Pertanyaan

Virus Covid 19 apakah juga dipelajari dalam ilmu biologi? Jelaskan alasannya jika kalian menjawab “ya” ataupun "tidak"!

Virus Covid 19 apakah juga dipelajari dalam ilmu biologi? Jelaskan alasannya jika kalian menjawab “ya” ataupunspace space"tidak"!space space  

R. Yumna

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

sudah pasti virus Covid-19 dipelajari dalam ilmu biologi karena virus merupakan salah satu objek kajian biologi dan banyak sekali cabang ilmu biologi yang berkaitan dengan virus Covid-19.

sudah pasti virus Covid-19 dipelajari dalam ilmu biologi karena virus merupakan salah satu objek kajian biologi dan banyak sekali cabang ilmu biologi yang berkaitan dengan virus Covid-19.

Pembahasan

Biologi merupakan suatu cabang ilmu yang memiliki cakupan sangat luas. Banyak sekali cabang dari biologi yang saling berterkaitan dan memengaruhi sendi kehidupan manusia, misalnya saja dalam permasalahan pandemi Covid-19 saat ini. Terdapat beberapa cabang biologi yang terlibat, diantaranya adalah virologi (cabang biologi yang mempelajari virus), organologi (cabang biologi tentang organ), dan imunologi (cabang biologi yang mempelajari sistem kekebalan tubuh). Selain itu dalam ilmu biologi sendiri, penerapan protokol kesehatan merupakan hasil studi mendalam dalam bidang epidemiologi . Ilmu ini adalah salah satu cabang dari Biologi yang mempelajari pola penyebaran penyakit atau kejadian yang berhubungan dengan kesehatan. Tidak kalah pentingnya juga adalah peran bioteknologi melawan pandemi Covid-19 ini. Melalui bioteknologi, mampu menganalisa atau mendeteksi spesimen dari seseorang yang diduga terpapar Covid-19 melalui PCR ( Polymerase Chain Reaction ) yaitu metode yang digunakan dalam Swab Test untuk mendiagnosa apakah seseorang terpapar virus corona atau tidak. Lebih jauh lagi, selain mampu mendeteksi apakah suatu spesimen terpapar Covid-19 atau tidak, bioteknologi juga dapat digunakan untuk menemukan obat atau vaksin yang cocok untuk mencegah penularan Covid-19. Dengan demikian, sudah pasti virus Covid-19 dipelajari dalam ilmu biologi karena virus merupakan salah satu objek kajian biologi dan banyak sekali cabang ilmu biologi yang berkaitan dengan virus Covid-19.

Biologi merupakan suatu cabang ilmu yang memiliki cakupan sangat luas. Banyak sekali cabang dari biologi yang saling berterkaitan dan memengaruhi sendi kehidupan manusia, misalnya saja dalam permasalahan pandemi Covid-19 saat ini. Terdapat beberapa cabang biologi yang terlibat, diantaranya adalah virologi (cabang biologi yang mempelajari virus), organologi (cabang biologi tentang organ), dan imunologi (cabang biologi yang mempelajari sistem kekebalan tubuh). Selain itu dalam ilmu biologi sendiri, penerapan protokol kesehatan merupakan hasil studi mendalam dalam bidang epidemiologi. Ilmu ini adalah salah satu cabang dari Biologi yang mempelajari pola penyebaran penyakit atau kejadian yang berhubungan dengan kesehatan. Tidak kalah pentingnya juga adalah peran bioteknologi melawan pandemi Covid-19 ini. Melalui bioteknologi, mampu menganalisa atau mendeteksi spesimen dari seseorang yang diduga terpapar Covid-19 melalui PCR (Polymerase Chain Reaction) yaitu metode yang digunakan dalam Swab Test untuk mendiagnosa apakah seseorang terpapar virus corona atau tidak. Lebih jauh lagi, selain mampu mendeteksi apakah suatu spesimen terpapar Covid-19 atau tidak, bioteknologi juga dapat digunakan untuk menemukan obat atau vaksin yang cocok untuk mencegah penularan Covid-19.space space 

Dengan demikian, sudah pasti virus Covid-19 dipelajari dalam ilmu biologi karena virus merupakan salah satu objek kajian biologi dan banyak sekali cabang ilmu biologi yang berkaitan dengan virus Covid-19.

70

5.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Cabang ilmu biologi apa sajakah yang diperlukan untuk mempelajari tentang penyakit yang disebabkan oleh virus corona?

677

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia