Roboguru

Wali Sanga merupakan pendakwah yang menyebarkan Islam di Pulau Jawa. Anggota sembilan Wali Sanga yang berdakwah di daerah Kudus adalah ....

Pertanyaan

Wali Sanga merupakan pendakwah yang menyebarkan Islam di Pulau Jawa. Anggota sembilan Wali Sanga yang berdakwah di daerah Kudus adalah ....

Pembahasan Soal:

Wali songo merupakan tokoh pendakwah Islam yang menyebarkan Islam di Pulau Jawa. Wali Songo berasal dari kata Wali adalah "orang yang dipercaya" atau "orang yang ditugaskan" sedangkan kata Songo dalam dalam bahasa Jawa berarti nomor sembilan. Dengan demikian, istilah ini sering diterjemahkan sebagai "Sembilan Wali". Wali Songo yang memiliki peran penting dalam penyebaran Islam di Pulau Jawa tersebut menjadi sosok yang dihormati masyarakat hingga saat ini. Hal ini dibuktikan dengan selalu ramainya makam Wali Songo oleh peziarah. Berikut nama-nama kesembilan wali tersebut.

  1. Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim (di Gresik).
  2. Sunan Ampel atau Raden Rahmat (di Ngampel, dekat Surabaya).
  3. Sunan Bonang atau Raden Makhdum Ibrahim (di Bonang, dekat Tuban).
  4. Sunan Drajat atau Raden Qasim Syarifuddin (di Drajat, dekat Sedayu, Surabaya).
  5. Sunan Kudus atau Raden Ja'far Shadiq (di Kudus).
  6. Sunan Giri atau Raden Paku atau Muhammad 'Ainul Yaqin atau Prabu Satmata (di bukit Giri, dekat Gresik).
  7. Sunan Kalijaga atau Raden Syahid (di bukit Giri, dekat Gresik).
  8. Sunan Muria atau Raden Umar Said (di sungai Muria, Kudus).
  9. Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah (di Jawa Barat).

Dengan demikian, anggota sembilan Wali Sanga yang berdakwah di daerah Kudus adalah Raden Ja'far Shadiq atau Sunan Kudus.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sistem pemerintahan Kesultanan Demak erat kaitannya dengan keberadaan Walisongo. Pada umumnya tugas dari Walisongo adalah....

Pembahasan Soal:

Secara etimologis, Walisongo berasal dari bahasa Jawa yang artinya wali yang terdiri atas sembilan (songo) orang. Walisongo adalah sebuah majelis dakwah yang dibentuk oleh Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim di tahun 1404. Walisongo membantu raja dalam menentukan dasar negara yang berpegang pada ajaran Islam murni yaitu Al-qur’an dan Hadist. Tugas para Walisongo ini mirip seperti Dewan Pertimbangan Presiden, Jaksa Agung, atau Majelis Permusyawaratan Rakyat pada saat ini.

0

Roboguru

Apa yang kamu ketahui tentang silsilah Sunan Kudus!

Pembahasan Soal:

Sunan Kudus adalah putra Sunan Ngudung atau Raden Usman Haji, dengan Syarifah Ruhil atau Dewi Ruhil yang bergelar Nyai Anom Manyuran binti Nyai Ageng Melaka binti Sunan Ampel. Sunan Kudus adalah keturunan ke-24 dari Nabi Muhammad. Sunan Kudus bin Sunan Ngudung bin Fadhal Ali Murtadha bin Ibrahim Zainuddin Al-Akbar bin Jamaluddin Al-Husain bin Ahmad Jalaluddin bin Abdillah bin Abdul Malik Azmatkhan bin Alwi Ammil Faqih bin Muhammad Shahib Mirbath bin Ali Khali’ Qasam bin Alwi bin Muhammad bin Alwi bin Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir bin Isa bin Muhammad bin Ali Al-Uraidhi bin Ja’far Shadiq bin Muhammad Al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Al-Husain bin Sayyidah Fathimah Az-Zahra binti Nabi Muhammad Rasulullah. 

Sunan Kudus berhasil menampakkan warisan budaya dan tanda dakwah islamiyahnya yang dikenal dengan pendekatan kultural yang begitu kuat. Hal ini sangat tampak jelas pada Menara Kudus yang merupakan hasil akulturasi budaya antara Hindu-China-Islam yang sering dikatakan sebagai representasi menara multikultural. Aspek material dari Menara Kudus yang membawa kepada pemaknaan tertentu melahirkan ideologi pencitraan tehadap Sunan Kudus. 

Dengan demikian Ia pula yang menjadi salah satu dari anggota Wali Sanga sebagai penyebar Islam di Tanah Jawa.space space 

0

Roboguru

Ceritakan sejarah wali songo ...

Pembahasan Soal:

Wali Sanga adalah tokoh sentral penyebaran Islam di Pulau Jawa, merujuk para Ulama yang kemudian dikenal dengan julukan Wali Sanga (Sembilan Wali). Menurut Sejarah, yang dimaksud dengan Wali sanga adalah Maulana MalikIbrahim, Sunan Ampel, Sunan Giri, Sunan Bonang, Sunun Kudus, Sunan Drajat, SunanGunung Jati, Sunan Kalijaga dan Sunan Muria. 

Wali Sanga muncul pada akhir abad ke 15 hingga awal abad ke 16 mempunyai arti penting bagi perkembangan Islam di Jawa terutama pada pendirian Kesultanan Demak.

Dalam penyebaran Islam para wali memiliki ciri khusus dalam berdakwah yaitu melakukan akulturasi dengan budaya lokal agar tidak terjadi pertentangan dengan masyarakat yang masih menganut kepercayaan lain. Hal tersebut dibuktikan dengan dakwah melalui karya seni dan budaya serta toleransi ajaran-ajaran sebelumnya yang tidak bertentangan dengan syariah.

Dengan demikian Sejarah dari Wali Sanga/Songo selaku penyebar agama Islam di Jawa pada abad 15 dan 16.

0

Roboguru

Nama asli Sunan Bonang adalah

Pembahasan Soal:

Sunan Bonang adalah salah satu dari sembilan wali atau Wali Songo yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Sunan Bonang lahir pada tahun 1465 dengan nama lahir Raden Maulana Makdum Ibrahim. Ia adalah putra dari Sunan Ampel dan Nyai Ageng Manila. Dalam melakukan dakwah, Sunan Bonang menggunakan media pertunjukkan seperti wayang, suluk (lagu), dan gamelan. Beliau wafat pada tahun 1525.

Jadi, nama asli dari Sunan Bonang adalah Raden Maulana Makdum Ibrahim. space

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Gambar tersebut merupakan peninggalan kerajaan ...

Pembahasan Soal:

Masjid Agung Demak merupakan masjid yang pernah menjadi tempat berkumpulnya para ulama (wali) yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa yang disebut dengan Walisongo. Pendiri masjid ini diperkirakan adalah Raden Patah, yaitu raja pertama dari Kesultanan Demak sekitar abad ke-15 Masehi. Raden Patah bersama Wali Songo mendirikan masjid yang karismatik ini pada tahun yang ditampilkan dalam bentuk gambar serupa bulus yang terdapat di depan kubah tempat pengimaman.

Dengan demikian, gambar masjid pada soal merupakan gambar masjid Agung Demak yang merupakan peninggalan dari kerajaan Demak pada masa pemerintahan Raden Patah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved