Roboguru

Virus memiliki bentuk morfologi yang bervariasi, misalnya bentuk batang, segiempat, seperti huruf T, bulat seperti bola, dan lain-lain. Morfologi virus yang menyerang Escherichia coli berbentuk....

Pertanyaan

Virus memiliki bentuk morfologi yang bervariasi, misalnya bentuk batang, segiempat, seperti huruf T, bulat seperti bola, dan lain-lain. Morfologi virus yang menyerang Escherichia coli berbentuk....space 

Pembahasan Soal:

Virus adalah parasit mikroskopis yang menginfeksi sel-sel organisme biologis. Contoh dari virus adalah bakteriofage. Bakteriofage merupakan virus yang menyerang bakteri. Bentuk dari virus bakteriofage seperti huruf T, dimana virus ini memiliki kapsid yang berisi DNA, selubung ekor, ekor dan serat ekor.

Jadi, morfologi virus yang menyerang Escherichia coli berbentuk seperti huruf T.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagian yang berfungsi untuk mengendalikan aktivitas replikasi virus pada gambar di samping ditunjukkan oleh angka . . . .

Pembahasan Soal:

Pada gambar bagian nomor 1 menunjukkan materi genetik, pada nomor 2 menunjukkan kapsid, nomor 3 menunjukkan selubung ekor, nomor 4 menunjukkan serabut ekor dan nomor 5 papan dasar. Bagian yang berfungsi untuk mengendalikan aktivitas replikasi virus adalah pada bagian materi genetik (asam nukleat pada bakteriofag berupa DNA). 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A. undefined 

0

Roboguru

Jelaskan perbedaan antara virus invluenza dan virus bakteriofag!

Pembahasan Soal:

Perhatikan gambar bentuk virus berikut ini!

Berdasarkan gambar di atas, diketahui bahwa terdapat perbedaan antara bentuk virus invluenza dan virus bakteriofag. Virus invluenza memiliki bentuk bola, sedangkan virus bakteriofag berbentuk T. Selain bentuknya, terdapat perbedaan lain dari kedua virus tersebut, diantaranya adalah:

  • Virus influenza termasuk ke dalam kelompok virus berbahan genetik RNA, sedangkan virus bakteriofag termasuk ke dalam kelompok virus berbahan genetik DNA.
  • Virus influenza merupakan anggota dari famili Orthomyxoviridae, sedangkan virus bakteriofag termasuk ke dalam anggota famili Myoviridae.
  • Virus influenza menyebabkan penyakit influenza, sedangkan bakteriofag atau dikenal sebagai fag T4 merupakan virus yang menyerang bakteri misalnya Escherichia coli.
  • Virus influenza membutuhkan manusia sebagai inang, sedangkan virus bakteriofag membutuhkan inang berupa bakteri. 

0

Roboguru

Bagian bakteriofage yang masuk ke dalam inangnyaadalah ....

Pembahasan Soal:

Bagian bakteriofage yang masuk ke dalam inangnya adalah DNA.  Bakteriofage merupakan virus yang menyerang bakteri. Virus ini akan menempelkan ujung ekornya pada dinding sel bakteri. Ujung ekornya tersebut akan mengeluarkan lisozim, yang menyebabkan rusaknya dinding sel bakteri. Kulit ujung ekor virus dan dinding sel bakteri yang telah menyatu larut hingga membentuk saluran dari tubuh virus ke sitoplasma sel bakteri. Melalui saluran ini, virus memasukkan asam nukleatnya (DNA atau RNA) ke dalam sitoplasma bakteri.space space 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Bakteriofage yang hidup di dalam sel bakteri Escherichia coli memiliki bentuk...

Pembahasan Soal:

Bakteriofage yang hidup di dalam sel bakteri Escherichia coli memiliki bentuk huruf T. Berikut struktur virus bakteriofage terdiri dari kepala yang berisi AND/ARN dengan bagian  luar diselubungi kapsid, serta ekor sebagai alat menempelkan diri ke sel hospes (inangnya).

1

Roboguru

Fungsi kaki serabut pada bakteriofage yang merupakan perpanjangan ekor yaitu untuk . . . .

Pembahasan Soal:

Bakteriofage adalah virus yang menyerang bakteri.  Bakteriofage memiliki bentuk seperti huruf T. Stuktur bakteriofage terdiri dari kepala, leher, dan ekor.

  • Kepala, tersusun atas asam nukleat (DNA atau RNA) yang diselubungi oleh kapsid. Kapsid adalah selubung protein yang tersusun atas kapsomer. Kapsid berfungsi untuk melindungi asam nukleat dan memberi bentuk tubuh virus.
  • Leher, berfungsi untuk menghubungkan bagian kepala dengan ekor.
  • Ekor, berfungsi untuk melekatkan diri serta untuk memasukkan materi genetik ke dalam sel inang. Ekor tersusun atas selubung ekor, serabut ekor/kaki serabut, lempeng dasar, dan jarum penusuk. Selubung ekor berfungsi untuk menginjeksi materi genetik ke dalam sel inang. Lempeng dasar berfungsi sebagai tempat melekatnya serabut ekor dan jarum penusuk. Serabut ekor berfungsi sebagai penerima rangsangan (reseptor) dan untuk menempel pada sel inang. Jarum penusuk berfungsi untuk melubangi sel inang agar materi genetik dapat masuk ke sel inang.

Dengan demikian, fungsi serabut ekor/kaki serabut pada bakteriofage adalah sebagai penerima rangsangan (reseptor) dan untuk menempel pada sel inang.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved