Roboguru

Urutan asam halida yang menunjukkan titik didih semakin rendah adalah …

Pertanyaan

Urutan asam halida yang menunjukkan titik didih semakin rendah adalah horizontal ellipsis

  1. HF– HCl – HBr – HIspace   

  2. HI– HBr – HCl – HFspace   

  3. HCl – HBr – HI – HFspace   

  4. HF – HI – HBr – HClspace   

  5. HI– HF –HCl - HBrspace   

Pembahasan Soal:

Titik didih suatu zat dapat dipengaruhi oleh berat molekul dan gaya antarmolekulnya:space 

  • Semakin besar berat molekul (Mr), semakin tinggi titik didihnya. Hal ini berkaitan dengan gaya gravitasi yang dialami molekul tersebut. Urutan berat molekul (Mr) asam halida dari yang terbesar adalah HI>HBr>HCl>HF.
  • Semakin kuat interaksi antarmolekul, semakin tinggi titik didihnya. Ikatan hidrogen yang terjadi antarmolekul HF menyebabkan titik didihnya lebih besar dibandingkan HCl. HCl, HBr dan HI hanya mengalami interaksi dipol-dipol. Kekuatan ikatan dipol dari yang terkuat adalah HCl>HBr>HI, disebabkan oleh elektronegativitas yang semakin kecil.   

Tanpa data, kita coba memprediksinya  meskipun HF memiliki berat yang paling ringan. Namun karena ikatan hidrogen titik didihnya menjadi paling besar. Dengan demikian, maka urutan yang tepat adalah HF>HI>HBr>HCl.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Lubis

Mahasiswa/Alumni Universitas Sumatera Utara

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berdasarkan sifat periodik unsur-unsur halogen, HF diharapkan memiliki titik didih paling rendah dibandingan dengan HCl, HBr, dan HI. Pada kenyataannya HF mempunyai titik didih yang paling tinggi kare...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan pada kenaikan massa molekul relatif, seharusnya urutan titik didih dari kecil ke besar adalah HF<HCl<HBr<HI.

Namun pada kenyataannya titik didih HF lebih besar dibandingkan 3 asam halida lainnya. Hal ini disebabkan karena HF mempunyai ikatan hidrogen antar molekulnya. Ikatan hidrogen memiliki kekuatan ikatan antar molekul yang cukup tinggi sehingga mampu memberikan titik didih yang tinggi. Ikatan hidrogen adalah ikatan antar-molekul pada atom H dengan atom yang memiliki keelektronegatifan tinggi (F, O, dan N).

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Berdasarkan sifat periodik unsur-unsur halogen, HF diharapkan memiliki titik didih paling rendah dibandingkan dengan HCl, HBr, dan HI. Pada kenyataannya, HF mempunyai titik didih paling tinggi, karena...

Pembahasan Soal:

Titik didih dipengaruhi oleh gaya tarik antar molekulnya jika gaya tarik antar molekulnya kuat maka titik didih juga akan tinggi, misalnya pada asam halida (HFHCl, HBr, dan HI). molekul HF memiliki titik didih tertinggi dibandingkan dengan  HCl, HBr, dan HI, hal ini disebabkan gaya tarik antar molekul HF lebih kuat karena adanya ikatan Hidrogen. Ikatan Hidrogen terjadi ketika atom H berikatan dengan atom-atom elektronegatif seperti atom O, N dan F, contohnya pada molekul HF.

Jadi, HF mempunyai titik didih paling tinggi, karena HF mempunyai ikatan Hidrogen antar molekulnya.

1

Roboguru

Terangkan perihal berikut! Titik didih halogen dari atas ke bawah makin tinggi.

Pembahasan Soal:

Unsur halogen dari atas ke bawah terdiri dari fluorin, klorin, bromin, iodin. Titik didih halogen dari atas ke bawah makin tinggi.

Hal ini disebabkan karena dari fluorin ke iodin ukuran molekulnya bertambah besar / jari-jari bertambah sehingga gaya van der Waals semakin besar. Akibatnya, energi (kalor) yang diperlukan untuk memperkecil gaya van der Waals semakin tinggi sehingga titik didihnya semakin tinggi.space 

0

Roboguru

Pasangan data warna dan wujud fluorin pada suhu kamar berikut yang tepat adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Masing-masing unsur halogen memiliki wujud dan warna yang berbeda dalam suhu kamar.

Pada suhu kamar, fluorin berwujud gas berwarna kuning muda, klorin berwujud gas berwarna hijau muda, bromin berwujud zat cair berwarna merah-coklat, dan iodin berwujud padatan hitam.

Dengan demikian, pasangan data warna dan wujud fluorin pada suhu kamar yang tepat adalah wujud gas dengan warna kuning muda.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.space 

0

Roboguru

Berikut ini beberapa sifat unsur: (1) larut dalam air dan membentuk larutan basa; (2) titik leleh tinggi; (3) membentuk molekul diatomik; dan (4) oksidator kuat. Sifat unsur halogen terdapat pada...

Pembahasan Soal:

Halogen merupakan unsur golongan VIIA, yang memiliki elekronegatifitas yang sangat tinggi dan pembentuk asam kuat. Di alam bebas, tidak ditemukan dalam keadaan bebas, karena sangat reaktif. Unsur murninya berbentuk diatomik, yang mudah sekali mengalami reduksi sehingga bersifat oksidator kuat.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved