Roboguru

Uraikan secara singkat tahapan berlangsungnya pencernaan.

Pertanyaan

Uraikan secara singkat tahapan berlangsungnya pencernaan.

Pembahasan Soal:

Pada proses pencernaan, makanan akan masuk melalui mulut. Di dalam mulut makanan akan dihancurkan secara mekanik oleh gigi dan lidah serta secara kimiawi oleh enzim amilase untuk merombak karbohidrat menjadi gula sederhana. Selanjutnya makanan akan didorong ke esofagus dan dihancurkan kembali secara mekanik melalui gerakan peristaltik yang terjadi pada dinding esofagus. Berikutnya, makanan akan masuk ke lambung dan dihancurkan secara mekanik oleh gerakan peristaltik lambung dan secara kimiawi oleh cairan asam lambung sehingga terbentuk kim. Selanjutnya kim yang telah berberbentuk sari makanan/nutrisi akan masuk ke dalam usus halus dan diserap oleh vili dan mikrovili untuk kemudian dialirkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh kapiler yang banyak terdapat di dalam vili dan mikrovili.

Bahan-bahan yang tidak diserap selanjutnya masuk ke usus besar untuk direabsorpsi mineral, air dan vitamin yang masih dibutuhkan tubuh. Produk akhir pada usus besar adalah feses yang akan disimpan sementara di dalam rektum sebelum dibuang keluar tubuh melalui anus. Selain organ-organ yang disebutkan di atas, terdapat organ asesoris tambahan lainnya dalam sistem pencernaan yaitu pankreas, hati dan kantong empedu yang membantu kelancaran proses perombakan makanan di dalam tubuh.

Dengan demikian alur perjalanan makanan di dalam sistem pencernaan adalah dimulai dari mulut, esofagus, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Sedangkan organ asesoris pencernaan lainnya adalah gigi, lidah, pankreas, hati, kantung empedu dan rektum.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 01 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved