Roboguru

Yang merupakan contoh dari konsep perubahan adalah ...

Pertanyaan

 Yang merupakan contoh dari konsep perubahan adalah ...

  1. Sistem Negara parlementer menjadi presiden

  2. Kehidupan masyarakat beragama

  3. Kehidupan era reformasi sampai sekarang

  4. Saling membantu dalam masyarakat

Pembahasan Soal:

Perubahan adalah bagian tak terpisahkan dalam sejarah. Sejarah terdiri dari perubahan-perubahan dan keberlanjutan. Perubahan sendiri dapat merupakan sebuah peristiwa sejarah. Perubahan dapat berupa perubahan bentuk pemerintahan, penemuan baru, perubahan nilai budaya dan sebagainya. Perubahan dapat membawa dari satu periode ke periode lain. Perubahan dapat berlangsung secara cepat dan mendadak (revolusi) atau bertahap dan dalam waktu lama (evolusi). Contoh dari perubahan adalah sistem negara parlementer berubah menjadi presiden.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Salah satu contoh konsep perubahan dan keberlanjutan dalam kehidupan bernegara adalah ....

Pembahasan Soal:

Proses keberlanjutan dalam sejarah dipengaruhi oleh adanya perubahan di setiap zaman sehingga akan berpengaruh di masa sekarang hingga masa yang akan datang. Salah satu konsep perubahan dan keberlanjutan dalam kehidupan bernegara adalah pembangunan. Pembangunan sendiri merupakan proses pertumbuhan terencana yang berangkat dari masa lalu untuk dikerjakan di masa sekarang serta mempersiapkan untuk keberlangsungan di masa yang akan datang.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.

3

Roboguru

Jelaskan maksud dari manusia masa kini merupakan akibat dari perubahan di masa lalu!

Pembahasan Soal:

Kehidupan manusia masa masa kini merupakan akibat dari perubahan di masa lalu. Hal ini karena setiap peristiwa saling berkaitan dan terdapat adanya hubungan kausalitas (sebab akibat). Setiap peristiwa-peristiwa dalam sejarah saling terkait, karena peristiwa sejarah tidak berdiri sendiri, namun terdapat hubungan kausalitas (sebab akibat). Hal ini menyebabkan peristiwa sejarah di masa lalu masih memiliki pengaruh hingga sekarang.

Dengan demikian, manusia masa kini merupakan akibat dari perubahan di masa lalu merupakan bentuk perubahan dalam setiap peristiwa kehidupan manusia.

0

Roboguru

Warga Kecamatan Malunda, Majene, Sulawesi Barat membangun permukiman baru setelah dilanda gempa pada awal 2021. Fenomena tersebut menunjukkan adanya perubahan sosial yang disebabkan oleh faktor....

Pembahasan Soal:

Perubahan adalah keadaan yang berubah, dimana keadaan yang sekarang tidak sama dengan keadaan yang akan datang.  Ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya suatu perubahan. Faktor-faktor itu masuk ke dalam dua kategori, yaitu internal dan eksternal.

Faktor Internal Perubahan

  1. Bertambah dan berkurangnya jumlah penduduk. Jumlah penduduk yang bertambah akan mempengaruhi lembaga kemasyarakatan.
  2. Penemuan-penemuan baru yang terdiri dari invention (penemuan dari suatu unsur kebudayaan baru yang sudah diakui, diterima, dan diterapkan oleh masyarakat) dan discovery (penemuan unsur kebudayaan baru, baik berupa alat ataupun gagasan)
  3. Pertentangan dalam masyarakat. Pertentangan dapat terjadi antar individu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok.
  4. Pemberontakan atau revolusi dalam masyarakat. Contohnya adalah Revolusi Prancis yang terjadi pada tahun 1789 mengubah sistem pemerintahan dari monarki menjadi republik.

Faktor Eksternal Perubahan

  1. Lingkungan fisik, contohnya adalah bencana tsunami Aceh yang terjadi pada 26 Desember 2004. Pasca peristiwa tersebut menyebabkan puluhan ribu orang meninggal dunia, rusaknya infrastruktur, dan lumpuhnya aktivitas masyarakat Aceh.
  2. Peperangan, contohnya, Jerman mengalami perubahan ideologi setelah Perang Dunia II berakhir, yaitu terbaginya Jerman Barat yang berideologi liberal (Amerika Serikat) dan Jerman Timur yang berideologi komunis (Uni Soviet).
  3. Pengaruh kebudayaan asing. Masuknya budaya baru (asing) ke dalam suatu masyarakat akan mempertemukan dua kebudayaan yang saling mempengaruhi satu sama lain. Pengaruh ini disebut dengan akulturasi yang berarti perpaduan antara dua kebudayaan atau lebih yang berbeda serta berlangsung secara damai dan serasi, dimana kebudayaan asli (lokal) tidak hilang.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah A.

4

Roboguru

Berdasarkan keadaaannya, perubahan dibagi menjadi 2 yaitu ...

Pembahasan Soal:

Perubahan adalah bagian tak terpisahkan dalam sejarah. Sejarah terdiri dari perubahan-perubahan dan keberlanjutan. Perubahan sendiri dapat merupakan sebuah peristiwa sejarah. Perubahan dapat berupa perubahan bentuk pemerintahan, penemuan baru, perubahan nilai budaya, dan sebagainya. Perubahan dapat membawa dari satu periode ke periode lain. Perubahan dapat berlangsung secara cepat dan mendadak (revolusi) atau bertahap dan dalam waktu lama (evolusi). Jika dilihat dari keadaannya, perubahan sosial dibagi menjadi dua yaitu, perubahan yang direncanakan dan tidak direncanakan:

  1. Perubahan yang dikehendaki atau direncanakan. Perubahan yang dikehendaki atau yang direncanakan merupakan perubahan yang telah diperkirakan atau direncanakan terlebih dahulu oleh pihak-pihak yang hendak melakukan perubahan di masyarakat.
  2. Perubahan yang tidak dikehendaki atau yang tidak direncanakan. Salah satu perubahan sosial yang terjadi dalam kehidupan sosial adalah perubahan yang tidak dikehendaki atau yang tidak direncanakan. Perubahan semacam ini merupakan perubahan yang terjadi di luar kehendak masyarakat dan dapat menyebabkan timbulnya akibat-akibat sosial yang tidak diharapkan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Perhatikan wacana berikut ini ! Pemuda Indonesia mempunyai peran penting sebagai penggerak perubahan salah satunya adalah pendirian sekolah Taman Siswa yang bertujuan untuk mencerdaskan bangsa Indon...

Pembahasan Soal:

Dari teks di atas, dapat dilihat adanya peran pemuda sebagai penggerak perubahan terus berlanjut dan mengalami keberlanjutan meski berbeda zaman. Pada masa pergerakan nasional salah satu cara pemuda untuk mencerdaskan bangsa adalah dengan mendirikan sekolah-sekolah yang menjadi wadah pembelajaran seperti sekolah Taman Siswa yang didirikan oleh Ki Hajar Dewantara. Pada saat ini semangat itu masih berlanjut, salah satunya peran pemuda Indonesia yang berusaha mengembangkan pendidikan dengan memanfaatkan teknologi digital demi terwujudkan pendidikan Indonesia yang lebih baik seperti aplikasi Ruangguru yang dikembangkan oleh Adamas Belva Syah dan Iman Usman.

Berdasarkan pembahasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah C

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved