Roboguru

Wilayah Gunungkidul memiliki kesamaan dalam hal fisiografis yaitu wilayah karst/kapur. Hal tersebut merupakan contoh dari….

Pertanyaan

Wilayah Gunungkidul memiliki kesamaan dalam hal fisiografis yaitu wilayah karst/kapur. Hal tersebut merupakan contoh dari….space 

  1.  Wilayah formalspace 

  2. Wilayah fungsionalspace 

  3. Wilayah nodalspace 

  4. Wilayah majemukspace 

  5. Wilayah non formalspace 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Wilayah formal adalah wilayah yang seragam atau homogen berdasarkan kriteria tertentu sehingga dapat dibedakan dengan daerah lainnya. Wilayah formal dapat disebut pula dengan uniform region. Contoh wilayah formal dapat dilihat dari sifat yang dimiliki oleh elemen-elemen yang membentuk wilayah, seperti kriteria fisik/alam ataupun kriteria sosial budaya. 

Wilayah Gunungkidul yang memiliki kesamaan dalam hal fisiografis yaitu  merupakan wilayah karst/kapur, maka wilayah tersebut termasuk contoh dari wilayah formal karena memiliki keseragaman dalam wilayah yang terbentuk berdasarkan wilayah karst/kapur.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Karakter terpenting yang harus dimiliki suatu wilayah yaitu terdapatnya homogenitas tertentu yang khas. Apakah karakteristik suatu wilayah harus memiliki homogenitas tertentu? Jika ya, mengapa?

Pembahasan Soal:

Wilayah merupakan bagian permukaan bumi yang memiliki persamaan atau homogenitas. Homogenitas ini dapat dilihat dari karakteristik fisik maupun sosial. Hal ini disebabkan karakteristik fisik dan sosial di suatu wilayah dengan wilayah lainnya berbeda. Homogenitas suatu wilayah termasuk dalam wilayah formal. Wilayah formal merupakan wilayah yang memiliki karakteristik khas dan homogen atau memiliki satu ciri khas. Contoh dari wilayah formal adalah wilayah pegunungan. Wilayah pegunungan dikatakan homogen karena dicirikan dengan adanya banyak gunung di sekitar wilayah tersebut. 

0

Roboguru

Pulau Sumatra bagian timur dan Pulau Kalimantan termasuk dalam wilayah yang rawan terhadap bencana kebakaran hutan. Fenomena tersebut merupakan contoh dari wilayah ....

Pembahasan Soal:

Pembagian wilayah secara umum terbagi menjadi dua yaitu wilayah formal atau homogen dan wilayah fungsional atau disebut juga dengan wilayah nodal. Wilayah formal adalah wilayah yang memiliki kesamaan fenomena. Pulau Sumatra bagian timur dan Pulau Kalimantan memiliki kesamaan fenomena, yakni rawan terhadap bencana kebakaran. Oleh sebab itu, keduanya dapat dikelompokkan menjadi wilayah rawan kebakaran hutan. Wilayah kebakaran hutan ini merupakan contoh dari wilayah formal yang dibentuk dari adanya kesamaan fenomena.space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Jelaskan tentang hal-hal berikut. a. Formal region;

Pembahasan Soal:

Wilayah merupakan suatu tempat di permukaan bumi yang memiliki karakteristik tertentu yang membedakannya dari wilayah-wilayah lain di sekitarnya. Dalam geografi wilayah dibedakan menjadi dua yaitu wilayah formal dan wilayah fungsional. Wilayah formal (Formal region) atau uniform yaitu suatu wilayah yang dibentuk oleh adanya kesamaan ketampakan (homogenitas). Misalnya dalam hal fisik seperti iklim, vegetasi dan tanah. 

1

Roboguru

Kabupaten Asmat di Provinsi Papua terbagi menjadi tujuh distrik. Pembagian wilayah seperti ini disebut dengan ....

Pembahasan Soal:

Salah satu kabupaten di Papua, yaitu Kabupaten Asmat, terbagi menjadi tujuh wilayah distrik. Tujuh distrik ini adalah Pantai Kasuari, Fayit, Atsy, Binam, Ayam, Agats, dan Sawa Erma. Ketujuh distrik ini dibatasi oleh batas administrasinya masing-masing. Hal ini merupakan contoh dari daerah, yaitu suatu wilayah di permukaan bumi yang dibatasi oleh batas administrasi tertentu. Jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Perhatikan jenis peta berikut! Peta Jenis Tanah. Peta Penggunaan Lahan. Peta Kepadatan Penduduk. Peta Daerah Pusat Pertumbuhan. Peta Persebaran Pusat Perdagangan. Peta yang menggunakan pewila...

Pembahasan Soal:

Wilayah formal adalah wilayah yang memiliki batas berupa batas fisik dan batas sosial, wilayah ini seringkali disebut wilayah organic atau wilayah homogen. Penentuan batas wilayah formal disebut pewilayahan formal. Kiiteria yang digunakan untuk pewilayahan formal meliputi kriteria fisik dan sosial. Pewilayahan formal berdasarkan aspek geografis berupa kenampakan secara fisik. Contohnya dapat dilihat pada peta penggunaan lahan, peta curah hujan, dan peta topografi.

Berdasarkan penjelasan diatas maka jawaban yang benar adalah A. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved