Roboguru

Yang dimaksud dengan orientasi pada teks tersebut adalah...

Yang dimaksud dengan orientasi pada teks tersebut adalah...undefined 

  1. Penjelasan keberadaan sebagai novel yang mendapat penghargaan, sekaligus mendapat perhatian yang cukup besar dari banyak kalangan.undefined 

  2. Ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi novel.undefined 

  3. Paparan tentang keberadaan unsur-unsur cerita, seperti tema, penokohan, dan alur.undefined 

  4. Paparan tentang kelebihan dan kekurangan suatu karya.undefined 

Jawaban:

Sebuah teks ulasan dibangun oleh beberapa bagian yang membuat teks tersebut menjadi utuh. Adapun struktur teks ulasan adalah sebagai berikut:

  1. Identitas: mencakup judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, dan ukuran buku. Bagian ini mungkin saja tidak dinyatakan secara langsung, seperti yang tampak pada teks ulasan film dan lagu.
     
  2. Orientasi: bagian yang berisi gambaran umum dari sebuah drama atau film yang diulas. Bagian ini menjelaskan kepada pembaca tentang latar belakang suatu karya.
  3. Sinopsis: berupa ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi novel.

  4. Analisis: berupa paparan tentang keberadaan unsur-unsur cerita, seperti tema, penokohan, dan alur.

  5. Tafsiran: bagian yang berisi gambaran detail suatu karya yang sedang diulas. Biasanya yang diulas adalah bagian-bagian yang menarik atau unik yang membuatnya berbeda dari yang lain.
     
  6. Evaluasi: bagian yang berisi pandangan dari orang yang mengulas suatu karya. Data yang diberikan harus objektif atau sesuai dengan fakta.
     
  7. Rangkuman: bagian akhir yang memuat pendapat dari pengulas mengenai suatu karya apakah berkualitas atau tidak, apakah layak untuk ditonton atau tidak.

Yang dimaksud dengan orientasi pada teks tersebut adalah penjelasan keberadaan sebagai novel yang mendapat penghargaan, sekaligus mendapat perhatian yang cukup besar dari banyak kalangan. Berdasarkan kutipan berikut:

Atheis merupakan salah satu novel terbaik yang memperoleh hadiah tahunan pemerintah RI tahun 1969. R.J. Maguire menerjemahkan novel ini ke dalam bahasa lnggris tahun 1972. Sementara itu, Sjuman Djaya mengangkatnya ke layar perak tahun 1974 dengan judul yang sama.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan A.undefined 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved