Roboguru

Virus H5N1 dapat menyebabkan penyakit pada manusia.    SEBAB  Virus ini ditularkan melalui penggunaan jarum suntik bersamaan.

Pertanyaan

Virus H5N1 dapat menyebabkan penyakit pada manusia. 
 

SEBAB 

Virus ini ditularkan melalui penggunaan jarum suntik bersamaan. space 

 

  1. Jika pertanyaan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.space 

  2. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.space 

  3. Jika pernyataan benar dan alasan salahspace 

  4. Jika pernyataan salah dan alasan benarspace 

  5. Jika pernyataan dan alasan keduanya salah.space 

Pembahasan Soal:

Virus H5N1 merupakan strain virus influenza yang terutama menginfeksi burung, tetapi juga dapat menginfeksi manusia. Jenis flu ini menular melalui kontak dengan unggas yang sakit. Flu juga dapat menular antarmanusia. Manusia yang menderita flu burung menunjukkan hgejala pernapadan seperti sesak napas, batuk, dan pneumonia.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat yaitu C.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Carilah referensi dari beberapa sumber mengenai penyakit flu burung, influenza, dan AIDS!

Pembahasan Soal:

Flu burung atau H5N1 adalah jenis virus yang menyerang unggas dan dapat pula menginfeksi manusia. Virus berjenis influenza tipe A ini menyebabkan gangguan pada pernafasan manusia. Infeksi pada manusia dapat disebabkan karena menyentuh tubuh unggas mati yang terinfeksi, menyentuh kotoran unggas terinfeksi, menghirup droplet yang mengandung virus, dan memakan daging unggas terinfeksi. Influenza adalah virus yang menyerang pernafasan. Infeksi virus influenza akan menyebabkan demam, batuk, dan pilek. HIV (human immunodeficiency virus) adalah virus yang menyebabkan AIDS. Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga penderitanya mudah terjangkit penyakit. Penularan HIV dapat disebabkan oleh kontak langsung dengan darah dan cairan tubuh yang terinfeksi.space 

0

Roboguru

Apa saja macam-macam penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus, lengkap dengan nama virus yang menyebabkannya? Tuliskan dalam bentuk tabel!

Pembahasan Soal:

Kata virus berasal dari bahasa latin yaitu virion yang berarti racun. Virus memiliki ciri-ciri seperti benda mati dan juga seperti benda hidup (makhluk hidup). Ciri virus seperti benda hidup yaitu bisa bereproduksi jika berada di dalam sel hidup. Ciri-ciri virus seperti benda mati antara lain tidak melakukan metabolisme, tidak bernapas, tidak bergerak, dan berbentuk kristal jika berada di luar sel hidup. Virus seringkali menyebabkan penyakit baik pada hewan, manusia, maupun tumbuhan. Penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus antara lain sebagai berikut.

 

0

Roboguru

Apa gejala orang-orang yang terserang penyakit flu burung?

Pembahasan Soal:

Virus flu burung ditularkan melalui air liur unggas dan kotoran unggas terinfeksi yang kontak langsung manusia, melalui kendaraan yang mengangkut unggas terinfeksi, kandang, alat-alat peternakan, pakan ternak, pakaian dan lain-lain. Gejala-gejala yang tampak pada manusia yang tertular flu burung pada dasarnya sama dengan gejala-gejaala flu, namun kondisi penderita dapat memburuk dengan lebih cepat.

Gejala-gejalanya antara lain berupa demam, batuk, sakit kepala, saklt tenggorokan dan nyeri sendi hingga infeksi selaput mata. Apabila keadaan semakin memburuk maka dapat terjadi sesak napas hebat, rendahnya kadar oksigen darah serta meningkatnya kadar karbon dioksida (CO2 ).

0

Roboguru

Disebabkan oleh infeksi virus apakah penyakit flu burung?

Pembahasan Soal:

Flu burung atau avian influenza adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang biasanya menjangkiti unggas dan mamalia. Sebagian besar virus flu burung tidak menginfeksi manusia, tetapi virus subtipe H5N1 dan H7N9 dapat menyebabkan infeksi parah pada manusia.space 

0

Roboguru

Flu burung pada awalnya adalah penyakit yang diderita oleh hewan, yaitu kelompok unggas. Namun, sekarang ini, flu burung juga menyebabkan penyakit pada manusia. Jelaskan mengapa virus flu burung juga ...

Pembahasan Soal:

Flu burung adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus influenza tipe A yang ditularkan oleh unggas ke manusia. Ada banyak jenis virus flu burung, tetapi hanya beberapa yang dapat menyebabkan infeksi pada manusia yaitu disebabkan virus H5N1. Virus H5N1 menciptakan mutasi baru yang dapat menyerang manusia. Mutasi virus ini dapat menginfeksi manusia yang berkontak langsung dengan  unggas yang terinfeksi. Virus flu burung dapat menginfeksi manusia jika terjadi kontak langsung dengan unggas yang terinfeksi virus ini. Beberapa kondisi yang dapat meningkatkan risiko terinfeksi virus flu burung adalah:space space 

  • Menyentuh unggas yang terinfeksi, baik yang masih hidup atau sudah mati
  • Menyentuh kotoran, air liur, dan lendir, dari unggas yang terinfeksi
  • Menghirup percikan cairan saluran pernapasan (droplet) yang mengandung virus
  • Mengonsumsi daging atau telur unggas terinfeksi yang mentah dan tidak matangspace space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved