Iklan

Iklan

Pertanyaan

Urutankasta dalam masyarakat Hindu dimulai dari kasta terendah yang benar adalah....

Urutan kasta dalam masyarakat Hindu dimulai dari kasta terendah yang benar adalah....

undefined 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Istilah kasta adalah susunan kelas-kelas sosial yang berada pada sistem s tratifikasi sosial tertutup , yang bisa diartikan terjadi jika masyarakat tidak dapat beralih dari satu strata ke strata lain. Pada stratifikasi tersebuta biasanya terjadi dalam lingkungan masyarakat yang menetapkan sistem kasta maupun feodal. Dalam sistem ini masyarakat yang menduduki kasta-kasta tertentu tidak akan pernah bisa naik atau turun kekasta yang lain. Pada sistem kasta ini biasanya ada pada masyarakat yang beragama hindu, dan di Indonesia masyarakat yang menggunakan sistem ini adalah masyarakat yang ada di Bali. Mereka menerapkan sistem kasta. adapun susunan kasta dalam masyarakat yang diurutkan dari kasta terendah adalah sebagai berikut : Sudra .Kasta ini dimiliki oleh orang-orang dengan tingkatan sosial terendah dalam masyarakat hindu. Contoh profesinya antara lain petani, buruh dan rakyat biasa. Waisya .Kasta ini merupakan tingkatan sosial bagi mereka yang setiap harinya berprofesi sebagai pedagang. Ksatria .Kasta Ksatria merupakan orang-orang yang mengabdikan diri pada urusan pemerintahan misalnya mereka yang berprofesi sebagai tentara, pengawal kerajaan, dan bahkan para keturunan bangsawan dan prajurit kerajaan. Brahmana .Kasta Brahmana merupakan keturunan dari tingkatan strata sosial yang tertinggi dalam agama Hindu. Keturunan Brahmana adalah mereka yang mengabdikan diri pada agama adapun profesi mereka yakni sebagai pendeta, sulinggih, pandita, dan rohaniawan. Berdasarkan uraian diatas, maka jawaban yang tepat adalah Sudra, Waisya, Ksatria, Brahmana.

Istilah kasta adalah susunan kelas-kelas sosial yang berada pada sistem stratifikasi sosial tertutup, yang bisa diartikan terjadi jika masyarakat tidak dapat beralih dari satu strata ke strata lain. Pada stratifikasi tersebuta biasanya terjadi dalam lingkungan masyarakat yang menetapkan sistem kasta maupun feodal. Dalam sistem ini masyarakat yang menduduki kasta-kasta tertentu tidak akan pernah bisa naik atau turun kekasta yang lain. Pada sistem kasta ini biasanya ada pada masyarakat yang beragama hindu, dan di Indonesia masyarakat yang menggunakan sistem ini adalah masyarakat yang ada di Bali. Mereka menerapkan sistem kasta. adapun susunan kasta dalam masyarakat yang diurutkan dari kasta terendah adalah sebagai berikut : 

  1. Sudra. Kasta ini dimiliki oleh orang-orang dengan tingkatan sosial terendah dalam masyarakat hindu. Contoh profesinya antara lain petani, buruh dan rakyat biasa.
  2. Waisya. Kasta ini merupakan tingkatan sosial bagi mereka yang setiap harinya berprofesi sebagai pedagang.
  3. Ksatria. Kasta Ksatria merupakan orang-orang yang mengabdikan diri pada urusan pemerintahan misalnya mereka yang berprofesi sebagai tentara, pengawal kerajaan, dan bahkan para keturunan bangsawan dan prajurit kerajaan.
  4. Brahmana. Kasta Brahmana merupakan keturunan dari tingkatan strata sosial yang tertinggi dalam agama Hindu. Keturunan Brahmana adalah mereka yang mengabdikan diri pada agama adapun profesi mereka yakni sebagai pendeta, sulinggih, pandita, dan rohaniawan.

Berdasarkan uraian diatas, maka jawaban yang tepat adalah Sudra, Waisya, Ksatria, Brahmana.space space space space space

undefined 

Latihan Bab

Mengenal Stratifikasi Sosial

Stratifikasi Sosial dari Berbagai Pendekatan Sosiologi

Dasar Pembentukan Stratifikasi Sosial

Sifat Stratifikasi Sosial

10rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dasar pelapisan sosial pada masyarakat zaman kolonial/penjajahan adalah ....

214

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia