Iklan

Iklan

Pertanyaan

Yang merupakan tindakan recycle limbah padat adalah … Daur ulang kertas Memanfaatkan gelas air mineral sebagai wadah pembibitan tanaman Pembuatan pupuk kompos Pembuatan tas dari bahan kantong plastik

Yang merupakan tindakan recycle limbah padat adalah …

  1. Daur ulang kertas
  2. Memanfaatkan gelas air mineral sebagai wadah pembibitan tanaman
  3. Pembuatan pupuk kompos
  4. Pembuatan tas dari bahan kantong plastikspace

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

yang merupakan tindakan recycle limbah padat adalah 1, 3, dan 4.Nomor 2 tidak termasuk recycle karena gelas air mineral yang dimanfaatkan untuk wadah pembibitan tanaman digunakan dalam bentuk aslinya, sehingga nomor 2 merupakan contoh reuse .

yang merupakan tindakan recycle limbah padat adalah 1, 3, dan 4. Nomor 2 tidak termasuk recycle karena gelas air mineral yang dimanfaatkan untuk wadah pembibitan tanaman digunakan dalam bentuk aslinya, sehingga nomor 2 merupakan contoh reuse.space

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Recycle merupakan proses pengumpulan dan pemrosesan limbah menjadi produk baru yang berdaya guna. Kegiatan tersebut masuk ke dalamtiga langkah pengolahan limbah yaitu reduce , reuse, dan recycle . Recycle bertujuan untuk kelestarian lingkungan dan hasilnya juga dapat dimanfaatkankembali. Dengan adanya kegiatan tersebut produksi limbah dapatditekan. Limbah padat merupakan sisa kegiatan sehari-hari manusia dan/atauproses alam yang berbentuk padat terdiri atas bahan organik dan bahan anorganik yang dianggap tidak berguna lagi dan harus dikelola agar tidak membahayakan lingkungan. Berdasarkan komposisinya, limbah padat dapat dibedakan menjadi dua, yaitu : Limbah padat basah→ berbentuk bahan-bahan organik yang mudah terurai oleh mikroorganisme. Pada umumnya dimanfaatkan sebagai kompos. Contoh: sisa makanan, sayuran, kulit buah lunak, dan daun. Limbah padat kering →berbentuk bahan organik dan anorganik yang tidak cepat terurai mikroorganisme sehingga sulit mengalami pembusukan. Limbah padat kering anorganik dapat dimanfaatkan kembali menjadi produk lain yang bermanfaat. Contoh: kertas, plastik, wadah pembungkus makanan atau minuman, kaleng, kayu, logam, dan gelas atau kaca. Dengan demikian, yang merupakan tindakan recycle limbah padat adalah 1, 3, dan 4. Nomor 2 tidak termasuk recycle karena gelas air mineral yang dimanfaatkan untuk wadah pembibitan tanaman digunakan dalam bentuk aslinya, sehingga nomor 2 merupakan contoh reuse .

Recycle merupakan proses pengumpulan dan pemrosesan limbah menjadi produk baru yang berdaya guna. Kegiatan tersebut masuk ke dalam tiga langkah pengolahan limbah yaitu reducereuse, dan recycleRecycle bertujuan untuk kelestarian lingkungan dan hasilnya juga dapat dimanfaatkan kembali. Dengan adanya kegiatan tersebut produksi limbah dapat ditekan.

Limbah padat merupakan sisa kegiatan sehari-hari manusia dan/atau proses alam yang berbentuk padat terdiri atas bahan organik dan bahan anorganik yang dianggap tidak berguna lagi dan harus dikelola agar tidak membahayakan lingkungan. Berdasarkan komposisinya, limbah padat dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :

  • Limbah padat basah → berbentuk bahan-bahan organik yang mudah terurai oleh mikroorganisme. Pada umumnya dimanfaatkan sebagai kompos. Contoh: sisa makanan, sayuran, kulit buah lunak, dan daun.
  • Limbah padat kering → berbentuk bahan organik dan anorganik yang tidak cepat terurai mikroorganisme sehingga sulit mengalami pembusukan. Limbah padat kering anorganik dapat dimanfaatkan kembali menjadi produk lain yang bermanfaat. Contoh: kertas, plastik, wadah pembungkus makanan atau minuman, kaleng, kayu, logam, dan gelas atau kaca.

Dengan demikian, yang merupakan tindakan recycle limbah padat adalah 1, 3, dan 4. Nomor 2 tidak termasuk recycle karena gelas air mineral yang dimanfaatkan untuk wadah pembibitan tanaman digunakan dalam bentuk aslinya, sehingga nomor 2 merupakan contoh reuse.space

Latihan Bab

Konsep Kilat

Keseimbangan dan Perubahan Lingkungan Hidup

Pencemaran Air

Pencemaran Tanah

412

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan sifat atau tekstur dari limbah kertas!

506

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia