Iklan

Iklan

Pertanyaan

Read the following text.

 

The Frog Prince

 

    One fine evening a young princess put on her bonnet and clogs, and went out take a walk by herself In a wood; and when she came to a cool spring of water with a rose in the middle of it, she sat herself down to rest a while. Now she had a golden ball in her hand, which was her favorite plaything; and she was always tossing it up into the air, and catching it again as it fell.

    After a time she threw it up so high that she missed catching it as it fell; and the ball bounded away, and rolled along on the ground, until at last it fell down into the spring. The princess looked into the spring after her ball, but it was very deep, so deep that she could not see the bottom of it. She began to cry, and said, "Alas! If I could only get my ball again, I would give all my fine clothes and jewels, and everything that I have in the world."

    Whilst she was speaking, a frog put its head out of the water, and said, "Princess, why do you weep so bitterly?" "Alas!" said she, "What can you do for me, you nasty frog? My golden ball has fallen into the spring.” The frog said, “I do not want your pearls,  and jewels, and ne clothes; but if you will love me, and let me live with you and eat from your golden plate, and sleep on your bed, I will bring you your ball again.”

Taken from 366 and More Fairy Tales, 1990

What is the text about?

What is the text about?

  1. A young princess and her bonnet

  2. A young princess in a cool spring of water

  3. A young princess with a golden ball in her hand

  4. The frog prince

  5. A young man

Iklan

D. Enty

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah C.

jawaban yang benar adalah C.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Soal di atas menanyakan tentang apa isi cerita tersebut ( What is the text about? ), Namun, sebelumnya mari kita simak arti dari cerita tersebut. Pangeran Katak Suatu malam yang cerah, seorang putri muda mengenakan topi dan sandal bakiaknya, dan keluar berjalan-jalan sendirian di dalam hutan; dan ketika dia tiba di mata air yang sejuk dengan sekuntum mawar di tengahnya, dia duduk untuk beristirahat sebentar. Sekarang dia memiliki bola emas di tangannya, yang merupakan mainan kesukaannya; dan dia selalu melemparkannya ke udara, dan menangkapnya lagi saat jatuh. Setelah beberapa saat, dia melemparkannya begitu tinggi sehingga dia tidak bisa menangkapnya saat jatuh; dan bola itu melompat menjauh, dan berguling di tanah, sampai akhirnya jatuh ke mata air. Sang putri melihat ke mata air untuk mencaribolanya, tapi itu sangat dalam, sangat dalam sehingga dia tidak bisa melihat dasarnya. Dia mulai menangis, dan berkata, "Aduh! Jika sayabisa mendapatkan bola saya lagi, saya akan memberikan semua pakaian bagus dan perhiasan saya, dan semua yang saya miliki di dunia." Sementara dia berbicara, seekor katak mengeluarkan kepalanya dari air, dan berkata, "Putri, mengapa kamu menangis begitu sedih?" "Alah!" katanya, "Apa yang bisa kamu lakukan untukku, dasar katak jahat? Bola emasku telah jatuh ke mata air.” Katak berkata, "Aku tidak ingin mutiaradan perhiasanmu, dan pakaian lain; tetapi jika kamu mau mencintaiku, dan membiarkan aku tinggal bersamamu dan makan dari piring emasmu, dan tidur di tempat tidurmu, aku akan membawakanbolamu. " Dari teks tersebut, kita tahu bahwa yang menjadi ide utama dalam cerita tersebut adalah sang putri dan juga bola emas miliknya karena kadua hal ini terus berulang dalam setiap paragraf. Oleh karena itu, bisa disimpulkan bahwa cerita tersebut berisi tentang sang putri dan bola emasnya atau dalam Bahasa Inggris adalah The princess and her golden ball. Dari pilihan yang ada, yang sesuai dengan isi cerita tersebut adalah A young princess with a golden ball in her hand yang artinya 'Seorang putri muda dan sebuah bola emas di tangannya'. Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Soal di atas menanyakan tentang apa isi cerita tersebut (What is the text about?), Namun, sebelumnya mari kita simak arti dari cerita tersebut.

 

Pangeran Katak

    Suatu malam yang cerah, seorang putri muda mengenakan topi dan sandal bakiaknya, dan keluar berjalan-jalan sendirian di dalam hutan; dan ketika dia tiba di mata air yang sejuk dengan sekuntum mawar di tengahnya, dia duduk untuk beristirahat sebentar. Sekarang dia memiliki bola emas di tangannya, yang merupakan mainan kesukaannya; dan dia selalu melemparkannya ke udara, dan menangkapnya lagi saat jatuh.

    Setelah beberapa saat, dia melemparkannya begitu tinggi sehingga dia tidak bisa menangkapnya saat jatuh; dan bola itu melompat menjauh, dan berguling di tanah, sampai akhirnya jatuh ke mata air. Sang putri melihat ke mata air untuk mencari bolanya, tapi itu sangat dalam, sangat dalam sehingga dia tidak bisa melihat dasarnya. Dia mulai menangis, dan berkata, "Aduh! Jika saya bisa mendapatkan bola saya lagi, saya akan memberikan semua pakaian bagus dan perhiasan saya, dan semua yang saya miliki di dunia."

   Sementara dia berbicara, seekor katak mengeluarkan kepalanya dari air, dan berkata, "Putri, mengapa kamu menangis begitu sedih?" "Alah!" katanya, "Apa yang bisa kamu lakukan untukku, dasar katak jahat? Bola emasku telah jatuh ke mata air.” Katak berkata, "Aku tidak ingin mutiara dan perhiasanmu, dan pakaian lain; tetapi jika kamu mau mencintaiku, dan membiarkan aku tinggal bersamamu dan makan dari piring emasmu, dan tidur di tempat tidurmu, aku akan membawakan bolamu. "

 

Dari teks tersebut, kita tahu bahwa yang menjadi ide utama dalam cerita tersebut adalah sang putri dan juga bola emas miliknya karena kadua hal ini terus berulang dalam setiap paragraf. Oleh karena itu, bisa disimpulkan bahwa cerita tersebut berisi tentang sang putri dan bola emasnya atau dalam Bahasa Inggris adalah The princess and her golden ball. Dari pilihan yang ada, yang sesuai dengan isi cerita tersebut adalah A young princess with a golden ball in her hand yang artinya 'Seorang putri muda dan sebuah bola emas di tangannya'.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

9

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

What is the best title for the text?

8

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia