Iklan

Iklan

Pertanyaan

Waktu terbagi menjadi tiga dimensi yaitu masa lampau, masa kini dan masa yang akan datang. Ilmu sejarah sendiri mempelajari tentang dimensi waktu yaitu . . . .

Waktu terbagi menjadi tiga dimensi yaitu masa lampau, masa kini dan masa yang akan datang. Ilmu sejarah sendiri mempelajari tentang dimensi waktu yaitu . . . .

  1. Waktu yang lalu

  2. Waktu yang akan datang

  3. Waktu yang lalu sampai sekarang

  4. Sepanjang waktu yang bersifat kontinu

  5. Waktu lalu, sekarang, dan yang akan datang

Iklan

R. Setyawan

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A

jawaban yang tepat adalah A

Iklan

Pembahasan

Konsep waktu memiliki dua jenis dalam maknanya, yaitu makna denotatif yang berarti waktu dalam satu kesatuan seperti detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun, dan lainnya. Sedangkan makna konotatif yaitu konsep waktu sebagai suatu konsep. Sebagai contoh, kamar mandi kecil pada zaman sebelumnya diartikan sebagai kamar yang berukuran kecil (denotatif), tetapi kamar kecil dalam generasi yang berbeda diartikan sebagai kamar mandi (konotatif). Adapun beberapa konsep waktu dalam memahami sejarah pada umumnya sebagai berikut: Masa lampau merupakan waktu yang sudah terlewat (terjadi). Namun, masa lampau terkadang masa yang yang masih berlanjut dan belum berhenti. Masa lampau bersifat terbuka dan saling terhubung antar waktunya. Sehingga, apapun yang sudah terjadi di masa lampau dapat dijadikan sebuah pembelajaran untuk waktu yang akan datang. Sejarah dapat digunakan sebagai pedoman untuk merencanakan masa sekarang dan masa depan. Oleh seba itu, dapat disimpulkan bahwa konsep waktu dalam sejarah adalah konsep yang membahas mengenai masa lampau atau masa lalu Jadi, jawaban yang tepat adalah A

Konsep waktu memiliki dua jenis dalam maknanya, yaitu makna denotatif yang berarti waktu dalam satu kesatuan seperti detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun, dan lainnya. Sedangkan makna konotatif yaitu konsep waktu sebagai suatu konsep. Sebagai contoh, kamar mandi kecil pada zaman sebelumnya diartikan sebagai kamar yang berukuran kecil (denotatif), tetapi kamar kecil dalam generasi yang berbeda diartikan sebagai kamar mandi (konotatif). Adapun beberapa konsep waktu dalam memahami sejarah pada umumnya sebagai berikut:

  1. Masa lampau merupakan waktu yang sudah terlewat (terjadi). Namun, masa lampau terkadang masa yang yang masih berlanjut dan belum berhenti.
  2. Masa lampau bersifat terbuka dan saling terhubung antar waktunya. Sehingga, apapun yang sudah terjadi di masa lampau dapat dijadikan sebuah pembelajaran untuk waktu yang akan datang.
  3. Sejarah dapat digunakan sebagai pedoman untuk merencanakan masa sekarang dan masa depan.

Oleh seba itu, dapat disimpulkan bahwa konsep waktu dalam sejarah adalah konsep yang membahas mengenai masa lampau atau masa lalu

Jadi, jawaban yang tepat adalah A

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

52

Agnia Bilqis

Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Masyarakat Hindu melihat waktu sebagai....

3

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia