilah, jangan, jauhi. Misalnya, Ayo bergerak bersama!

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kutipan pada teks di atas yang merupakan kalimat perintah terdapat pada kalimat 1 dan 3, yaitu pada kalimat Siaplah, keadaan genting! dan Jangan mulai menembak.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space  

0

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan istilah sambutan, pidato, ceramah, dan khotbah?

Pembahasan Soal:

Ceramah adalah pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar mengenai suatu hal, seperti pengetahuan, ajakan, ajaran, atau yang lainnya. Ceramah merupakan keterampilan berbicara yang sejenis dengan pidato, sambutan, dan khotbah. Perbedaan penyebutan keempat istilah tersebut disebabkan oleh berbedanya situasi dan isi yang disampaikan. Sebagai contoh, istilah sambutan sering digunakan untuk pidato yang dilakukan pada saat acara penyambutan tamu dan sejenisnya. lstilah khotbah sering digunakan untuk pidato yang dilakukan pada ritual khusus keagamaan. Sementara itu, istilah pidato sendiri sering digunakan pada situasi formal, seperti acara kenegaraan atau politik. Namun, keempatnya memiliki esensi yang sama, yaitu menyampaikan suatu gagasan atau informasi di depan orang banyak.

Dengan demikian, sambutan digunakan untuk pidato yang dilakukan pada saat acara penyambutan tamu dan sejenisnya; pidato sering digunakan pada situasi formal, seperti acara kenegaraan atau politik; ceramah adalah pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar mengenai suatu hal, seperti pengetahuan, ajakan, ajaran, atau yang lainnya; khotbah sering digunakan untuk pidato yang dilakukan pada ritual khusus keagamaan.

0

Roboguru

Kalimat imperatif dalam kutipan ceramah tersebut ditandai nomor ....

Pembahasan Soal:

Teks ceramah mempunyai ciri kebahasaan yang berbeda dengan teks lainnya. Secara umum, teks ceramah menggunakan bahasa yang komunikatif. Berikut adalah jenis kata yang sering dimuat dalam teks ceramah.

  1. Kata Sapaan: Kata ini digunakan untuk menyapa audiensi agar memunculkan kesan sopan dan hormat. Misalnya, Saudara, hadirin, atau teman-teman.
  2. Kata Ganti: Kata ini digunakan untuk menunjuk orang pertama (tunggal ataupun jamak). Misalnya, saya, kita, dan kami.
  3. Kata Teknis: Kata ini digunakan dalam konteks tertentu untuk menjelaskan peristiwa atau teori yang mendukung argumen penceramah, misalnya periferal, rekonsiliasi, statuta, dan sebagainya.
  4. Kata Kerja Mental: Kata ini digunakan untuk memaparkan argumen yang berkenaan dengan konteks topik, misalnya berasumsi, mengira, menyangsikan, dan sebagainya.
  5. Konjungsi Kausalitas dan Temporal: Dua konjungsi ini berfungsi untuk menjelaskan hubungan sebab-akibat dan urutan waktu, misalnya karena dan akhirnya.
  6. Kalimat Imperatif: Kalimat ini juga dikenal sebagai kalimat perintah yang biasanya menggunakan keterangan modalitas yang bertujuan memersuasi audiensi untuk membentuk suatu opini atau untuk melakukan suatu hal, misalnya harus, sebaiknya, seharusnya, barangkali, jangan, dan sebagainya.

Pada kutipan ceramah di atas, kalimat imperatif terdapat pada kalimat nomor (4) dan (5).

"Masyarakat harus bisa memilah-milah informasi yang benar dan yang tidak benar atau hoax."

"Jangan mudah terprovokasi dengan berita-berita yang belum tentu kebenarannya."

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan E.space  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved