Iklan

Iklan

Pertanyaan

Yang merupakan penerapan HukumArchimedes adalah …

Yang merupakan penerapan Hukum Archimedes adalah   

  1. Jembatan ponton, dongkrak hidrolik, balon udaraundefined 

  2. Kapal selam, gelangan kapal, tekoundefined 

  3. Jembatan ponton, waterpas, dongkrak hidrolikundefined 

  4. Kapal selam, balon udara, jembatan pontonundefined 

Iklan

A. Sekar

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D. space 

Iklan

Pembahasan

Yang merupakan penerapan Hukum Archimedes adalah kapal selam, balon udara, jembatan ponton. Penerapan Hukum Archimedes Pada Kapal Selam. Badan kapal selam mempunyai rongga udara yang berfungsi sebagai tempat masuk dan keluarnya air atau udara. Ketika mengapung, rongga terisi dengan udara sehingga volume air yang dipindahkan sama dengan berat kapal. Sesuai dengan prinsip Archimedes, kapal selam akan mengapung. Ketika rongga katup atas dan katup bawah pada rongga kapal selam dibuka, maka udara dalam rongga keluar atau air masuk mengisi rongga tersebut. Akibatnya, kapal mulai tenggelam. Dalam keadaan ini, kapal selam dalam keadaan melayang. Jika katup udara pada rongga dibuka kembali maka volume air dalam rongga akan bertambah sehingga kapal selam akan tenggelam. Penerapan Hukum Archimedes Pada Balon Udara. Balon udaraini dapat melayang karena di dalam balon tersebut berisi gas hidrogen atau helium. Massa jenis hidrogen atau helium ini lebih ringan dibanding dengan udara. Balon udara ini dapat melayang karena berisi gas yang memiliki massa jenis labih kecil dari massa jenis udara. Penerapan Hukum Archimedes Pada Jembatan Poton. Pembuatan jembatan ponton menggunakan hukum Archimedes. Jembatan ini terbuat dari susunan drum kosong. Namun, drum tersebut harus dikosongkan dan ditutup sebelum ditata menjadi jembatan.Dengan begitu, massa jenis drum lebih kecil dibanding massa jenis air. Sehingga, jembatan ponton dapat terapung. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Yang merupakan penerapan Hukum Archimedes adalah kapal selam, balon udara, jembatan ponton.

Penerapan Hukum Archimedes Pada Kapal Selam. 

Badan kapal selam mempunyai rongga udara yang berfungsi sebagai tempat masuk dan keluarnya air atau udara. Ketika mengapung, rongga terisi dengan udara sehingga volume air yang dipindahkan sama dengan berat kapal. Sesuai dengan prinsip Archimedes, kapal selam akan mengapung. Ketika rongga katup atas dan katup bawah pada rongga kapal selam dibuka, maka udara dalam rongga keluar atau air masuk mengisi rongga tersebut. Akibatnya, kapal mulai tenggelam. Dalam keadaan ini, kapal selam dalam keadaan melayang. Jika katup udara pada rongga dibuka kembali maka volume air dalam rongga akan bertambah sehingga kapal selam akan tenggelam.

Penerapan Hukum Archimedes Pada Balon Udara.

Balon udara ini dapat melayang karena di dalam balon tersebut berisi gas hidrogen atau helium. Massa jenis hidrogen atau helium ini lebih ringan dibanding dengan udara. Balon udara ini dapat melayang karena berisi gas yang memiliki massa jenis labih kecil dari massa jenis udara. 

Penerapan Hukum Archimedes Pada Jembatan Poton.

Pembuatan jembatan ponton menggunakan hukum Archimedes. Jembatan ini terbuat dari susunan drum kosong. Namun, drum tersebut harus dikosongkan dan ditutup sebelum ditata menjadi jembatan. Dengan begitu, massa jenis drum lebih kecil dibanding massa jenis air. Sehingga, jembatan ponton dapat terapung.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

23

Rafif Santosa

Makasih ❤️

Rio Rino

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar berikut ini! Berdasarkan gambar di atas, massa jenis zat cair, massa jenis balok P, dan massa jenis balok Q yang memungkinkan adalah ....

18

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia