Roboguru

Wilayah pembangunan A memiliki pusat di....

Pertanyaan

Wilayah pembangunan A memiliki pusat di....

  1. Kalimantan

  2. Jambi

  3. Jakarta

  4. Makassar

  5. Medan

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pembangunan adalah Proses perubahan yang mencakup seluruh sistem sosial, seperti politik, ekonomi, infrastruktur, pertahanan, pendidikan dan teknologi, kelembagaan, dan budaya 

Pembagian wilayah ditujukan untuk pemantapan dalam perumusan dan pengarahan kegiatan pembangunan. Wilayah pembangunan utama dibagi menjadi 5 yaitu A (Medan), B (Jakarta), C (Surabaya), D (Makassar) dan E (Ambon). Pembagian wilayah utamanya dibagi menjadi 10. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini kota-kota di Indonesia yang termasuk kategori wilayah Pengembangan I adalah ....

Pembahasan Soal:

Wilayah pembangunan Utama A  terdiri dari wilayah utama I dan II yang berpusat di kota Medan. Wilayah utama I terdiri dari Aceh dan Sumatra Utara yang berpusat di Medan, sedangkan wilayah utama II terdiri dari Sumatra Barat, Riau, dan Kepulauan Riau yang berpusat di Palembang.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.space 

2

Roboguru

Sebutkan 7 (tujuh) wilayah pembangunan di Indonesia yang didasarkan pada potensi dan keunggulan daerah, serta lokasi geografis yang strategis di masing-masing wilayah.

Pembahasan Soal:

Tujuh wilayah pembangunan di Indonesia yang didasarkan pada potensi dan keunggulan daerah, serta lokasi geografis yang strategis di masing-masing wilayah diantaranya sebagai berikut :

  1. Pembangunan Wilayah Pulau Papua sebagai "lumbung pangan melalui pengembangan industri berbasis komoditas tanaman pangan serta pengembangan peternakan dan tanaman nonpangan " percepatan pembangunan ekonomi berbasis maritim (kelautan) melalui pengembangan pariwisata bahari; serta lumbung energi di Kawasan Timur Indonesia melalui pengembangan minyak, gas bumi, dan tembaga".
  2. Pembangunan Wilayah Kepulauan Maluku sebagai "produsen makanan laut dan lumbung ikan nasional dengan percepatan pembangunan perekonomian berbasis maritim (kelautan) melalui pengembangan industri berbasis komoditas perikanan; serta pengembangan industri pengolahan berbasis nikel dan tembaga."
  3. Pembangunan Wilayah Kepulauan Nusa Tenggara sebagai "pintu gerbang pariwisata ekologis; penopang pangan nasional dengan percepatan pembangunan perekonomian berbasis maritim (kelautan) melalui pengembangan industri perikanan, garam, dan rumput laut; pengembangan industri berbasis peternakan; serta pengembangan industri mangan dan tembaga".
  4. Pembangunan Wilayah Pulau Sulawesi sebagai "salah satu pintu gerbang Indonesia dalam perdagangan internasional dan pintu gerbang Kawasan Timur Indonesia dengan pengembangan industri berbasis logistik; serta lumbung pangan nasional dengan pengembangan industri berbasis kakao, padi, jagung; dan pengembangan industri berbasis rotan, aspal, nikel, dan bijih besi ; serta percepatan pembangunan ekonomi berbasis maritim (kelautan) melalui pengembangan industri perikanan dan pariwisata bahari".
  5. Pembangunan Wilayah Pulau Kalimantan sebagai "salah satu paruparu dunia dengan mempertahankan luasan hutan Kalimantan; dan lumbung energi nasional dengan pengembangan hilirisasi komoditas batu bara; serta pengembangan industri berbasis komoditas kelapa sawit, karet, bauksit, bijih besi, gas alam cair, pasir zirkon dan pasir kuarsa, serta pengembangan food estate".
  6. Pembangunan Wilayah Pulau Jawa-Bali sebagai "lumbung pangan nasional dan pendorong sektor industri dan jasa nasional dengan pengembangan industri makanan-minuman, tekstil, otomotif, alutsista, telematika, kimia, alumina, dan besi baja; salah satu pintu gerbang destinasi wisata terbaik dunia dengan pengembangan ekonomi kreatif; serta percepatan pembangunan ekonomi berbasis maritim (kelautan)' melalui pengembangan industri perkapalan dan pariwisata bahari".
  7. Pembangunan Wilayah Pulau Sumatra sebagai "salah satu pintu gerbang Indonesia dalam perdagangan internasional dan lumbung energi nasional, diarahkan untuk pengembangan hilirisasi komoditas batu bara, serta industri berbasis komoditas kelapa sawit, karet, timah, bauksit, dan kaolin".

0

Roboguru

Daerah yang termasuk pusat pertumbuhan Kota Medan adalah ...

Pembahasan Soal:

Menurut Bappenas, wilayah Indonesia dibagi menjadi empat pusat pertumbuhan  wilayah  utama, yaitu wilayah A, B, C, dan D. Tiap-tiap wilayah dibagi lagi menjadi sepuluh wilayah pembangunan. Wilayah pembangunan utama A  yaitu Kota Medan dan wilayah pembangunan I yang juga pusatnya adalah Kota Medan daerah cakupannya adalah Aceh dan Sumatera Utara.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Apa alasan real Kalimantan Barat dijadikan sebagai wilayah pembangunan nasional?

Pembahasan Soal:

Wilayah Kalimantan Barat mulai dilirik oleh Pemerintah pusat untuk dikembangkan menjadi daerah Ibukota yang baru. Ada beberapa alasan yang menjadikan wilayah Kalimantan dijadikan wilayah pembangunan nasional. 

  1. Wilayah Kalimantan jika dilihat dari peta geologi wilayah Kalimantan tidak dilalui oleh lempeng dengan kondisi ini menjadikan wilayah Kalimantan khusunya Kalimantan Barat menjadi wilayah yang minim terjadi gempa. Dengan hal ini diharapkan wilayah pembangunan nasional tidak mudah rusak dan aman dari bencana alam.
  2. Wilayah Kalimantan penduduknya masih minim, dengan kondisi ini berbanding terbalik dengan Pulau Jawa yang luas wilayahnya kecil namun di huni oleh banyak penduduk.
  3. Alasan ketiga adalah wilayah Kalimantan yang strategis dan dekat dengan negara tetangga seperti Malaysia, Singapura. Dengan kondisi ini kerjasama dan hubungan bilateral dapat berjalan semakin baik.

0

Roboguru

Sebutkan wilayah pembangunan utama (WPU) A yang pusat pembangunannya di Medan!

Pembahasan Soal:

Pembangunan adalah upaya secara sadar dari manusia untuk memanfaatkan lingkungan dalam usaha memenuhi kebutuhan hidupnya. Indonesia memiliki regionalisasi wilayah pembagian yang terbagi menjadi lima wilayah pembangunan utama. Untuk pusat pembangunan dalam wilayah pembangunan utama (WPU) A berada di Kota Medan yang terdiri atas:

  • Wilayah pembangunan (WP) I, meliputi Provinsi Aceh dan Provinsi Sumatra Utara, Pusatnya di Medan.
  • Wilayah pembangunan (WP) II, meliputi Provinsi Sumatra Barat, Kepulauan Riau dan Provinsi Riau. Pusatnya di Pekanbaru.

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved