Iklan

Iklan

Pertanyaan

Uraikan tahapan penyelesaian konflik melalui transformasi konflik!

Uraikan tahapan penyelesaian konflik melalui transformasi konflik!  

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Transformasi konflik (conflict transformation) adalah proses menanggulangi berbagai permasalahan, sumber-sumber, dan dampak negatif dari konflik. Tahapan penyelesaian konflik melalui transformasi konflik yaitu: 1. Transformasi personiel Transformasi personel merujuk pada upaya perubahan di tingkat individu. Perubahan ini berkaitan dengan beberapa aspek, seperti kognitif, emosi, persepsi, dan spiritual. 2.Transformasi relasional Transformasi relasional merujuk pada upaya perubahan pola komunikasi dan interaksi yang dipengaruhi oleh konflik. Termasuk juga upaya meminimalisasi komunikasi yang kurang bermanfaat dan memaksimalkan komunikasi yang mengarah pada saling pengertian. 3. Transformasi struktur ransformasi struktur merujuk pada upaya perubahan terhadap hubungan sosial, ekonomi, politik, dan hubungan institusi untuk memenuhi keperluan dasar masyarakat dan menyediakan akses kepada sumber daya. 4. Transformasi budaya Transformasi budaya merujuk pada upaya perubahan terhadap pola budaya yang memicu terjadinya konflik serta upaya pembangunan budaya yang konstruktif untuk pengendalian konflik.

Transformasi konflik (conflict transformation) adalah proses menanggulangi berbagai permasalahan, sumber-sumber, dan dampak negatif dari konflik. Tahapan penyelesaian konflik melalui transformasi konflik yaitu:

1. Transformasi personiel

Transformasi personel merujuk pada upaya perubahan di tingkat individu. Perubahan ini berkaitan dengan beberapa aspek, seperti kognitif, emosi, persepsi, dan spiritual.

2. Transformasi relasional Transformasi relasional merujuk pada upaya perubahan pola komunikasi dan interaksi yang dipengaruhi oleh konflik. Termasuk juga upaya meminimalisasi komunikasi yang kurang bermanfaat dan memaksimalkan komunikasi yang mengarah pada saling pengertian.

3. Transformasi struktur

ransformasi struktur merujuk pada upaya perubahan terhadap hubungan sosial, ekonomi, politik, dan hubungan institusi untuk memenuhi keperluan dasar masyarakat dan menyediakan akses kepada sumber daya.

4. Transformasi budaya Transformasi budaya merujuk pada upaya perubahan terhadap pola budaya yang memicu terjadinya konflik serta upaya pembangunan budaya yang konstruktif untuk pengendalian konflik.  
 

Latihan Bab

Mengenal Konflik Sosial dan Kekerasan

Sikap-Sikap Pemicu Konflik

Faktor Penyebab Konflik Sosial

Beberapa Tokoh Teori Konflik dan Pemikirannya

1rb+

Ibnu_ Ahmad_ Muhammad_Irfan

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan tahapan-tahapan yang dapat dilakukan individudan kelompok dalam menyelesaikan konflik melalui proses transformasiı konflik!

735

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia