Roboguru

Urutan yang benar tentang jalannya rangsang pada gerak biasa meliputi….

Pertanyaan

Urutan yang benar tentang jalannya rangsang pada gerak biasa meliputi….space space

  1. Impuls > saraf sensori > konduktor > saraf motor > gerakspace space

  2. Impuls > saraf sensori > otak > saraf motor > gerakspace space

  3. Impuls > konduktor > saraf sensori > saraf motor > gerakspace space

  4. Impuls > saraf motor > otak > saraf sensori > gerakspace space

Pembahasan Soal:

Gerak dibedakan menjadi dua yaitu gerak secara sadar dan gerak refleks. Gerak refleks merupakan gerakan cepat yang tidak disadari oleh otak, tetapi melewati sumsum tulang belakang. Sedangkan gerak sadar atau gerak biasa dilakukan dengan kesadaran dan atas perintah otak sehingga untuk alur jalannya impuls sebagai berikut.
Impuls > saraf sensori > otak > saraf motor > gerak
Sehingga opsi jawaban yang tepat adalah B.space space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Dian

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Susunan saraf tepi terdiri atas ….

Pembahasan Soal:

Susunan saraf tepi terdiri atas Saraf dari kranial dan spinalis. Susunan saraf tepi terdiri atas saraf somatic dan saraf otonom. Saraf somatic tersusun atas 12 pasang saraf dari otak/ cranial dan 31 pasang saraf dari sum-sum tulang belakang/ spinalis. Sedangkan saraf otonom terdiri atas saraf simpatik dan saraf parasimpatik.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.space space 

0

Roboguru

Berikut ini jenis saraf spinal: 1) saraf serviks 2) saraf toraks 3) saraf lumbar 4) saraf sakral 5) saraf koksigeal Saraf yang menghasilkan neurotransmitter noradrenalin dan bekerja secara fight...

Pembahasan Soal:

Saraf simpatik merupakan saraf yang bekerja menggunakan neurotransmitter noradrenalin dan bekerja secara ​fight-or-flight. Saraf simpatik dijulurkan dari saraf toraks (dada) dan lumbar (pinggang). Sedangkan saraf parasimpatik bekerja menggunakan neurotransmitter asetilkolin atau disebut juga norepinefrin dan bekerja secara ​rest-and-digest. ​Saraf parasimpatik dijulurkan dari saraf serviks, saraf sakral, dan saraf koksigeal. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Saraf spinal yang berfungsi menerima dan memberikan respon pada organ-organ yang berada di dada dan perut adalah ….

Pembahasan Soal:

Saraf spinal yang berfungsi menerima dan memberikan respon pada organ-organ yang berada di dada dan perut adalah saraf torakal. Pada umumnya juluran saraf bekerja pada organ yang berada di sekitar juluran saraf tersebut. Sebagai contoh, saraf serviks (leher) akan menjulur dan bekerja pada organ-organ seperti leher, bahu, dan lengan, serta saraf ini juga mengontrol otot diafragma. Saraf toraks (dada) akan menjulur dan bekerja pada organ-organ yang berada di dada dan perut seperti otot antar tulang rusuk, otot perut, dan kontrol laktasi, selain itu saraf ini juga menjalar hingga leher dan kepala. Saraf lumbar (pinggang) akan menjulur dan bekerja pada organ-organ seperti pinggang, selangkangan, paha hingga kaki. Saraf sacral (merujuk pada ​sacrum​ yang ada di bagian panggul) menjulur dan bekerja pada organ tubuh bagian bawah, meliputi panggul, bagian belakang paha dan pantat, Contohnya saraf sakral terhubung dengan beberapa organ seperti otot sfingter pada pembukaan rektum (anus), kandung kemih, dan alat kelamin. Terakhir saraf koksigeal, terletak pada bagian ujung tulang ekor dan bekerja sebagai sensorik dari kulit di sekitar tulang ekor ke sistem saraf pusat. Walaupun bekerja pada banyak organ, namun beberapa organ disekitar letak saraf tersebut merupakan organ target. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Jelaskan apa yang disebut dengan saraf spinal!

Pembahasan Soal:

Sistem saraf somatik bekerja secara sadar berfungsi membawa pesan dari organ reseptor tubuh menuju saraf pusat. Salah satu penyusun saraf somatik adalah saraf spinal. Saraf spinal merupakan gabungan saraf sensorik dan motorik yang terletak di sumsum tulang belakang. Saraf spinal dibangun oleh 31 pasang saraf yang keluar dari sumsum tulang belakang.undefined 

Jadi, saraf spinal terletak di sumsum tulang belakang yang berfungsi membawa pesan dari organ reseptor tubuh menuju saraf pusat.undefined 

0

Roboguru

Sebutkan dan jelaskan 5 macam saraf kranial beserta jenis neuron dan fungsinya!

Pembahasan Soal:

Kelompok saraf yang bersumber dari kepala, disebut sebagai saraf kranial. Ada 12 saraf kranial di kepala dan masing-masingnya memiliki tugas spesifik yang berbeda yaitu:undefined 

  1. Saraf kranial I: Olfaktori
    Saraf olfaktori berperan dalam penciuman dan berperan dalam sensori. Saraf tersebut mengirim informasi dari hidung ke otak terkait bau yang ada di sekitar kita.
  2. Saraf kranial II: Optik
    Saraf optik masuk ke dalam saraf kranial yang berperan dalam sensori. Saraf ini berperan dalam penglihatan kita. Saat kita menerima cahaya dari luar, bersama dengan bagian-bagian mata lainnya, saraf ini akan membantu menyampaikan informasi ke otak untuk diolah sehingga kita bisa mengenali objek yang dilihat.
  3. Saraf kranial III: Okulomotor
    Saraf okulomotor memiliki dua fungsi motorik, yaitu mengontrol fungsi otot serta respon pupil di mata. Saraf inilah yang mengatur empat dari total enam otot yang ada di sekitar mata. Otot-otot tersebut akan membantu mata bergerak dan fokus terhadap objek tertentu. Saraf okulomotor juga membatu mengontrol ukuran pupil, sebagai respons terhadap cahaya yang diterima mata.
  4. Saraf kranial IV: Troklear
    Saraf troklear memiliki jenis tipe motorik yang mengontrol otot oblik superior yang berperan untuk menggerakkan bola mata ke bawah atau saat melotot dan kembali seperti semula.
  5. Saraf kranial V: trigeminal
    Saraf trigeminal adalah saraf kranial terbesar dan memegang kedua fungsi, motorik maupun sensorik.

Jadi, saraf kranial merupakan kelompok saraf yang keluar dari otak seperti olfaktori, optik, okulomotor, troklear, dan trigeminal.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved