Roboguru

Wilayah laut Indonesia yang menjadi batas landasan kontinen disebut….

Pertanyaan

Wilayah laut Indonesia yang menjadi batas landasan kontinen disebut….

  1. Shelf

  2. Ambang laut

  3. Palung laut

  4. pinggir laut

  5. pantai

Pembahasan Soal:

Wilayah laut Indonesia yang menjadi batas landasan kontinen disebut shelfShelf (dangkalan/paparan)  ialah sebuah laut dangkal yang luas dengan kedalaman kurang dari 200 meter dan merupakan kepanjangan dari benua atau daratan pulau.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Bryando

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pemanfaatan kawasan pulau-pulau kecil yang tetap menjaga kelestarian lngkungan adalah .... wisata alam  konservasi lingkungan  cagar alam  budi daya perikanan

Pembahasan Soal:

Wilayah pesisir laut dan pulau-pulau kecil memiliki arti strategis dalam membangun bangsa dan mensejahterakan masyarakatnya. Pengelolaan wilayah pesisir dan laut sendiri telah diatur dalam Undang-Undang No 1 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil yang menyebutkan bahwa pemanfaatan pulau-pulau kecil dan perairan di sekitarnya diprioritaskan untuk kepentingan sebagai berikut:

  1. konservasi;
  2. pendidikan dan pelatihan;
  3. penelitian dan pengembangan;
  4. budi daya laut;
  5. pariwisata;
  6. usaha perikanan dan kelautan serta industri perikanan secara lestari;
  7. pertanian organik;
  8. peternakan; dan/atau
  9. pertahanan dan keamanan negara.

Kecuali untuk tujuan konservasi, pendidikan dan pelatihan serta penelitian dan pengembangan, pemanfaatan pulau-pulau kecil dan perairan di sekitarnya wajib:

  1. memenuhi persyaratan pengelolaan lingkungan;
  2. memperhatikan kemampuan dan kelestarian sistem tata air setempat; dan
  3. menggunakan teknologi yang ramah lingkungan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E. 

0

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Secara geografis penerapan kebijakan tol laut didasarkan pada realitas adanya perbedaan tingkat keterjangk...

Pembahasan Soal:

Pembangunan tol laut bertujuan untuk mewujudkan konektivitas. Serta kesenjangan harga antara wilayah Barat dan Timur Indonesia yang disebabkan tidak adanya kepastian ketersediaan barang. Manfaat tol laut utama adalah penurunan harga di daerah tertinggal, daerah terpencil, daerah terluar, dan daerah perbatasan. Sebab selama ini terjadi disparitas (kesenjangan) harga pada beberapa barang kebutuhan pokok. Dengan adanya kapal-kapal reguler yang menjadi trayek tol laut, biaya transportasi angkutan turun untuk komoditas. Selama 2018, harga barang-barang juga turun pada beberapa lokasi sampai 20-30 persen dibandingkan sebelum adanya tol laut. Penurunan harga komoditas ini baru terjadi di wilayah sekitar pelabuhan. Tetapi harga barang di wilayah pedalaman seperti pegunungan masih tinggi. Oleh karenanya keberadaan tol laut ini selain bisa menurunkan disparitas harga di daerah terpencil dan terluar, ini juga bisa mendorong masyarakat menjadi kreatif dan memiliki suatu usaha baru bagi masyarakat yang bernilai ekonomi.

Berdasarkan penjelasan di atas, pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A 

0

Roboguru

Kekayaan ikan laut Indonesia banyak hilang dicuri oleh nelayan asing karena ....

Pembahasan Soal:

Wilayah perairan Indonesia sangat luas dengan sumber daya kelautan yang besar. Sebagai negara bahari dan kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki perairan laut sekitar 5,8 juta km2 (75% dari total wilayah Indonesia). Perairan laut Indonesia yang luas terdapat sumber daya perikanan yang besar, menjadi salah satu faktor terjadinya illegal fishing (pencurian ikan).  Disisi lain, posisi geografis kawasan perairan Indonesia berada  perbatasan atau berdekatan dengan perairan internasional sehingga kemungkinan masuknya nelayan-nelayan asing ke wilayah perairan Indonesia secara ilegal.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Wilayah perairan yang pengelolaan potensi sumber dayanya diatur melalui perjanjian internasional antara Indonesia dan negara lain adalah ….

Pembahasan Soal:

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan garis pantai sekitar 81.900 kilometer. Indonesia memiliki wilayah perbatasan dengan banyak negara, baik perbatasan darat (kontinen) maupun laut (maritim). Batas darat wilayah Republik Indonesia berbatasan langsung dengan negara-negara Malaysia, Papua New Guinea (PNG), dan Timor Leste. Perbatasan wilayah laut Indonesia berbatasan dengan sepuluh negara, yaitu India, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina, Republik Palau, Australia, Timor Leste, dan Papua Nugini (PNG). Wilayah perbatasan laut pada umumnya berupa pulau-pulau terluar yang jumlahnya 92 pulau dan termasuk pulau-pulau kecil. Permasalahan mengenai batas laut ini kemudian diselesaikan dengan cara perjanjian bilateral antarnegara yang bersangkutan. Salah satu yang sudah menghasilkan kesepakatan mengenai batas negara ini adalah antara Indonesia dengan Malaysia. Dengan diberlakukannya Konvensi Hukum Laut Internasional 1982, maka penentuan titik dasar dan garis pangkal dari tiap-tiap negara perlu diratifikasi berdasarkan aturan badan internasional yang baru. Selama ini penarikan batas Landas Kontinen Indonesia dengan Malaysia di Perairan Selat Malaka berpedoman pada Konvensi Hukum Laut 1958. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Perhatikan pegunungan di Indonesia berikut ini! Bukit Barisan Kapur Utara Menoreh Meratus Iyang  Pegunungan yang terdapat di Pulau Jawa ditunjukkan oleh nomor ....

Pembahasan Soal:

Pegunungan adalah gugusan gunung, baik gunung besar maupun gunung kecil yang memanjang dan sambung menyambung menjadi satu kesatuan. Pegunungan banyak tersebar hampir di seluruh pulau di Indonesia, seperti Pegunungan Kapur Utara, Menoreh, dan Iyang di Pulau Jawa, Pegunungan Bukit Barisan di Sumatra, Pegunungan Meratus di Kalimantan, dan Pegunungan Jayawijaya di Papua.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved