Iklan

Iklan

Pertanyaan

Usaha untuk menyelesaikan konflik dengan cara masing-masing pihak mengurangi tuntutan agar terjadi kesesuaian antara kedua belah pihak yang bertikai, merupakan bentuk akomodasi ....

Usaha untuk menyelesaikan konflik dengan cara masing-masing pihak mengurangi tuntutan agar terjadi kesesuaian antara kedua belah pihak yang bertikai, merupakan bentuk akomodasi ....

  1. koersi

  2. arbitasi

  3. kompromi

  4. konsultasi

  5. edukasi

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Kompromi merupakan salah satu bentuk akomodasi yaitu usaha untuk menyelesaikan konflik atau masalah dengan cara masing-masing pihak saling mengurangi tuntutan agar terjadi kesesuaian antara kedua belah pihak yang bertikai. Contoh dari kompromi adalah terjadi kecelakaan sepede motor antara dua pemuda, pemuda yang ditabrak menuntut untuk menyelesaikan masalah ke jalur polisi, namun pemuda satunya tidak bersedia, akhirnya kedua belah pihak saling mengurangi tuntutan dengan hasil yang bersalah mengganti rugi biaya perawatan motor. Adapun Penjelasan dari pilihan jawaban lain yaitu: Koersi yaitu bentuk akomodasi yang prosesnya melalui paksaan secara fisik atau psikologis. Arbritasi merupakan proses penyelesaian konflik dengan cara melibatkan pihak ketiga dan keputusannya mengikat harus diikuti atau dijalankan oleh pihak yang berkonflik.

Kompromi merupakan salah satu bentuk akomodasi yaitu usaha untuk menyelesaikan konflik atau masalah dengan cara masing-masing pihak saling mengurangi tuntutan agar terjadi kesesuaian antara kedua belah pihak yang bertikai. Contoh dari kompromi adalah terjadi kecelakaan sepede motor antara dua pemuda, pemuda yang ditabrak menuntut untuk menyelesaikan masalah ke jalur polisi, namun pemuda satunya tidak bersedia, akhirnya kedua belah pihak saling mengurangi tuntutan dengan hasil yang bersalah mengganti rugi biaya perawatan motor.

Adapun Penjelasan dari pilihan jawaban lain yaitu:

  • Koersi yaitu bentuk akomodasi yang prosesnya melalui paksaan secara fisik atau psikologis.
  • Arbritasi merupakan proses penyelesaian konflik dengan cara melibatkan pihak ketiga dan keputusannya mengikat harus diikuti atau dijalankan oleh pihak yang berkonflik.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

10

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bentuk resolusi konflik yang diselesaikan secara kekeluargaan dan musyawarah adalah ....

23

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia