Roboguru

Uraikanlah pengaruh yang ditimbulkan dari munculny...

Uraikanlah pengaruh yang ditimbulkan dari munculnya paham - paham besar di Eropa, baik pengaruh positif maupun pengaruh negatifnya !

Jawaban:

Pengaruh paham-paham besar Eropa menimbulkan berbagai pengaruh, baik positif maupun negatif. Paham liberalisme-kapitalisme dari segi politik, liberalisme memiliki konsep demokrasi, dimana  negara dalam menjalankan programnya harus berdasarkan kepentingan pemilik modal karena dengan menjembatani pemilik modal negara akan meraih keuntungan besar. Kemudian pemimpin harus dipilih secara langsung karena menggambarkan sebuah keinginan proses yang demokratis dan bebas, tapi memiliki batasan. Pada segi ekonomi kapitalisme, pemodal besar akan mendapatkan porsi yang besar untuk dilindungi. Hal ini karena kapitalisme menganggap investasi ekonomi akan memberikan dampak positif pada sebuah negara. Artinya negara cenderung diprivasitasi oleh pemodal besar, maka di sini imperialisme akan bekerja karena setiap pekerja harus mengabdi pada pemilik modal. Selanjutnya paham sosialisme-komunisme membentuk sebuah negara yang memiliki pandangan bahwa setiap rakyat yang dimilikinya adalah milik negara. Oleh karena itu rakyat tidak berhak atas kepemilikan. Semua milik negara, maka segala sesuatunya harus diatur negara. Paham ini merupakan kebalikan dari paham liberalisme. Sementara dalam segi pemerintahan cenderung diktator (sering disebut diktatoriat ploretar). Pada aspek ekonomi sosialisme, dimana pekerja merupakan lokomotif pembangunan sebuah negara. Ekonomi yang melindungi kaum proletar (pekerja) untuk memiliki penghidupan yang cukup. Dalam prinsip ekonomi ini tidak menghendaki adanya kepemilikan modal secara individu dan menolak persaingan. Maka asas sama rasa menjadi kuat dan ekonomi kolektivitas menjadi maju pada negara ini.

Dengan demikian pengaruh positif dari paham kapitalisme-liberalisme adalah memiliki kehidupan politik yang demokratis dan bebas dan banyaknya investasi yang menguntungkan bagi perekonomian negara serta dampak negatifnya adalah perekonomian dikuasai oleh pemilik modal. Dampak positif dari paham komunisme-sosialisme adalah kaum proletar (pekerja) memiliki penghidupan yang cukup sejahtera dan negara memiliki peranan penting dalam berbagai bidang kehidupan sedangkan dampak negatifnya adalah kurangnya investasi ekonomi dan pemimpin negara bersifat diktator.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved