Roboguru

Yang merupakan hasil pergerakan tektonik pada batuan lunak adalah...

Pertanyaan

Yang merupakan hasil pergerakan tektonik pada batuan lunak adalah...undefined

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Batuan lunak adalah batuan yang mengandung berbagai kekar (rekahan) yang berjarak antara 30 - 500 mm dengan material isiannya. Apabila terjadi pergerakan lempeng tektonik pada batuan lunak yang memiliki banyak kekar atau zona subduksi pertemuan dua lempeng tektonik, maka akan timbul suatu gaya pada batuan dan membentuk lipatan.

Dengan demikian, hasil dari pergerakan tektonik pada batuan lunak adalah lipatan.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Entry

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Secara geologis Indonesia terletak diantara tiga lempeng tektoik besar yaitu lempeng Indo Australia, Eurasia dan lempeng Pasifik. Hal ini tentu berimplikasi pada wilayah Indonesia yaitu ...

Pembahasan Soal:

Letak geologis merupakan letak suatu wilayah berdasarkan struktur dan komposisi batuan yang membentuk bumi. Letak geologis Indonesia juga terletak diantara tiga lempeng utama di dunia, yaitu lempeng Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik. Kondisi itu menyebabkan kenapa Indonesia sering terjadi gempa bumi. Gempa bumi bisa terjadi akibat tumbukan antar lempeng.  Kemudian Indonesia juga terletak pada pusat pertemuan dua pegunungan muda, yaitu pegunungan sirkum Mediterania dan pegunungan Sirkum Pasifik. Jadi Indonesia rawan akan terjadi bencana gempa bumi bisa diakibatkan oleh pergerakan lempeng atau karena letusan gunung berapi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space 

Roboguru

Indonesia berada pada pertemuan 3 lempeng, yaitu ....

Pembahasan Soal:

Indonesia merupakan daerah rawan gempa bumi karena dilalui oleh jalur pertemuan 3 lempeng tektonik, yaitu : Lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik. Lempeng Indo-Australia bergerak relatif ke arah utara dan menyusup ke dalam lempeng Eurasia, sementara lempeng Pasifik bergerak relatif ke arah barat.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Berdasarkan peta gerak lempeng tektonik di atas, apa yang dapat dijelaskan dari posisi tektonik Indonesia?

Pembahasan Soal:

Berdasarkan peta gerak lempeng tektonik tersebut, posisi tektonik Indonesia terletak di antara tiga pertemuan lempeng besar. Lempeng besar tersebut adalah lempeng Eurasia, Indo-Australia, dan Pasifik. Lempeng Indo-Australia bergerak ke arah utara dan menyusup ke dalam lempeng Eurasia, sedangkan Lempeng Pasifik bergerak ke arah barat. 

Roboguru

Indonesia terletak di pertemuan tiga lempeng aktif dunia yaitu, lempeng Indo-Australia, Pasifik dan Eurasia. Pernyataan tersebut menunjukan letak … Indonesia.

Pembahasan Soal:

  • Letak geologis Indonesia berada pada pertemuan tiga lempeng aktif dunia
  • Letak astronomis Indonesia adalah 9oLU-11oLS dan 95oBT-141oBT
  • Letak geografis Indonesia diapit oleh dua benua (Benua Asia dan Australia) dan dua samudra (Samudra Pasifik dan Samudra Hindia)
  • Letak geomorfologis Indonesia dilewati oleh dua sirkum pegunungan muda (Sirkum Pasifik dan Mediterania)
  • Letak sosio-kultural Indonesia adalah sebagai bagian dari peradaban dunia
Roboguru

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini: 1)   terletak di daerah tropis dengan curah hujan yang tinggi 2)   memiliki banyak patahan dan sesar aktif 3)   terletak di antara dua benua dan dua sa...

Pembahasan Soal:

Indonesia merupakan wilayah pertemuan tiga lempeng aktif dunia, yaitu Eurasia, Pasifik, dan Indo-Australia. Interaksi ketiga lempeng tersebut, terbentuknya jalur pegunungan muda, keberadaan patahan dan sesar aktif merupakan faktor geologi yang menyebabkan SDA di Indonesia begitu tinggi. Contoh potensi yang muncul dari aktivitas-aktivitas geologi di Indonesia adalah pertambangan dan geotermal.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved