Roboguru

Uraikan tiga dampak negatif dari adanya interaksi desa-kota!

Pertanyaan

Uraikan tiga dampak negatif dari adanya interaksi desa-kota! 

Pembahasan Soal:

Interaksi desa-kota merupakan hubungan antara desa dengan kota yang dapat menimbulkan suatu gejala baru. Gejala yang ditimbulkan tersebut dapat bersifat positif maupun negatif. Dampak negatif dari adanya interaksi desa-kota adalah sebagai berikut.

  1. Perkembangan kota yang diyakini oleh masyarakat desa menyediakan lapangan pekerjaan yang beragam dengan upah yang tinggi menjadi faktor penarik bagi masyarakat desa untuk melakukan urbanisasi. Apabila banyak masyarakat desa yang memilih untuk pindah ke kota, akan menyebabkan berkurangnya tenaga kerja produktif di desa.
  2. Banyaknya masyarakat desa yang pindah ke kota juga dapat menyebabkan masalah bagi kota. Masyarakat pelaku urbanisasi yang tidak memiliki keterampilan akan menyebabkan tingkat pengangguran dan kemiskinan penduduk kota menjadi semakin tinggi.
  3. Urbanisasi juga dapat mengakibatkan jumlah penduduk di kota semakin besar. Setiap manusia pada hakikatnya memerlukan tempat tinggal. Akan tetapi, harga lahan di perkotaan cenderung sangat mahal, sehingga pelaku urbanisasi dengan tingkat kesejahteraan rendah akan membangun permukiman di tempat yang tidak layak. Hal tersebut mengakibatkan munculnya banyak permukiman kumuh di kota.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa tiga dampak negatif dari adanya interaksi desa-kota adalah berkurangnya tenaga kerja produktif di desa, meningkatnya pengangguran dan kemiskinan di kota, serta munculnya permukiman kumuh di kota. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Bryando

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tingginya antusias masyarakat untuk bekerja di wilayah perkotaan dikarenakan lapangan pekejaan dan upah yang sangat menggiurkan, tetapi dibalik semua itu terdapat permasalahan yang akan dihadapi. Cont...

Pembahasan Soal:

Banyaknya penduduk yang mencari peruntungan di wilayah perkotaan menyebabkan menumpuknya tenaga kerja di perkotaan. Hal ini terjadi karena perusahaan tidak bisa menampung semua pekerja yang mencari pekerjaan di perkotaan.

Berdasarkan penjelasan diatas maka jawaban yang benar adalah C.space 

0

Roboguru

Perbedaan sumber daya alam menjadi salah satu faktor terjadinya interaksi antara desa dan kota. lnteraksi tersebut akan menimbulkan berbagai gejala dan fenomena, baik fisik, sosial, maupun ekonominya....

Pembahasan Soal:

Interaksi desa dan kota selalu meliatkan arus perpindahan sumber daya manusia dan sumber daya alam. Interaksi desa dan kota tentunya memberi dampak postif maupun negatif bagi desa maupun kota. Adapun dampak negatif dari interaksi desa dan kota adalah sebagai berikut.

  1. Berkurangnya tenaga produktif di desa karena urbanisasi.
  2. Terbukanya kemungkinan berkurangnya bahan pangan karena lahan pertanian banyak ditinggalkan.
  3. Meningkatnya angka kriminalitas di kota karena banyak pendatang yang tidak memiliki pekerjaan.
  4. Berkembangnya permukiman kumuh di kota.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.  

0

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERTANYAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.  Meluasnya wilayah terbangun di sekitar kota-kota besar di Indonesia merupakan dampak dari interaksi denga...

Pembahasan Soal:

Wilayah terbangun atau built up area merupakan daerah yang sudah mengalami proses pembangunan untuk dimanfaatkan dalam mendukung kegiatan masyarakat kota. Meluasnya wilayah terbangun di pinggiran kota-kota besar di Indonesia merupakan salah satu dampak dari interaksi kota dengan daerah di sekitarnya. Hal ini akan berpengaruh pada penjalaran kota, yang merupakan perambatan kenampakan fisik perkotaan ke arah luar (menuju pedesaan) yang selanjutnya akan mempengaruhi pembangunan di wilayah luar administrasi kota. Pembangunan ini biasanya terjadi apabila kota tersebut membutuhkan wilayah pendukung untuk kegiatan perekonomian di sekitarnya, misal dengan pembangunan wilayah industri di dekat kota besar.

Pernyataan benar, dan alasan benar, serta keduanya memiliki hubungan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Berikut yang bukan merupakan manfaat interaksi kota dengan desa adalah ....

Pembahasan Soal:

Interaksi desa dan kota diartikan sebagai hubungan timbal balik antara desa dan kota dimana di dalamnya terjadi hubungan saling mempengaruhi sehingga dapat menimbulkan kenampakkan dan permasalah baru, gejala-gejala sosial baik yang terjadi secara lansung maupun tidak langsung. Dampak dari interaksi desa kota diantaranya:

  • Bahan pangan kuota terpenuhi oleh pasokan dari desa
  • Tenaga kerja tercukupi dari penduduk desa
  • Produk dari kota dapat tersebar ke seluruh pelosok desa
  • Teknologi pertanian semakin meningkat
  • Pendidikan di desa semakin maju
  • Sarana dan prasarana transportasi meningkat
  • Produktivitas desa semakin meningkat
  • Hubungan sosial ekonomi desa kota semakin meningkat

Berdasarkan penjelasan di atas maka yang bukan dampak dari interaksi desa kota adalah menurunkan arus urbanisasi, karena semakin meningkat interaksi maka perpindahan penduduk juga akan semakin meningkat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Sebutkan dampak positif dan negatif urbanisasi bagi desa!

Pembahasan Soal:

Adanya interaksi desa-kota, memicu terjadinya urbanisasi. Urbanisasi merupakan perpindahan penduduk desa ke kota. Urbaninasi memiliki dampak negatif dan positif bagi desa. Dampak positifnya antara lain bagi desa yang padat penduduknya, urbanisasi dapat mengurangi jumlah penduduk sehingga kerusakan lingkungan dapat diminimalisir, mengurangi jumlah pengangguran di pedesaan, serta meningkatnya kesejahteraan penduduk desa melalui kiriman uang dan hasil pekerjaan dari keluarga yang bekerja secara layak di kota. Sedangkan dampak negatifnya antara lain desa banyak kehilangan tenaga kerja yang memiliki potensi dan berkualitas. dengan berkurangnya tenaga kerja untuk mengolah pertanian, berdampak pada berkurangnya produktivitas pertanian.space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved