Roboguru

Uraikan Jenis gangguan yang terdapat pada sistem ekskresi dan beri penjelasannya!

Pertanyaan

Uraikan Jenis gangguan yang terdapat pada sistem ekskresi dan beri penjelasannya!

Pembahasan Soal:

Kelainan yang dapat muncul pada sistem ekskresi di antaranya :

  • Anuria. Anuria adalah kegagalan ginjal untuk menghasilkan urine. Ini disebabkan oleh kurangnya tekanan untuk melakukan filtrasi sehingga plasma darah tidak dapat masuk ke dalam glomerulus.
  • Gagal ginjal. Gagal ginjal dihasilkan dari kondisi mengganggu fungsi ginjal, yaitu nefritis ginjal parah, trauma ginjal, atau tidak adanya jaringan ginjal karena tumor.
  • Jerawat. Jerawat adalah merupakan kondisi abnormal pada kulit yang diakibatkan dari produksi kelenjar minyak yang berlebihan. Berlebihannya produksi kelenjar minyak ini dapat mengakibatkan terjadinya penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Kondisi ini dapat mengakibatkan kulit menjadi meradang.
  • Diabetes insipidus. Diabetes jenis ini disebabkan oleh kurangnya hormon ADH sehingga ekskresi urin meningkat. 
  • Sirosis hati. Sirosis hati adalah kondisi berubahnya sel- sel hati menjadi jaringan ikat fibrosa, sehingga sel-sel hati itu kehilangan fungsinya. Sirosis dapat disebabkan oleh minuman keras. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Martha

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Manado

Terakhir diupdate 30 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan penyakit-penyakit pada sistem ekskresi yang kamu ketahui!

Pembahasan Soal:

Berikut beberapa penyakit pada sistem ekskresi:

  • Albuminuria, yaitu terdapat protein albumin di urin, yang disebabkan oleh terganggunya proses filtrasi.
  • Nefritis, yaitu peradangan nefron akibat infeksi bakteri atau virus.
  • Gagal ginjal, yaitu ketidakmampuan ginjal untuk membentuk urin.
  • Batu ginjal (nefrolitiasis), yaitu adanya pengendapan mineral yang membentuk kristal di dalam ginjal atau saluran kencing.
  • Diabetes insipidus, yaitu kondisi dimana produksi urin dalam jumlah yang banyak, karena kekurangan hormon antidiuretik (ADH). 
  • Hematuria, yaitu adanya sel-sel darah merah (eritrosit) di dalam urin.
  • Hepatitis, yaitu peradangan organ hati yang disebabkan oleh virus hepatitis.
  • Sirosis hati, yaitu kondisi rusaknya organ hati akibat terbentuknya jaringan parut.
  • Biang keringat (miliaria), yaitu tersumbatnya kelenjar keringat oleh sel-sel kulit mati yang tidak dapat terbuang secara sempurna.
  • Jerawat, yaitu terjadinya penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit karena produksi kelenjar minyak yang berlebihan.space

0

Roboguru

Seseorang pasien mengalami gangguan pada hatinya. Gejala yang dialami pasien tersebut diantaranya perut kembung, nyeri pada ulu hati, perut mengeras, dan disertai dengan demam. Pasien ini kemungkinan ...

Pembahasan Soal:

Sirosis hati adalah kondisi rusaknya organ hati akibat terbentuknya jaringan parut. Jaringan parut ini terbentuk akibat penyakit liver yang berkepanjangan, misalnya karena infeksi virus hepatitis atau kecanduan alkohol. Gejalanya antara lain perut yang membesar (kembung) dan mengeras serta ulu hati yang sakit/nyeri.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.space

0

Roboguru

Perhatikan tabel hasil pemeriksaan pasien berikut!  Jenis Pemeriksaan Hasil Pemeriksaan Satuan Nilai Rujukan Urea 18 mg/dL 7-20 Glukosa 125 mg/dL ...

Pembahasan Soal:

Jika kadar bilirubin tinggi dalam darah, maka tubuh akan mengalami penyakit kuning (jaundice). Penyakit kuning atau jaundice merupakan suatu kondisi medis ketika terjadinya perubahan warna menjadi kekuningan pada kulit, bagian putih dari mata, dan juga membran mukosa seseorang. Penyakit kuning sendiri terjadi karena kadar bilirubin dalam sirkulasi darah seseorang meningkat. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.  

0

Roboguru

Apa hubungan antara penyakit sirosis hati dan kebiasaan mengonsumsi alkohol?

Pembahasan Soal:

Hati merupakan organ dalam tubuh yang berperan penting dalam proses metabolisme. Hati dapat mengalami kerusakan karena berbagai hal. Sirosis hati adalah penyakit kerusakan organ hati akibat terbentuknya jaringan parut pada hati. Sirosis hati dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti riwayat penyakit hepatitis dan konsumsi alkohol. Konsumsi alkohol dalam jangka panjang dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada hati yang berujung pada sirosis hati. Awalnya, konsumsi alkohol dalam jangka waktu singkat akan menyebabkan peradangan pada hati maupun hepatitis alkoholik. Apabila konsumsi alkohol dilanjutkan selama bertahun-tahun, maka hepatitis alkoholik atau peradangan hati dapat berkembang menjadi sirosis. Kerusakan hati karena sirosis tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat kerusakan lebih lanjut dapat dicegah.undefined 

0

Roboguru

Sebutkan kelainan atau penyakit dan penyebabnya pada hati !

Pembahasan Soal:

  • Penyakit kuning
    Penyakit kuning disebabkan oleh tersumbatnya saluran empedu yang mengakibatkan cairan empedu tidak dapat dialirkan ke dalam usus dua belas jari, sehingga masuk ke dalam darah dan warna darah menjadi kuning. Kulit penderita tampak pucat kekuningan, bagian putih bola mata berwarna kekuningan, dan kuku jari berwarna kuning. Hal ini terjadi karena di seluruh tubuh terdapat pembuluh darah yang mengangkut darah berwarna kekuningan karena bercampur dengan cairan empedu.
  • Sirosis hati
    Ditandai dengan kerusakan pada sel hati yang disebabkan karena kebiasaan mengonsumsi obat-obatan atau minuman beralkohol.. Selain itu penyakit ini juga diakibatkan karena infeksi bakteri atau virus, adanya tumor atau kanker, dan adanya penumpukan racun dalam tubuh yang berlebihan.
  • Hepatitis
    Peradangan pada hati disebabkan oleh kebiasaan minum alkohol, dan menggunakan obat dengan dosis tinggi. Hepatitis juga disebabkan karena virus hepatitis.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved