Roboguru

Write the moral lesson of "Timun Mas" legend!

Write the moral lesson of "Timun Mas" legend!

Jawaban:

Soal ini meminta kita memberikan nilai moral dari cerita "Timun Mas".

Untuk dapat menjawab soal ini, kamu harus sudah tahu cerita "Timun mas". Cerita tersebut mengisahkan seorang gadis pemberani yang berhasil meloloskan diri dari seorang raksasa. Ibunya, Mbok Srini, memerintahkannya Timun Mas untuk lari dengan membekalinya empat benda, yaitu: benih timun ajaib, jarum garam dan adonan udang. Ketika sedang dikejar oleh si raksasa, Timun Mas melemparkan benda-benda tersebut satu per satu.

Ketika dia melemparkan benih timun ajaib dan berubah menjadi semak belukar yang melilit si raksasa. Namun, raksasa bisa meloloskan diri. Kemudian Timun Mas melemparkan jarum dan seketika berubah menjadi hutan bambu. Si raksasa bisa meloloskan diri namun dia sedikit terluka. Kemudian Timun Mas melemparkan garam yang berubah menjadi laut. Si raksasa tenggelam, namun dia bisa berenang dan tetap mengejar Timun Mas. Yang terakhir, dia melemparkan adonan udang yang berubah menjadi lumpur vulkanik yang menenggelamkan si raksasa. Akhirnya, Timun Mas bisa meloloskan diri dan kembali ke pelukan Mbok Srini.

Dari setiap usaha yang dilakukan oleh Timun Mas, kita bisa lihat bahwa nilai moral yang bisa kita lihat adalah bahwa dia sangat berani dan pantang menyerah sampai akhirnya dia bisa meloloskan diri. Dalam bahasa Inggris "sangat berani" disebut "brave" dan "pantang menyerah" berarti "never give up".

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah: From the story of Timun Mas we learn that we have to be brave and never give up.

1

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved