Roboguru

Wilayah pembangunan C memiliki pusat di....

Pertanyaan

Wilayah pembangunan C memiliki pusat di....

  1. Jawa

  2. Medan

  3. Jakarta

  4. Surabaya

  5. Makassar

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pembangunan adalah Proses perubahan yang mencakup seluruh sistem sosial, seperti politik, ekonomi, infrastruktur, pertahanan, pendidikan dan teknologi, kelembagaan, dan budaya 

Wilayah pembangunan utama dibagi menjadi 5 yaitu A (Medan), B (Jakarta), C (Surabaya) , D (Makassar) dan E (Ambon)  Pembagian wilayah utamanya dibagi menjadi 10. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar peta Indonesia di bawah ini!   Provinsi yang berwarna hijau dalam peta di atas termasuk dalam wilayah pembangunan ….

Pembahasan Soal:

Pada gambar peta Indonesia di atas, provinsi yang berwarna hijau merupakan Provinsi Kalimantan Tengah. Menurut pembagian wilayah pembangunan yang disusun sejak tahun 1970-an, Provinsi Kalimantan Tengah masuk ke dalam wilayah pembangunan VII bersama dengan Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Tindakan pengembangan wilayah di pulau Kalimantan adalah.....

Pembahasan Soal:

Pengembangan wilayah merupakan upaya pembangunan pada suatu wilayah untuk mencapai pembangunan yang bertujuan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan berbagai sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya kelembagaan, sumber daya teknologi dan prasarana fisik secara efektif. Berdasarkan pilihan jawaban, tindakan pengembangan wilayah di pulau Kalimantan adalah pendirian pabrik kayu lapis. Banyak sumber daya yang tersedia di pulau Kalimantan untuk pengembangan produk tersebut.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Daerah yang menjadi pusat pertumbuhan wilayah pembangunan VII adalah ....

Pembahasan Soal:

Wilayah pembangunan VII merupakan cakupan wilayah pembangunan utama C. Wilayah pembangunan VII meliputi Kalimantan Tmur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengan, dan Kalimantan Utara yang berpusat di Balikpapan dan Samarinda.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E. 

0

Roboguru

Kota yang menjadi pusat pertumbuhan wilayah pembangunan utama C adalah ....

Pembahasan Soal:

Kota yang menjadi pusat pertumbuhan wilayah pembangunan utama C adalah Kota Surabaya. Hal ini dikarenakan Kota Surabaya yang merupakan salah satu kota terbesar dan strategis di Indonesia diharapkan dapat mendorong pembangunan sosial ekonomi untuk seluruh wilayah pembangunan utama C. Jadi, jawaban yang tepat adalah E. 

0

Roboguru

Perhatikan peta berikut. Batas wilayah pembangunan utama B dengan C ditunjukkan nomor ....

Pembahasan Soal:

Sistem pembangunan nasional Indonesia telah dicanangkan sejak REPELITA II tahun 1974-1978 yang menyatakan bahwa proses pembangunan nasional dilaksanakan melalui sistem regionalisasi atau pewilayahan, dengan kota-kota utama sebagai kutub atau pusat pertumbuhan, yaitu Jakarta, Medan, Surabaya, dan Ujungpandang. Sejalan dengan pengembangan kota-kota pusat pertumbuhan nasional, wilayah-wilayah pembangunan utama Indonesia dibagi ke dalam empat region atau wilayah utama, yaitu:

  1. Regional A berpusat di kota Medan, regional A membawahi dua wilayah yaitu wilayah I dan wilayah II. Wilayah I terdiri atas Aceh dan Sumatera Utara dengan Pusat di Medan. Wilayah II terdiri atas Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau dengan pusat di Pekanbaru.
  2. Regional B membawahi 3 wilayah yaitu wilayah III , IV, DAN V. Wilayah III terdiri atas Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Bangka Belitung dengan pusat di Palembang. Wilayah IV terdiri atas Lampung, Banten, Jawa Barat, Jakarta, Jawa Tengah, dan Yogyakarta dengan pusat di Jakarta. Wilayah V terdiri atas Kalimantan Barat dengan pusat di Pontianak.
  3. Regional C berpusat di Kota Surabaya, membawahi dua wilayah yaitu wilayah VI dan VII. Wilayah VI terdiri atas Jawa Timur dengan pusat di Surabaya. Wilayah VII terdiri atas Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, serta Kalimantan Selatan dengan pusat di Balikpapan dan Samarinda.
  4. Regional D di berpusat di Kota Makassar regional di membawahi 3 wilayah yaitu wilayah VIII , IX, dan X. Wilayah VII terdiri atas Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara dengan pusat di Makassar. Wilayah IX terdiri atas Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, dan Gorontalo dengan pusat di Manado. Wilayah X terdiri atas Maluku, Maluku Utara, dan papua dengan pusat di Sorong.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved