Iklan

Iklan

Pertanyaan

Wilayah yang didominasi oleh tipe iklim hutan hujantropis (AF) dan iklim musim tropis (Am) adalah ...

Wilayah yang didominasi oleh tipe iklim hutan hujan tropis (AF) dan iklim musim tropis (Am) adalah ...

  1. ...undefined

  2. ...undefined

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

wilayah yang beriklim Af adalah Sumatera dan Kalimantan, wilayah beriklim Am adalah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

wilayah yang beriklim Af adalah Sumatera dan Kalimantan, wilayah beriklim Am adalah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Iklan

Pembahasan

Koppen membagi iklim tropis menjadi 3 bagian, yakni: Iklim hutan hujan tropis (Af) :Musim kemarau terjadi lebih singkat dan musim hujan terjadi lebih panjang. Hal itu merupakan salah satu alasan hujan dapat turun dalam curah yang tinggi di daerah beriklim hutan hujan tropis. Vegetasi yang tumbuh bersifat heterogen dan membentuk hutan yang sangat lebat. Wilayah Indonesia seperti Sumatera dan Kalimantan. Iklim monsun tropika (Am) :dikenal sebagai iklim dengan panjang musim kemarau dan musim hujan yang seimbang. Selain itu, hutan lebat khas tropis masih dapat ditemukan di daerah beriklim monsun tropika, walaupun tanaman yang tumbuh adalah homogen. Wilayah Indonesia seperti Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur Iklim sabana (Aw/As) :merupakan salah satu iklim tropis dengan curah hujan yang rendah. Vegetasi yang tumbuh sebagian besar adalah rerumputan, semak belukar, dan beberapa pohon berjenis rendah.Wilayah Indonesia seperti Nusa Tenggara dan Madura. Jadi wilayah yang beriklim Af adalah Sumatera dan Kalimantan, wilayah beriklim Am adalah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Koppen membagi iklim tropis menjadi 3 bagian, yakni:

  1. Iklim hutan hujan tropis (Af): Musim kemarau terjadi lebih singkat dan musim hujan terjadi lebih panjang. Hal itu merupakan salah satu alasan hujan dapat turun dalam curah yang tinggi di daerah beriklim hutan hujan tropis. Vegetasi yang tumbuh bersifat heterogen dan membentuk hutan yang sangat lebat. Wilayah Indonesia seperti Sumatera dan Kalimantan.
  2. Iklim monsun tropika (Am): dikenal sebagai iklim dengan panjang musim kemarau dan musim hujan yang seimbang. Selain itu, hutan lebat khas tropis masih dapat ditemukan di daerah beriklim monsun tropika, walaupun tanaman yang tumbuh adalah homogen. Wilayah Indonesia seperti Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur
  3. Iklim sabana (Aw/As): merupakan salah satu iklim tropis dengan curah hujan yang rendah. Vegetasi yang tumbuh sebagian besar adalah rerumputan, semak belukar, dan beberapa pohon berjenis rendah. Wilayah Indonesia seperti Nusa Tenggara dan Madura.

Jadi wilayah yang beriklim Af adalah Sumatera dan Kalimantan, wilayah beriklim Am adalah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Latihan Bab

Biosfer

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Sebaran Flora dan Fauna

Karakteristik Bioma di Dunia

Persebaran Jenis-jenis Flora dan Fauna di Indonesia

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Karakteristik wilayah: iklim hujan tropis, kelembapan tinggi, hutan bakau atau mangrove, sabana tropis, dan stepa tropis. Karakteristik wilayah flora Sumatera-Kalimantan ditunju...

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia