Roboguru

Uraikan faktor-faktor yang memengaruhi jumlah uang yang beredar dalam masyarakat!

Pertanyaan

Uraikan faktor-faktor yang memengaruhi jumlah uang yang beredar dalam masyarakat! space 

Pembahasan Soal:

Faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah uang yang beredar dalam masyarakat adalah sebagai berikut.

  1. Pendapatan
    Semakin tinggi pendapatan masyarakat, semakin besar pula jumlah uang yang beredar dalam masyarakat, begitu pula sebaliknya.
  2. Tingkat suku bunga
    Bila tingkat suku bunga rendah, masyarakat enggan menyimpan uangnya di bank. Oleh karena itu, jumlah uang yang beredar akan meningkat, begitu pula sebaliknya.
  3. Selera masyarakat
    Selera masyarakat akan memengaruhi jumlah uang yang beredar.
  4. Harga barang 
  5. Fasilitas kredit
    Fasilitas kredit (cara pembayaran) dengan menggunakan kartu kredit atau cara angsuran akan memengaruhi jumlah uang yang beredar dalam masyarakat.
  6. Kekayaan yang dimiliki masyarakat
    Jumlah uang yang beredar dalam masyarakat semakin besar apabila ragam (variasi) bentuk kekayaan sedikit. Sebaliknya, bila ragam bentuk kekayaan semakin banyak atau luas (misalnya, tabungan, surat berharga, dan lain-lain), jumlah uang yang beredar dalam masyarakat akan menurun. space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Camelia

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini yang bukan merupakan faktor-faktor yang memengaruhi tingkat penawaran uang adalah ....

Pembahasan Soal:

Faktor-faktor yang memengaruhi tingkat penawaran uang diantaranya adalah :

  • Kebijakan Moneter Bank Sentral
  • Tingkat Pendapatan Masyarakat
  • Tingkat Harga
  • Gaya Hidup Masyarakat yang Berubah
  • Bertambahnya Jumlah Produksi Barang dan Jasa
  • Penerapan Kebijakan Anggaran

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang berikut ini.   Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran uang ditunjukkan nomor ….

Pembahasan Soal:

Faktor yang mempengaruhi penawaran uang antara lain sebagai berikut.

  • Tingkat pendapatan masyarakat (2).
  • Tingkat harga.
  • Gaya hidup masyarakat yang berubah (3).
  • Bertambahnya jumlah produksi barang dan jasa.
  • Penerapan kebijakan anggaran.
  • Tingkat bunga (1).
  • Tingkat inflasi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. space 

1

Roboguru

Perhatikan kurva hubungan dari tingkat bunga dengan jumlah uang beredar berikut. Pernyataan yang dapat ditarik dari keberadaan kurva tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Kurva diatas menunjukkan hubungan antara tingkat suku bunga dengan jumlah uang yang beredar dalam masyarakat (M1,M2, dan M3). Penetapan tingkat suku bunga akan memengaruhi jumlah pendapatan nasional yang akan diterima oleh negara. Semakin tinggi pendapatan nasional maka semakin banyak masyarakat yang menabung. Hal ini akan berdampak positif pada kemampuan suatu bank untuk memperoleh dana dari pihak ketiga yakni nasabah. Bila pendapatan nasional rendah akan berdampak pada tingkat tabungan masyarakat rendah. Dengan demikian bisa dikatakan ada korelasi yang positif antara tingkat suku bunga dan pendapatan nasional. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.  

0

Roboguru

Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang di masyarakat:    Kebutuhan untuk bertransaksi Tingkat inflasi Tingkat produksi dan pendapatan nasional Berjaga-j...

Pembahasan Soal:

Penawaran uang hanya dilakukan oleh bank sentral yaitu Bank Indonesia sebagai pemangku kebijakan moneter di Indonesia. Faktor yang mempengaruhi penawaran uang di masyarakat adalah sebagai berikut.undefined 

  • Tingkat inflasi atau tingkat harga, karena ketika terjadi inflasi harga-harga barang mengalami kenaikan yang disebabkan jumlah uang beredar di masyarakat terlalu banyak, maka Bank Indonesia akan mengurangi penawaran uang agar jumlah uang beredar tidak semakin bertambah.undefined 
  • Peningkatan produksi, adanya peningkatan jumlah produksi terhadap produk dalam negeri memberikan peningkatan bagi pendapatan nasional, hal tersebut harus diimbangi dengan penambahan jumlah uang beredar, karena jika tidak akan terjadi deflasi.  undefined 
  • Tingkat pendapatan, semakin besar pendapatan masyarakat maka jumlah uang beredar di masyarakat juga semakin banyak, begitupun sebaliknya.
  • Kesehatan dunia perbankan, karena Bank Indonesia memiliki tugas untuk mengelola krisis agar terhindar dari kegagalan sistem keuangan. Bank Indonesia juga memiliki kewajiban untuk membantu bank umum dalam meminjamkan dana ketika membutuhkan. Hal ini dilakukan dengan salah satu kebijakannya yaitu kebijakan tingkat diskonto. Semakin tinggi tingkat diskonto maka semakin sedikit dana yang dipinjam oleh bank umum.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. undefined 

0

Roboguru

Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang di masyarakat. Kebutuhan untuk bertransaksi Tingkat inflasi Tingkat produksi dan pendapatan nasional Berjaga-jaga Ke...

Pembahasan Soal:

Penawaran uang merupakan jumlah uang yang tersedia dalam suatu perekonomian. Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi keputusan Bank Indonesia pada saat melakukan tugasnya dalam mengatur penawaran uang, diantaranya:

  1. Tingkat inflasi, pada saat terjadinya inflasi jumlah uang yang beredar itu tinggi, nah biasanya untuk mengurangi jumlah uang yang beredar, bank indonesia mengatasinya melalui kebijakan moneter. Salah satu contoh kebijakan moneter yaitu kebijakan pasar terbuka.  Kebijakan pasar terbuka adalah kebijakan bank sentral dalam membeli atau menjual surat berharga milik pemerintah seperti obligasi negara, surat utang negara, dan sertifikat bank Indonesia. Jika bank sentral menjual surat berharga maka jumlah penawaran uang akan berkurang karena masyarakat dapat surat sedangkan bank sentral mendapatkan uang yang selama ini beredar. Kebalikannya jika bank sentral membeli surat berharga dari masyarakat maka jumlah penawaran uang akan semakin banyak karena masyarakat dapat uang sedangkan bank sentral dapat surat berharga.
  2. Tingkat produksi dan pendapatan nasional. Apabila peningkatan produksi barang dan jasa tidak diimbangi dengan penambahan jumlah uang yang beredar, maka akan menyebabkan deflasi. Agar deflasi tidak terjadi, maka pemerintah harus menambah jumlah uang yang beredar.
  3. Kondisi kesehatan dunia perbankan. Bank Indonesia yang bertugas sebagai Lender of the last resort  yaitu mengelola krisis guna menghindari terjadinya ketidakstabilan sistem keuangan. sebagai lender of the last resort BI berkewajiban membantu bank umum dalam hal pinjaman dana. Semakin tinggi tingkat diskonto maka semakin sedikit uang yang dapat dipinjam oleh bank umum sehingga penawaran uang berkurang, begitupun sebaliknya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah nomor 2, 3, dan 6space space space space

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved