Roboguru

Work in pairs. Arrange the dialogue below into a good one. Then, practise it with your partner. (____) Adi: Hi, Ira. (____) Ira: Hello, Adi. (____) Adi: That's a relief. And also I heard that you became the first winner in that competition. Is that right? (____) Ira: Well, everything was running smoothly. (____) Adi: That's quite good, I think. You have done your best. Keep on trying! (____) Ira: No, it isn't. I am the second winner. (____) Adi: How was your storytelling competition yesterday?

Pertanyaan

Work in pairs. Arrange the dialogue below into a good one. Then, practise it with your partner.


(____) Adi: Hi, Ira.

(____) Ira: Hello, Adi.

(____) Adi: That's a relief. And also I heard that you became the first winner in that competition. Is that right?

(____) Ira: Well, everything was running smoothly.

(____) Adi: That's quite good, I think. You have done your best. Keep on trying!

(____) Ira: No, it isn't. I am the second winner.

(____) Adi: How was your storytelling competition yesterday?

Pembahasan Soal:

Berdasarkan kalimat-kalimat yang terdapat pada dialog di atas, urutan pertama adalah baris pertama yang apabila diterjemahkan akan menjadi "Hai, Ira." Kemudian, urutan kedua adalah baris kedua yang apabila diterjemahkan akan menjadi "Halo, Adi." Kemudian, urutan ketiga adalah baris ketujuh yang apabila diterjemahkan akan menjadi "Bagaimana lomba bercerita yang kamu jalani kemarin?" Kemudian, urutan keempat adalah baris keempat yang apabila diterjemahkan akan menjadi "Semuanya berjalan dengan lancar." Kemudian, urutan kelima adalah baris ketiga yang apabila diterjemahkan akan menjadi "Sungguh melegakan Aku juga mendengar bahwa kmau menjadi juara pertama di lomba tersebut. Benarkah?." Kemudian, urutan keenam adalah baris keenam yang apabila diterjemahkan akan menjadi "Oh, tidak. Aku menjadi juara kedua." Kemudian, urutan terakhir adalah baris kelima yang apabila diterjemahkan akan menjadi "Menurutku itu cukup bagus. Kamu telah berusaha semaksimal mungkin. Selamat mencoba terus ya!."

Jadi, jawaban yang benar adalah 1-2-7-4-3-6-5.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Aulia

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Do the following tasks properly. Fill in the blanks with suitable expressions. Father: I'm very happy with your work. (a) _____. Ina:  Thanks, Dad. Is there anything else I can do? Father : No, b...

Pembahasan Soal:

Soal menanyakan kata yang tepat untuk melengkapi rumpang (a) dan (b) pada dialog.

Berdasarkan konteks kalimatnya, rumpang (a) lebih tepat jika dilengkapi oleh kalimat yang menunjukan pujian atau showing compliment dari Ayah Ina karena Ina telah bekerja dengan baik. Salah satu ungkapan yang tepat dalam memberikan pujian adalah dengan menggunakan frasa "Good job."

Berdasarkan konteks kalimatnya, rumpang (b) lebih tepat jika dilengkapi oleh kalimat yang menunjukan rasa setuju atau showing agreement dari Ina karena Ayah Ina menanyakan pendapatnya terkait dengan penanaman moringa di halaman rumah. Salah satu ungkapannya adalah dengan menggunakan frasa "I agree with you."

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah (a). Good job! dan (b). I agree with you.

0

Roboguru

Situation: Julia and Tom talk about their school project 1. Tom: So when will we start our project? 2. Julia: Well, Tom, because we are in a team, I will do my best. 3. Tom: Yup, will you help me t...

Pembahasan Soal:

Soal ini meminta untuk mengurutkan kalimat-kalimat diatas menjadi sebuah dialog yang padu.

Terjemahan dialog yaitu:

1. "Tom: Jadi kapan kita akan memulai proyek kita?"

2. "Julia: Baiklah, Tom, karena kita berada dalam satu tim, aku akan melakukan yang terbaik."

3. "Tom: Ya, maukah kamu membantuku menemukan materi untuk proyek kita?"

4. "Julia: Bagaimana kalau Sabtu sore nanti di rumahku?"

5. "Tom: Kedengarannya bagus."

6. "Julia: Hai, Tom! Apakah kamu siap dengan proyek sekolah kita?"

Berdasarkan terjemahan diatas, urutan kalimat agar menjadi paragraf yang padu adalah sebagai berikut:

Kalimat 1
Kalimat 1 merupakan awal dari percakapan. Pilihan paling tepat untuk mengawali percakapan adalah nomor 6 yaitu, "Julia: Hai, Tom! Apakah kamu siap dengan proyek sekolah kita?".

Kalimat 2
Kalimat 2 diucapkan oleh Tom untuk merespon Julia. Respon paling tepat adalah pilihan nomor 3 yaitu, "Tom: Ya, maukah kamu membantuku menemukan materi untuk proyek kita?".

Kalimat 3
Kalimat 3 diucapkan oleh Julia. Pada dialog sebelumnya, Tom meminta bantuan Julia terkait proyek. Respon yang paling tepat adalah nomor 2 yaitu, "Julia: Baiklah, Tom, karena kita berada dalam satu tim, aku akan melakukan yang terbaik.".

Kalimat 4
Kalimat 4 diucapkan oleh Tom. Julia tidak menanyakan apapun pada dialog sebelumnya. Jadi, Tom mulai bertanya hal lain. Pertanyaan yang diajukan oleh Tom adalah nomor 1 yaitu, "Tom: Jadi kapan kita akan memulai proyek kita?".

Kalimat 5
Kalimat 5 diucapkan oleh Julia. Pada dialog ini, Julia memberi ide terkait dengan pertanyaan Tom pada dialog sebelumnya. Ide tersebut tertuang pada pilihan nomor 4 yaitu, "Julia: Bagaimana kalau Sabtu sore nanti di rumahku?".

Kalimat 6
Kalimat 6 diucapkan oleh Tom. Ia menanggapi ide Julia. Tanggapan paling tepat terdapat pada piliha 5 yaitu, "Tom: Kedengarannya bagus.".

Jadi, jawaban yang benar adalah 6-3-2-1-4-5.

0

Roboguru

Sari: Do you think we will study at school in this pandemic situation? Putu: ____.

Pembahasan Soal:

Soal meminta untuk melengkapi dialog dengan ekspresi yang tepat.

Untuk menentukan ekspresi yang tepat, ada baiknya untuk mengetahui makna dari ucapan Sari. Makna dari ucapan Sari adalah "Apakah kamu pikir kita akan belajar di sekolah di saat situasi pandemi ini?" 

Kalimat yang diucapkan Sari tersebut adalah ekspresi meminta pendapat. Maka, ekspresi untuk melengkapi bagian rumpang adalah ekspresi menyatakan pendapat. Adapun contoh ekspresi tersebut adalah "I think we will not study at school because it is too dangerous" yang artinya " Aku berpendapat kita tidak akan belajar di sekolah karena itu terlalu berbahaya."

Jadi, contoh jawaban yang benar adalah "I think we will not study at school because it is too dangerous."

0

Roboguru

Answer the following questions based on the dialogs in activity 15. Dialog 1 The girl says, "You are right" What does it mean?

Pembahasan Soal:

Soal menanyakan makna dari kalimat "You are right" yang diucapkan oleh si gadis.

Kalimat "You are right" bermakna "Kamu benar" yang digunakan untuk menyatakan pendapat / persetujuan.

Jadi, jawaban yang benar adalah "The meaning of 'you are right' is 'kamu benar' and it is used for showing opinion / agreement".

0

Roboguru

From the dialogue above, John is ....

Pembahasan Soal:

Dialog John yang harus diperhatikan adalah, "It's really good, but I suggest to try singing in a high tune." yang artinya "Ini sangat bagus, tetapi aku menyarankanmu untuk mencoba menyanyi dengan nada yang tinggi.".

Pada dialog tersebut, klausa "aku menyarankanmu untuk mencoba menyanyi dengan nada yang tinggi" merupakan ekspresi "memberi sebuah pendapat" (giving an opinion).

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved