Roboguru

Uraikan Biografi Supriyadi orang pertama yang di p...

Uraikan Biografi Supriyadi orang pertama yang di percaya sebagai Panglima TNI tapi tidak pernah menduduki jabatannya, dan akhirnya digantikan oleh Jenderal Sudirman...

Jawaban:

Supriyadi memiliki nama asli Priyambodo, beliau lahir pada 13 April 1923 di Trenggalek, Jawa Timur. Ayah beliau bernama Darmadi yang berprofesi sebagai Pamong Praja, serta ibu beliau bernama Rahayu. Supriyadi melalui masa pendidikan di ELS (Europeesche Lagere School) dan meneruskan pendidikan ke MULO (Meer Uitgebreid Lager Onderwijs). Supriyadi mengikuti latihan-latihan semi-militer kepemudaan (Seimendoyo) di Tanggerang, kemudian ia menjadi anggota Boei Gyugun Rensentai atau pasukan pembela tanah air, ia ditempatkan di Peleton I kompi III pasukan Peta di Blitar sebagai Komandan. Adapun beberapa peran Supriyadi di antaranya adalah.

  1. Keberanian para pemberontak PETA di Blitar yang di pimpin oleh Supriyadi, menginspirasi timbulnya berbagai perlawanan sejenis dari para tentara PETA di daerah lainnya
  2. Pemberontakan PETA tersebut merupakan kekuatan moral bagi para pemimpin bangsa untuk segera memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Keberanian dan perannnya dalam pemberontakan PETA di Blitar membuat ia diangkat menjadi Pemimpin Tertinggi TKR yang baru dibentuk pada 5 Oktober 1945. Namun Supriyadi tak pernah kelihatan bahkan dinyatakan hilang. Karena Supriyadi tak kunjung muncul, maka Jendral Sudirman yang saat itu menang pemilihan resmi menggantikan Supriyadi sebagai Pemimpin Tertinggi TKR. 
 

Berdasarkan penjelasan diatas maka kesimpulannya adalah, Supriyadi memiliki nama asli Priyambodo. Ia cukup aktif mengikuti latihan-latihan semi-militer kepemudaan, hingga ia memiliki peranan yang cukup penting dalam pemberontakan di Blitar. Keberaniannya membawa ia ditunjuk untuk menjadi Pemimpin Tertinggi TKR, sayang saat itu dia menghilang dan tak kunjung muncul.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved