Roboguru

Watak tokoh ayah pada kutipan cerpen tersebut adalah ....

Pertanyaan

Watak tokoh ayah pada kutipan cerpen tersebut adalah ....space 

  1. Sombongspace 

  2. Rendah hatispace 

  3. bijaksanaspace 

  4. tabahspace 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pengarang dapat menyampaikan watak tokoh melalui cara langsung dan tidak langsung. Penyampaian watak secara langsung (analitik) adalah melalui pengarang itu sendiri. Pengarang akan mendeskripsikan seorang tokoh melalui penjelasan berupa kalimat-kalimat. Cara ini mempermudah pembaca memahami karakter tokoh karena penyampaian watak-wataknya dilakukan secara tersurat.

Penyampaian watak secara tidak langsung adalah melalui percakapan antartokoh, pikiran tokoh, tindakan tokoh, serta pendapat tokoh lain. Dengan cara ini, pembaca mau tidak mau harus berpikir sedikit lebih keras untuk memahami karakter tokoh, karena watak-wataknya disampaikan secara tersirat.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka watak tokoh pada kutipan cerita di atas digambarkan melalui percakapan antartokoh dan tanggapan tokoh lain. Watak tokoh ayah adalah rendah hati. Kalimat yang menunjukkan tokoh berwatak rendah hati adalah kalimat kedua dan keempat. Pada kalimat kedua berisi pernyataan tokoh ayah “Biar kamu tidak sombong jadi manusia, Zarah.“ Kalimat tersebut menunjukkan watak tokoh ayah yang tidak menyukai sifat sombong. Sikap rendah hati tokoh ayah juga dapat disimpulkan dari tanggapan tokoh Zarah terhadap tokoh ayah pada kalimat terakhir Ayah adalah salah satu dari sedikit orang yang memilih untuk tetap menjadi “manusia”. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved