Iklan

Iklan

Pertanyaan

Wilayah sekitar gunung api biasanya memiliki tanah yang sangat subur. Hal itu disebabkan oleh abu vulkanik yang dikeluarkan oleh proses vulkanisme kaya unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Prinsip geografi yang berkaitan dengan hal tersebut adalah....

Wilayah sekitar gunung api biasanya memiliki tanah yang sangat subur. Hal itu disebabkan oleh abu vulkanik yang dikeluarkan oleh proses vulkanisme kaya unsur hara yang dibutuhkan tanaman.

Prinsip geografi yang berkaitan dengan hal tersebut adalah....

  1. prinsip interelasi

  2. prinsip distribusi

  3. prinsip korologi

  4. prinsip deskripsi

  5. prinsip keruangan

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Prinsip geografi dapat diartikan sebagai sebuah dasar dalam menjabarkan, mengungkapkan dan menyajikan gejala, variable, faktor serta masalah-masalah geografi dalam fenomena geosfer. Prinsip geografi terbagi menjadi 4 yakni: Prinsip deskripsi, prinsip yang penjelasannya lebih lanjut tentang fenomena tersebut secara detail disertai dengan gambar, tabel, diagram, peta dsb. Prinsip persebaran/distribusi, sebaran fenomena, gejala, fakta, peristiwa dipermukaan bumi. Sebaran fenomena atau gejala ada yang teratur ada yang tidak teratur. Biasanya data sebaran di sajikan dalam bentuk peta atau kalimat yang berisikan beberapa daerah sebaran. Prinsip interelasi, Bahwa fenomena atau gejala di muka bumi tidak mungkin berdiri sendiri pasti ada keterkaitan dengan fenomena lain. Baik faktor fisik dengan faktor fisik lainnya, faktor fisik dengan faktor manusia dan faktor manusia dengan faktor manusia lainnya. Prinsip korologi, Prinsip ini yang meninjau gejala, fakta dan masalah geografi dari penyebaran, interelasi dan interaksinya dalam ruang. Secara sederhana prinsip ini merupakan gabungan dari prinsip-prinsip lainnya. Ada hubungan sebab-akibat antara wilayah gunung api dengan tanah yang sangat subur. Hasil erupsi gunung api berupa abu vulkanik setelah bertahun-tahun akan terakumulasi di tanah dan menjadi unsur hara yang baik bagi tanah, akibatnya tanah menjadi subur. Jawaban yang tepat adalah A. prinsip interelasi.

Prinsip geografi dapat diartikan sebagai sebuah dasar dalam menjabarkan, mengungkapkan dan menyajikan gejala, variable, faktor serta masalah-masalah geografi dalam fenomena geosfer. Prinsip geografi terbagi menjadi 4 yakni:

  • Prinsip deskripsi, prinsip yang penjelasannya lebih lanjut tentang fenomena tersebut secara detail disertai dengan gambar, tabel, diagram, peta dsb.
  • Prinsip persebaran/distribusi, sebaran fenomena, gejala, fakta, peristiwa dipermukaan bumi. Sebaran fenomena atau gejala ada yang teratur ada yang tidak teratur. Biasanya data sebaran di sajikan dalam bentuk peta atau kalimat yang berisikan beberapa daerah sebaran.
  • Prinsip interelasi, Bahwa fenomena atau gejala di muka bumi tidak mungkin berdiri sendiri pasti ada keterkaitan dengan fenomena lain. Baik faktor fisik dengan faktor fisik lainnya, faktor fisik dengan faktor manusia dan faktor manusia dengan faktor manusia lainnya.
  • Prinsip korologi, Prinsip ini yang meninjau gejala, fakta dan masalah geografi dari penyebaran, interelasi dan interaksinya dalam ruang. Secara sederhana prinsip ini merupakan gabungan dari prinsip-prinsip lainnya.

Ada hubungan sebab-akibat antara wilayah gunung api dengan tanah yang sangat subur. Hasil erupsi gunung api berupa abu vulkanik setelah bertahun-tahun akan terakumulasi di tanah dan menjadi unsur hara yang baik bagi tanah, akibatnya tanah menjadi subur. Jawaban yang tepat adalah A. prinsip interelasi.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

605

wawa

Pembahasan terpotong Jawaban tidak sesuai Pembahasan tidak menjawab soal Pembahasan tidak lengkap

Nahya Prelya

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari!

Mudhiah Kamila

Pembahasan lengkap banget

Chintya Chaliza Azizah

Ini yang aku cari!

Rokim tri abdi s

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sepanjang pantai selatan Jawa berada pada zona tumbukan lempeng Eurasia dan Indo-Australia. Kondisi tersebut menyebabkan wilayah di sekitar pantai selatan Jawa rawan tsunami. Prinsip geografi yang dig...

341

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia