Roboguru

Pertanyaan

Teks kutipan hikayat untuk soal nomor 37 - 39!


     Maka kata Bayan, "Sekali peristiwa adalah seorang raja di Benua Tabaristan namanya. Maka raja itu senantiasa ia berjamu segala hulubalangnya. Maka ada seorang hulubalang datang dengan anak istrinya daripada sebuah negeri kepada raja itu. Maka titah raja Tabaristan, "Dari mana engkau datang dan siapa namamu dan apa kehendakmu datang kepada aku ini?"

    Maka sembah Taifah, "Yang diperhamba ini datang dari negeri Irak dan nama hamba Taifah. Bahwa adapun hamba datang ini minta diperhamba di bawah duli syah alam. Adapun yang diperhamba ini beberapa sudah membuat khidmat kepada raja di Benua Irak, tiada juga kelihatan kepadanya. Setelah yang diperhamba mendengar duli syah alam sangat mengasihani segala hulubalang, itulah sebabnya hendak perhambakan diri ke bawah duli syah alam.

     Sebermula, akan adat Raja Tabaristan itu, tiga hari sekali ia berjamu segala hulubalangnya makan minum bersuka-sukaan. Maka pada suatu ketika, Raja Tabaristan berjamu segala hulubalangnya tatkala itu Taifah pun ada hadir menghadap. Setelah beberapa cawan seseorang minum itu, maka Taifah pun bercakaplah, katanya, "Hai Raja yang maha mulia lagi besar! Tiada siapa yang terlebih kasih akan duli syah alam, lebih daripada patik dan tiada siapa yang akan melawan seteru syah alam, melainkan yang diperhamba yang melawan dia." Dan lagi berbagai-bagai pula cakapnya di hadapan raja Tabaristari itu. Maka raja pun murkalah akan Taifah itu, tiadalah berguna lagi kepadanya.

Dipetik dari Hikayat Bayan Budimanspace 

Watak tokoh Taifah berdasarkan kutipan tersebut adalah ....space 

  1. sombong space 

  2. lemah lembutspace 

  3. tulusspace 

  4. kikirspace 

  5. murah hatispace 

U. Yuliani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

Pembahasan

Watak tokoh dalam suatu cerita adalah sifat yang dimiliki oleh tokoh tersebut. Pada cerita di atas, watak tokoh Taifah adalah sombong. Hal ini terdapat pada paragraf ketiga, kalimat ketiga dan keempat yaitu Setelah beberapa cawan seseorang minum itu, maka Taifah pun bercakaplah, katanya, "Hai Raja yang maha mulia lagi besar! Tiada siapa yang terlebih kasih akan duli syah alam, lebih daripada patik dan tiada siapa yang akan melawan seteru syah alam, melainkan yang diperhamba yang melawan dia." 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

358

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Yang dimaksud dengan teknik analitik  dalam menggambarkan karakter tokoh dalam hikayat adalah . . . .

2rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia